Home

8 Cara Mengasuh Anak Indigo, Jangan Salah Arah!

IDN Times | 1 week ago

Bagaimana cara mengasuh anak indigo? Anak indigo kerap diidentikkan dengan anak yang memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal gaib. Dari kacamata orangtua, mengasuh anak indigo pasti memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, anak indigo memiliki emosi yang tidak stabil dan sangat sensitif.

Padahal, menurut Wendy H. Chapman sebagai pendiri Metagifted Education Resource Organization, ia mengatakan bahwa anak indigo juga memiliki potensi di bidang akademis dan spiritual jika dibimbing dengan baik.

Ingin tahu bagaimana cara mengasuh anak indigo dengan metode parenting yang tepat? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Jadi support system

Memahami anak indigo memang cukup sulit karena mereka memiliki karakteristik yang berbeda dari anak-anak pada umumnya. Tidak jarang kita akan merasa kebingungan melihat tingkah laku dan pola pikir si anak. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki tingkat emosional yang cukup tinggi, sehingga tak heran mereka lebih mudah merasa stres.

Namun, alangkah baiknya kita tetap memberikan dukungan penuh kepada si anak, seperti memujinya ketika dia berhasil melakukan sesuatu dengan baik, mendampinginya, mendengarkan ceritanya, dan sebagainya. Jangan sampai anak merasa sendirian dan tidak ada yang mendukungnya karena akan berakibat buruk bagi kesehatan mentalnya.

2. Tidak meminta anak melakukan hal-hal aneh

Meskipun anak indigo memiliki kemampuan khusus, jangan sampai kita sebagai orangtua meminta anak indigo untuk melakukan hal-hal aneh yang justru akan membahayakan orang di sekitarnya.

Jangan pernah meminta atau bahkan memaksa anak indigo untuk meramal seseorang, melihat masa depan atau masa lalu, mendeteksi hantu, atau bahkan membaca pikiran. Anak indigo bukanlah paranormal yang biasa melakukan hal-hal di luar nalar.

3. Lebih terbuka

Daripada hanya memendam perasaan dan berpura-pura, lebih baik orangtua mengatakan apa yang sebenarnya mereka rasakan. Karena jika orang tua terus memendam perasaannya, si anak akan merasa tidak dipercaya dan fatalnya dia akan lebih tertutup kepada orang tua.

4. Beri mereka privasi

Menjadi orangtua bukan berarti bisa mengatur seluruh keperluan si anak.Tetap berikan mereka privasi dan kebebasan untuk memilih. Pasalnya, anak yang terlalu dikekang dapat berpotensi menjadikan anak menjadi tidak mandiri ataupun pemberontak. Berbeda jika si anak diberikan ruang untuk berekspresi dan privasi, hal tersebut dapat mendongkrak kepercayaan diri dan anak pun merasa lebih dipercaya oleh orang tuanya.

5. Jangan memanipulasi anak

Jangan pernah mengendalikan anak dengan cara memanipulasi emosi mereka, seperti membuat mereka merasa bersalah, ketakutan, dan sebagainya. Jika memang mereka berbuat salah, maka kita bisa menegur dan memberi tahu secara lembut apa kesalahan mereka. Begitu juga dengan orang tua, jika memang melakukan suatu kesalahan, maka akui dan minta maaflah pada si anak.

6. Memberi edukasi

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan anak indigo karena beberapa dari mereka mampu melakukan hal-hal mistis, seperti melihat hantu, memprediksi masa depan, dan kemampuan lainnya.

Memang benar bahwa beberapa anak indigo lebih peka terhadap suatu hal. Namun, bukan berarti mereka bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak penting. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban orangtua untuk mengedukasi orang-orang agar tidak memanfaatkan keadaan anak indigo.

7. Arahkan ke hal positif

Anak indigo memiliki tekad dan kemauan yang keras ketika ingin mencapai suatu hal. Nah, ini dia saatnya para orangtua untuk mengarahkan anak kepada hal-hal yang positif. Selama keinginan mereka positif dan bermanfaat, tak ada salahnya untuk mendukung mereka.

8. Sabar

Sudah bukan rahasia umum jika anak indigo rata-rata memiliki emosi yang lebih sensitif. Nah, jika anak mulai menginginkan sesuatu yang dirasa tidak aman, jelaskan saja secara perlahan mengapa sesuatu tersebut tidak boleh dimiliki. Berikan anak penjelasan yang lengkap sampai mereka bisa memahami mengapa orang tua melarangnya.

Demikian 8 tips cara mengasuh anak indigo yang bisa dicoba. Semoga membantu!

Lihat Sumber

  • 14

  • 0

Rekomendasi Artikel

Polip Kandung Empedu: Penyebab, Gejala, Pengobatan

IDN Times

Daftar 24 Partai Lolos Tahap Verifikasi Calon Peserta Pemilu 2024

IDN Times

3

Selama Ini Bungkam, Boy William Akhirnya Beberkan Alasan Batal Nikah

POPMAMA.COM

Rizky Billar Hadiahkan Kapal Mewah Rp 38 Miliar untuk Lesti Kejora

POPMAMA.COM

Kenaikkan Tarif Ojol Ditunda, Berlaku Paling Lambat 29 Agustus

Kompas.com

1

Top Comment

  • ᴱᴺᵀᴬᴴᴸᴬᴴ

  • 1 week ago

159

0

Yoiii

  • Ac Suardi

  • 1 week ago

76

0

nyimajkkkkk

  • agus thejo wi

  • 1 week ago

62

0

aaass..iiiaaap..

  • STYLE YAKUZA

  • 1 week ago

57

0

Sangat bermanfaat sekali

  • Jakarta_No.10473964

  • 1 week ago

@STYLE YAKUZA: okok

  • Gub. Tall Nut

  • 1 week ago

56

0

yuk diasuh dengan baik

view more >>

Tulis komentar...