Home

Perubahan Fisik Seorang Ibu pada 2 Minggu Awal Pasca Melahirkan

Kompas.com | 1 week ago

KOMPAS.com - Pada 2 minggu awal setelah melahirkan, ibu hamil biasanya fokus menyembuhkan luka persalinan serta memulihkan diri.

Enam minggu pertama setelah melahirkan dikenal sebagai periode postpartum. Pada periode ini, seorang ibu dan bayinya membutuhkan perawatan untuk memulihkan diri serta meningkatkan kesehatan.

Selama periode postpartum, kebanyakan wanita akan mengalami sejumlah perubahan. Hal itu dimulai dari proses penyembuhan dari luka saat melahirkan, hingga perubahan suasana hati akibat hormon.

Belum lagi, para ibu harus adaptasi dengan perubahan waktu tidur serta memberdayakan diri agar dapat memberi ASI eksklusif untuk sang buah hati.

Dilansir dari Healthline, periode postpartum tiap orang berbeda-beda. Hal tersebut ditentukan dari sederet faktor seperti:

  1. sudah melahirkan berapa kali?
  2. berapa lama waktu mengejan?
  3. melakukan persalinan pervaginam (langsung) atau dengan metode operasi caesar?

Periode postpartum pun setiap minggunya berbeda-beda. Kali ini, kita akan membahas mengenai periode postpartum pada 2 minggu pertama setelah persalinan.

 

Minggu 1

Jika melakukan persalinan pervaginam di rumah sakit, kemungkinan besar Anda akan dirawat selama 1-3 hari setelah bayi lahir.

Jumlah waktu perawatan tergantung pada kondisi perineum setelah melahirkan.

Sebagaimana diketahui, perineum merupakan otot, kulit, dan jaringan yang ada diantara kelamin dengan anus. Sering kali, persalinan mengakibatkan perineum robek.

Selama masa postpartum, rasa nyeri di area perineum adalah kondisi normal, seperti halnya pendarahan. Perineum yang robek dan dijahit akan kembali normal seiring waktu.

Sementara itu, pada persalinan caesar, sayatan di bawah pusar akan terasa sakit karena bius tak lagi bekerja.

Kondisi ini membuat para ibu kesulitan gerak, meski hanya sekadar naik dan turun dari tempat tidur. Oleh sebab itu, para ibu diharap untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang berat.

Namun, ibu yang melakukan persalinan dengan metode caesar tetap harus bergerak untuk menghindari pembekuan darah.

 

Minggu 2

Beberapa wanita sudah mulai mendapatkan kembali kebugaran pada 2 minggu setelah melahirkan. Umumnya, pendarahanan juga sudah mulai mereda.

Ibu yang melakukan persalinan pervaginam akan mulai merasakan gatal pada vagina. Hal ini disebabkan oleh area luka yang mulai sembuh.

Lalu, pada ibu yang bersalin dengan metode caesar, mereka rata-rata sudah lebih leluasa saat bergerak. Namun, belum boleh terlalu sering beraktivitas, terutama mengangkat benda berat.

Ibu hamil biasanya juga sudah tidak perlu menggunakan perban anti air untuk menutup luka bekas sayatan.

Pada minggu kedua setelah persalinan, bekas sayatan caesar akan terasa sedikit gatal. Ini merupakan kondisi bagus karena rasa gatal menandai proses penyembuhan luka.


 

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

3 Kasus Kesurupan Paling Mengerikan

Kompas.com

Daftar 24 Partai Lolos Tahap Verifikasi Calon Peserta Pemilu 2024

IDN Times

3

Kenaikkan Tarif Ojol Ditunda, Berlaku Paling Lambat 29 Agustus

Kompas.com

1

Rizky Billar Hadiahkan Kapal Mewah Rp 38 Miliar untuk Lesti Kejora

POPMAMA.COM

Usai Resmi Bercerai, Nathalie Holscher Dijodohkan dengan Frans Faisal

POPMAMA.COM

Tulis komentar...