Home

Ada Celah Keamanan, Hacker Rawan Bobol MacOS lewat Aplikasi Zoom

Kompas.com | 1 month ago

KOMPAS.com - Sistem operasi (OS) desktop bikinan Apple, macOS dilaporkan memiliki celah keamanan berbahaya alias bug. Bug tersebut memungkinkan peretas (hacker) mengambil alih komputer lewat aplikasi Zoom.

Laporan bug pertama kali diungkap oleh spesialis keamanan Mac, Patrick Wardle pada konferensi peretasan Def Con di Las Vegas, Jumat pekan lalu. Wardle adalah pendiri Objective-See Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang menciptakan alat keamanan sumber terbuka untuk macOS.

Dalam laporannya, Wardle menyebutkan bahwa hacker menargetkan penginstal Zoom (Zoom Installer) untuk mengabil alih komputer berbasis macOS.

Penginstal untuk aplikasi Zoom ini sedianya perlu dijalankan dengan izin pengguna khusus seperti memasukkan password, saat ingin menginstal aplikasi Zoom ke komputer pengguna.

Saat sudah terpasang, ketika Zoom mengeluarkan pembaruan (update), installer Zoom akan menginstal paket pembaruan baru setelah memeriksa bahwa itu telah ditandatangani secara kriptografis oleh Zoom.

Masalahnya, dengan metode pemeriksaan tersebut, hacker dapat "menipu" Zoom untuk menginstal program jahat (malicious software/malware) alih-alih paket pembaruannya. Caranya dengan meletakkan tanda tangan kriptografi Zoom pada malware.

Setelah mengelabui installer Zoom untuk menginstal malware, hacker dapat memperoleh akses lebih lanjut ke sistem pengguna. Termasuk mode "Superuser" yang memungkinkan hacker memodifikasi, menghapus, atau menambahkan file di komputer.

Wardle telah melaporkan bug pada installer Zoom ini kepada Zoom sejak Desember 2021.

Dalam sebuah pernyataan kepada The Verge, kepala humas keamanan dan privasi Zoom, Matt Nagel mengatakan bahwa pihaknya telah mengetahui bug tersebut dan sedang mengatasinya.

"Kami menyadari kerentanan yang baru dilaporkan dalam pembaruan otomatis Zoom untuk macOS dan sedang bekerja keras untuk mengatasinya," kata Nagel.

Tambalan keamanan Zoom bisa diinstal sekarang

Zoom dilaporkan telah merilis tambalan keamanan (patch) untuk mengatasi bug tersebut. Dalam laman Buletin Keamanan, Zoom mengakui adanya bug (CVE-2022-28756) yang memungkinkan dieksploitasi hacker runtuk mengambil alih komputer pengguna.

Zoom mengungkapkan perbaikan atau tambalan keamanan untuk bug tersebut sudah tersedia dalam update aplikasi Zoom versi 5.11.5 untuk macOS. Update tersebut sudah dapat diunduh pemilik perangkat macOS sekarang.

Pengguna dapat menginstal update Zoom versi 5.11.5 dengan panduan sebagai berikut:

Cara update Zoom di MacBook/komputer iMac

  • Buka aplikasi Zoom di komputer Mac atau laptop MacBook
  • Klik menu "zoom.us" di bilah atas layar
  • Pilih "Check for Updates"
  • Jika update tersedia, Zoom akan menampilkan jendela berbunyi "Update Available". Jendela itu memuat informasi versi lama aplikasi Zoom Anda, serta versi terbaru lengkap dengan detail tentang rincian pembaruan. Dalam kasus ini, patch keamanan untuk bug ada di Zoom versi 5.11.5.
  • Setelah itu, klik "Update" untuk menginstal pembaruan
  • Klik "Install"
  • Nanti akan muncul jendela Zoom Installer, klik "Continue"
  • Lalu, klik "Install" kemudian masukkan password
  • Klik "Install Software" untuk konfirmasi

Setelah itu, Zoom di perangkat macOS Anda sudah dalam versi terbaru yang juga berisi tambalan keamanan untuk bug Zoom Installer, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (15/8/2022).

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Keberatan Bagasi, Wanita Ini Keluarkan Pakaian dari Koper dan Memakainya

IndozoneID

25 Film Semi Korea dengan Adegan Dewasa, Ceritanya Seru dan Menarik

POPMAMA.COM

Hadiah Pengunjung Kustomfest 2022 Motor Listrik Bergaya Chopper

Kompas.com

Perfeksionis, 5 Zodiak yang Selalu Ingin Terlihat Sempurna

IDN Times

1

3 Gaya Elegan Devina Kirana, Wanita yang Terseret Isu Selingkuh Rizky Billar

IndozoneID

1

Tulis komentar...