Home

13 Misteri Tenggelamnya Titanic yang Mungkin Tak akan Pernah Bisa Dipecahkan, Salah Satunya soal Kapal Ketiga

Intisari-online | 2 months ago

Intisari-Online.com – Anda masih ingat kisah kapal Titanic? Kapal pesiar mewah yang diklaim ‘tidak dapat tenggelam’ ini, ternyata tenggelam ke dasar Atlantik hanya dalam waktu empat hari saat pelayaran perdananya.

Bagaimana mungkin itu terjadi pada Titanic?

Kapal mewah yang berlayar pada 10 April 1912 ini tenggelam lima hari kemudian, merenggut nyawa sekitar 1.500 dari 2.223 penumpang.

Beberapa bersikeras bahwa kapal yang tenggelam bukanlah Titanic, melainkan R.M.S. Olympic yang hampir mirip.

Seperti ceritanya, kapal Olympic telah rusak dalam kecelakaan tahun sebelumnya, tetapi untuk mendapatkan asuransi yang lebih besar, pemilik kapal Olympic mengklaim itu sebagai Titanic dan sengaja menenggelamkannya.

Walaupun banyak teori dari peristiwa Titanic ini, nomor seri yang ditemukan pada bagian-bagian kapal yang tidak tenggelam mendukungnya.

Apakah kebakaran benar-benar menentukan nasib kapal?

Sebuah film dokumenter baru-baru ini menawarkan bukti yang kredibel bahwa Titanic (sebut saja itu, demi argumen) rusak karena kebakaran batu bara, yang telah berkecamuk selama tiga minggu sebelum kapal bahkan berlayar.

Kerusakan akan melemahkan lambung kapal, sehingga mempercepat tenggelamnya kapal ketika bertabrakan dengan gunung es.

Mengapa kapten melaju kencang?

Selama beberapa dekade, orang-orang percaya bahwa Kapten Smith melaju kencang melewati perairan gunung es Atlantik yang deras karena dia ingin Titanic menyeberangi Atlantik lebih cepat daripada kapal saudaranya, Olympic.

Tetapi pada tahun 2004, Masyarakat Geologi Amerika menerbitkan sebuah makalah akademis oleh insinyur Robert H. Essenhigh dengan teori yang berbeda: Ia mengklaim alasan sebenarnya yang membuat kapten Titanic mempercepat adalah untuk membakar batu bara secepat mungkin untuk mengendalikan api batu bara tersebut.

Lalu, apakah bulan purnama ada hubungannya dengan kecelakaan Titanic?

Apa penyebab kapal pecah menjadi dua bagian?

Pada 1 September 1985, ahli kelautan Robert Ballard menemukan puing-puing 2,5 mil di bawah permukaan laut, bersama dengan berita mengejutkan bahwa kapal telah pecah menjadi dua sebelum tenggelam.

Sebelumnya, semua orang mengira kapal itu tenggelam utuh setelah bertabrakan dengan gunung es sambil melaju kencang melintasi perairan es dekat pantai Newfoundland.

Penemuan Ballard mengarah pada teori baru: bahwa kapal terbelah menjadi dua bagian, yang "mungkin merupakan perbedaan antara hidup dan mati," adalah hasil dari cacat desain dan skimping pada bahan berkualitas oleh pemilik dan/atau pembangun.

Apakah torpedo menenggelamkan Titanic?

Sebagian besar percaya bahwa Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es pada 14 April (terlepas dari faktor penyebab lainnya).

Tapi tidak semua orang. Beberapa orang berpikir bahwa Titanic ditorpedo oleh U-boat Jerman.

Teori ini tampaknya tidak masuk akal mengingat bahwa tiga tahun kemudian pada tahun 1915, sebuah U-boat Jerman menenggelamkan kapal penumpang, Lusitania.

Namun, ada kemungkinan bahwa teori torpedo membingungkan Titanic dengan Lusitania.

Mungkin juga mereka membingungkan Titanic dengan Olympic, yang mengalami kerusakan setelah bertabrakan dengan kapal militer pada tahun 1911.

Namun, kehadiran beberapa kapal lain di sekitar tenggelamnya Titanic membuat pertanyaan tetap terbuka.

Apakah ada gunung es?

Dengan asumsi Titanic tidak bertabrakan, dan tidak ditabrak oleh, kapal lain, aman untuk percaya bahwa itu menabrak gunung es, bukan? Belum tentu.

Kapten pelaut profesional L.M. Collins menyatakan bahwa jika Titanic menabrak gunung es, itu akan turun hanya dalam beberapa menit.

Sebaliknya, Collins dan para pengikutnya percaya bahwa Titanic pasti telah menabrak gumpalan tersembunyi dari "paket es" (lapisan es multi-tahun yang mengambang di dekat permukaan laut) yang telah membuat jalan ke Atlantik dari Samudra Arktik.

Collins menunjukkan perbedaan dalam catatan saksi mata, yang mungkin sebenarnya disebabkan oleh berbagai ilusi optik alami.

Lalu, mengapa kru kapal tidak memiliki teropong?

Tentunya, jika kru memiliki teropong, mereka akan melihat bahaya pada waktunya untuk mengubah arah.

Tetapi seluruh simpanan teropong Titanic dikunci dalam kompartemen penyimpanan. Dan seorang anggota kru yang telah dipindahkan dari kapal sesaat sebelum berlayar memiliki kuncinya.

Anggota kru kemudian mengklaim dia "lupa" untuk menyerahkan kunci. Tapi apakah dia lupa? Atau apakah dia sengaja memegangnya?

Dan jika demikian, apakah ini untuk meningkatkan penipuan asuransi yang disebutkan di atas? Atau apakah itu sesuatu yang lain sama sekali?

twitter

Salah satu ruangan kelas 1 di kapal Titanic.

Jika ada peringatan, mengapa tidak ada yang menganggapnya serius?

Bahkan tanpa teropong, Titanic mungkin punya waktu untuk mengubah arah sebelum tabrakannya jika seseorang telah memperingatkan kru.

Tapi ini masalahnya, seperti dilansir dari laman Reader;s Digest,: Seseorang memang memperingatkan kru.

Satu jam sebelum tabrakan, sebuah kapal di dekatnya, S.S California, telah menelepon melalui radio untuk mengatakan ada ‘lapangan es yang tebal’.

Namun, operator radio Titanic, Jack Phillips, tidak pernah menyampaikan peringatan itu kepada Kapten Smith.

Beberapa mengatakan pesan itu sengaja disampaikan sebagai "tidak mendesak," tetapi kita tidak akan pernah tahu pasti karena Phillips turun bersama kapal.

Apakah kapal California itu ada hubungannya dengan itu?

Kapal pesiar ini berjarak kurang dari 20 kilometer dari tempat Titanic tenggelam. Ini mengirimkan peringatan kepada Titanic tentang kondisi es yang berbahaya, yang mungkin disampaikan sebagai masalah yang tidak mendesak.

Kemudian, kru California dilaporkan mengabaikan sinyal marabahaya Titanic, meskipun mereka mengklaim mereka tidak mengetahui sinyal-sinyal itu karena operator radio mereka tidak bertugas.

Kapal "ketiga"

Kapal California mungkin bukan satu-satunya kapal yang mengabaikan sinyal bahaya Titanic.

Kapal Norwegia, Samson, mungkin juga ada di dekatnya. Bahkan, beberapa percaya bahwa Samson lebih dekat ke Titanic daripada California tetapi mengabaikan sinyal kesusahannya untuk menghindari penuntutan atas perburuan anjing laut secara ilegal.

Ini adalah teori yang populer di kalangan pembela kapten California, tetapi apakah itu benar tetap menjadi misteri.

Apakah J.P. Morgan merencanakan semuanya?

Beberapa yang percaya bahwa Titanic menggantikan keuangan menyalahkan Olympic, J.P. Morgan, yang merupakan salah satu pemilik perusahaan yang memiliki kedua kapal.

Morgan adalah salah satu orang terkaya di planet ini pada saat itu, dan dia memiliki kekuatan yang besar.

Selain itu, ia adalah pertunjukan terakhir di pelayaran tunggal Titanic. Mengapa Morgan, dan seluruh keluarganya, tidak berakhir di kapal?

Apakah dia tahu apa yang akan terjadi? Apakah dia merencanakannya?

Apakah itu rencana pembunuhan?

Beberapa orang percaya bahwa tenggelamnya kapal Titanic tidak ada hubungannya dengan uang asuransi, tetapi bahwa J.P. Morgan merekayasa itu membunuh saingannya, Yakub Astor, Isidor Straus, dan Benjamin Guggenheim, yang semuanya tewas di atas kapal.

Tetapi bagaimana Morgan berencana melakukannya? Baik teori asuransi maupun teori pembunuhan tidak memperhitungkannya.

Apa lagi yang perlu dilakukan Morgan untuk memastikan keberhasilan rencananya? Ini teori lain ...

Mengapa tidak ada cukup sekoci?

"Tidak peduli apa yang menyebabkan Titanic tenggelam, kehilangan nyawa yang sangat besar mungkin bisa dihindari jika kapal telah membawa sekoci yang cukup untuk penumpang dan awaknya," catat History.com.

Jadi, mengapa kapal super mewah hanya memiliki 20 sekoci, jumlah minimum yang diwajibkan?

Mengapa pemilik kapal memutuskan untuk mengabaikan rekomendasi untuk membawa sekoci 50 persen lebih banyak?

Jika tenggelam itu "hanya" penipuan asuransi, bagaimana bisa kurangnya sekoci yang menghancurkan dijelaskan?

Ini tampaknya lebih cocok dengan rencana pembunuhan. Tapi itu juga bisa tidak lebih dari pemotongan biaya pada pihak pemilik kapal.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Viral Penampakan Bayi Setan Terekam Kamera, Awas Terbawa Mimpi!

Okezone

53

10 Berita Terpanas: Teror Bom Medan Sampai Isu Ahok Jadi Bos BUMN

30

Karena Pilu Wanita Jelek Julia Pastrana, Selama Hidup Dijadikan Mesin Uang, Saat Mati Mayatnya pun Dijadikan Pajangan oleh Suaminya

Intisari-online

1

Dari Chat WhatsApp, Terkuak Apa Penyebab Meninggalnya Cecep Reza, Aktor Bombom Sahabat Marshanda

Tribunnews

2

Ganas! Itunya ‘Disedot’ Bencong, Pria Ini Kejang-kejang dan Tewas

PojokSatu

2

Tulis komentar...