Home

5 Keluarga Kerajaan Paling Tajir di Dunia, Ternyata Kerajaan Inggris Cuma Urutan Lima

IndozoneID | 1 week ago

INDOZONE.ID - Ratu Elizabeth II yang baru saja wafat merupakan raja terlama yang memerintah di dunia. Selama hidupnya banyak meninggalkan harta dan warisan bagi penerusnya.

Wajar sang ratu meninggalkan begitu banyak warisan, pasalnya kerajaan Inggris merupakan salah satu yang berpengaruh di dunia.

Tapi warisan itu dianggap cuma kacang dibandingkan kekayaan para bangsawan dari Timur Tengah. Ternyata keluarga kerajaan Inggris cuma berperingkat  terkaya kelima di planet ini.

5. Keluarga Kerajaan Inggris = 88 miliar US Dolar

Sementara ratu wafat meninggalkan warisan harta kekayaan yang diperkirakan sebesar US$470 juta. Kekayaan bersih keluarga itu sendiri memiliki jika digabungkan sebesar US$88 miliar, menurut Forbes.

Keluarga kerajaan Inggris saat berfoto bersama di Istana Buckingham. (FilmMagic)

Sebagian besar kekayaan ratu berasal Sovereign Grant, pajak yang disetorkan negara kepada keluarga kerajaan. Selain memiliki tanah kerajaan, beberapa properti keluarga, termasuk Sandringham di Norfolk dan Balmoral di Skotlandia membuat kekayaan mereka tetap berada di peringkat di atas keluarga kerajaan Thailand dan Brunei.

Baca juga: Bukan Jeff Bezos atau Elon Musk, Ternyata Ini Sosok Orang Terkaya di Dunia dalam Sejarah

Tapi kekayaan keluarga kerajaan Inggris tidak ada apa-apanya dibandingkan para syekh dari Timur Tengah.

4Abu Dhabi, UAE = 150 Miliar US Dolar

Para bangsawan Abu Dhabi yang merupakan keturunan dari suku yang sama dengan bangsawan di emirat tetangganya di Dubai, dan sekarang memerintah tujuh Uni Emirat Arab. 

Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan foto bersama dengan anggota keluarga kerajaan. (@mohamedbinzayed/Instagram)

Mereka sudah menjadi penguasa di UEA sejak tahun 1793. Kekayaan keluarga yang diperkirakan mencapai 150 miliar US Dolar.

Sebagian besar berasal dari penjualan minyak dari tahun 1970-an, yang memungkinkan mendiang syekh menjadi salah satu tuan tanah terkaya di London.

Sebagai tolak ukur aja, aja pemimpin Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum punya kekayaan senilai 18 miliar US Dolar.

Sementara Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang juga presiden Uni Emirat Arab dari tahun 2004, setelah kematian ayahnya sendiri memiliki tanah di ibu kota Inggris senilai 7,1 miliar US Dolar.

Menurut Guardian properti tersebut bisa menghasilkan uang lebih dari 200 juta US Dolar per tahun hanya untuk disewakan saja. 

Sheikh Khalifa juga mengelola aktif dalam mengelola sejumlah besar kekayaannya dengan mengepalai Otoritas Investasi Abu Dhabi yang mencapai 696 miliar US Dolar.

3. Keluarga kerajaan Qatar = 335 miliar US Dolar

Keluarga Thani telah memerintah di Qatar sejak pertengahan abad ke-19. Penguasa saat ini, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, yang jadi penguasa termuda di dunia pada usia 40 tahun, diangkat sebagai emir pada 2013. Keluarga tersebut dikatakan berjumlah ribuan, mungkin antara 7.000 atau 8.000.

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani. (Dok)

Banyak perhatian akan tertuju pada Qatar tahun ini karena akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 yang dimulai pada bulan November.

Pariwisata ke daerah konservatif akan meledak, tetapi negara kecil itu sudah menikmati kehadiran yang jauh lebih besar di seluruh dunia daripada yang terlihat.

Keluarga Al Thani pernah berseteru dengan negara tetangganya di kawasan Teluk. Mereka setelah dituduh membayar uang tebusan senilai 1 miliar US Dolar pada 2017 lalu kepada organisasi teroris al-Qaeda untuk pembebasan 28 anggota keluarga kerajaan, yang diculik di Irak dua tahun sebelumnya.

Keluarga penguasa Qatar membantah tuduhan itu, mereka mengklaim bahwa uang itu dibayarkan kepada negara Irak bukan kepada teroris. Lagi pula, jumlah itu hanya bernilai setetes di lautan jika dibandingkan dengan jumlah total kekayaan keluarga besar mereka, yang diyakini berjumlah senilai 335 miliar US Dolar.

2. Keluarga Kerajaan Kuwait 360 miliar US Dolar

Keluarga Kerajaan Sabah yang telah memerintah Kuwait sejak 1752 dan dikenal karena investasinya yang besar di perusahaan-perusahaan besar terkemuka di Amerika Serikat.

Shaikh Nawaf Ahmad Jaber Al-Sabah bersama putra mahkota Shaikh Mishaal Ahmad Jaber Al-Sabah have plenty to smile about. (@kuwaitrulingfamily/Instagram)

Keluarga kerajaan diyakini terdiri dari sekitar 1.000 anggota dan saat ini dipimpin oleh Sheikh Nawaf Al-Ahmad Al-Sabah, yang naik takhta pada tahun 2020 lalu setelah kematian saudara tirinya Sheikh Sabah IV Ahmad Al-Jaber Al- Sabah.

Kekayaan keluarga kerajaan Kuwait diperkirakan bernilai US$90 miliar pada tahun 1991. Tapi setelah nilai saham investasi yang mereka tanam melonjak, hraga kekayaan keluarga itu saat ini kini berjumlah 360 miliar US Dolar.

1. Saudi Arabia = 1,4 triliun US Dolar

Putra Mahkota Mohammed bin Salman baru-baru ini menanamkan sahamnya melalui Saudi Investment Fund senilai 2 miliar US Dolar di perusahaan baru Jared Kushner, yang merupakan menantu Donald Trump.

Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman. (@special_royal/Instagram)

Jumlah itu terbilang kecil bagi Kerajaan Arab Saudi yang merupakan kerajaan terkaya di planet ini.

Keluarga Al Saud telah memerintah negara itu sejak tahun 1744 dan bahkan menamai negara itu dengan sang pendiri kerajaan.

Raja Salman telah memerintah sejak 2015 dan diyakini memiliki kekayaan senilai 18 miliar US Dolar yang menjadikannya sebagai anggota keluarga kerajaan terkaya di dunia.

Sementara itu saudaranya, Pangeran Alwaleed bin Talal diyakini sebagai anggota keluarga kerajaan terkaya kedua dengan kekayaan bersih sekitar 16 miliar US Dolar. Pangeran itu memiliki saham senilai 1,9 miliar US Dolar di Twitter.

Anggota keluarga kerajaan yang berjumlah 15.000 anggota, mereka bersama-sama secara kolektif memiliki kekayaan senilai 1,4 triliun US Dolar. Kekayaan itu bahkan lebih besar dari PDB Spanyol atau Australia.

Menurut BuyShares jumlah harta kekayaan keluarga kerajaan Saudi cukup mengesankan mengingat jika 10 anggota keluarga kerajaan terkaya di dunia digabungkan bernilai 2,4 triliun US Dolar.

Lihat Sumber

  • 1

  • 0

Top Comment

  • MarcelG

  • 1 week ago

251

0

wow.....kapan kaya??

Tulis komentar...