Home

Pertama Kali di India, Operasi Ginjal Terbesar dengan Berat Nyaris 8 Kg!

Suara | 2 weeks ago

Suara.com - Pertama kalinya, seorang dokter di India mengeluarkan ginjal seberat 7,49 kg yang setara dengan berat 2 bayi baru lahir dari seorang pasien.

Mereka meyakini ini termasuk ginjal terbesar di India yang normalnya hanya seberat 120-150 gram. Ternyata pasien yang memiliki ginjal seberat 2 bayi tersebut sedang menderita autosomal dominant polycystic kidney disease.

Penyakit autosomal dominant polycystic kidney disease tersebut menyebabkan kista tumbuh di seluruh organ tubuhnya.

Seorang dokter yang terlibat dalam operasi pun mengatakan pasien yang menderita penyakit tersebut sangat umum memiliki ginjal besar.

Namun dr. Sachin Kathuria dari Rumah Sakit Sir Ganga Ram di Delhi dilansir dari BBC, mengatakan umumnya dokter tidak akan mengeluarkan organ kecuali ada gejala infeksi dan pendarahan internal. Karena, ginjal memegang beberapa fungsi penyaringan dalam tubuh.

Ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia. [shutterstock]

"Pasien ini telah tertular infeksi buruk yang tidak menerima antibiotik dan ukuran ginjal yang besar menyebabkan pasien kesulitan bernapas. Jadi, kami tidak punya pilihan selain menghilangkannya," kata dr. Sachin Kathuria.

Kathuria menambahkan bahwa dokter sangat terkejut ketika ukuran ginjal pasiennya sangat besar dibandingkan yang lainnya.

Menurut World Records, ini termasuk ginjal yang paling berat. Tetapi, catatan lain dari AS juga pernah menemukan ginjal yang lebih berat lagi, yakni seukuran 9 kg.

Saat ini tim dokter belum memutuskan akan menyerahkan temuan ginjal terbesar itu ke Komisi Guinness Book World Records sebagai rekor dunia atau tidak.

Menurut NHS, penyakit ginjal polikistik adalah kondisi keturunan yang sangat umum. Penyakit ini menyebabkan masalah ketika pasien sudah berusia 30 hingga 60 tahun. Karena fungsi ginjal akan menurunkan dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Segera Sah Jadi Suami Cut tari, 5 Pesona Ganteng Richard Kevin!

Suara

Kelakuan Anang Hermansyah yang tak mau dicium oleh Ashanty ini malah menjadi bahasan hangat dalam media sosial. Bahkan ada juga netizen yang terbahak menyaksikan tingkah Anang berikut ini.

Wow Keren

3

Kecanduan Film Porno Jadi Alasan Pelajar di Solo ini Nekat Pamerkan Anunya di Tempat Umum

palingseru.com

5

Pramugari 2 Tahun Layani Hubungan Seks dengan Penumpang di Toilet Pesawat, Begini Nasibnya Sekarang

Tribunnews

8

Tampilan Manja Pramugari Novi Tresna dengan Bikini Merah, Menggoda Banget!

Okezone

18

Tulis komentar...