Home

4 Makanan Favorit orang Hungaria, Ternyata Ada Bebek Bakar dan Bakso Juga!

IndozoneID | 1 week ago

INDOZONE.ID - Di Hungaria kita enggak akan merasa hungry atau kelaparan, karena di negara Eropa Timur memiliki banyak sajian kuliner dengan cita rasa asli dan eksotis. Berikut 4 kuliner khas Hungaria yang wajib dicicip saat berkunjung ke sana:

Sült Kacsa

Sült Kacsa, makanan khas Hungaria. (Fabiola Lawalata/Z Creators)

Sült Kacsa atau bebek bakar khas Hungaria dibakar selama dua jam. Bumbunya sederhana sekali yaitu hanya garam, bubuk merica, dan bubuk bawang putih. Jika bebek hampir matang diberi perasan jus jeruk segar.

Walaupun dengan bumbu sederhana, namun hasil akhirnya pastinya memuaskan. Bagian luar bebek sangat garing dan dagingnya sangat lembut dan empuk di dalamnya. 

Hasil dari bebek yang berkualitas dan dibakar di oven dengan temperatur sempurna. Pada penyajiannya bebek bakar sült kacsa ini disajikan dengan kentang goreng, acar paprika segar, irisan jeruk manis dan Lila Kaposzta atau sayur kubis. 

Erdelyi Húsgombóc Leves

Erdelyi Húsgombóc, makanan khas Hungaria. (Fabiola Lawalata/Z Creators)

Kuliner Hungaria terkenal akan menu makanan hangat berkuah seperti sup. Ini disebabkan karena pengaruh temperatur cuaca di Hungaria saat musim gugur dan musim dingin bisa sangat dingin. Makan semangkok sup tentunya akan membuat tubuh kuat dan hangat seketika. 

Menu sup bakso yang dalam bahasa lokal disebut dengan nama Erdelyi Húsgombóc Leves. Bentuknya memang seperti bakso, terbuat dari daging sapi cingcang. Lalu dimasukkan ke dalam kuah sup yang terdiri akan potongan sayur kentang, wortel, kol dan bawang bombay. Kuahnya agak creamy karena campuran krim dan telur. 

Goulash 

Makanan khas Hungaria. (Fabiola Lawalata/Z Creators)

Sup lain yang sangat terkenal di Hungaria adalah sup daging sapi dan sayuran bernama Goulash. Sup ini disebut-sebut sebagai sup nasionalnya negara Hungaria karena hampir di setiap rumah selalu menyajikan menu ini untuk konsumsi sehari-hari. 

Konon resep asli Goulash telah ada sejak abad pertengahan di Hungaria dan diciptakan oleh para gembala yang memodifikasi daging dan rempah. 

Goulash berwarna merah pekat karena selain daging, bahan utama lainnya adalah tomat, paprika, wortel dan kentang. Disajikan dengan sour cream. 

Kürt?skalács

Kürt?skalács, makanan khas Hungaria. (Fabiola Lawalata/Z Creators)

Kue ini ngetop banget karena dijual di pinggir jalan sebagai street food yang banyak diminati orang. Berbentuk seperti cerobong, cara membuatnya adalah dengan melilitkan adonan pada tongkat lalu diolesi mentega dan ditaburi gula pasir dan siap untuk dibakar di atas panggangan khusus. 

Cara membakarnya adalah dengan diputar-putar di atas baranya. Kue ini telah ada sejak abad pertengahan dan menjadi cukup populer kalangan bangsawan Hungaria pada abad ke-18.  

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Tulis komentar...