Home

5 Manfaat Terampil Mendongeng bagi Balita, Ibu makin Bonding!

IDN Times | 2 months ago

Seorang ibu pun perlu terampil mendongeng. Anak yang masih balita atau memiliki rentang usia 0-5 tahun sangat perlu dilibatkan dalam kegiatan mendongeng. 

Meski media mendongeng mudah kita temukan dalam berbagai varian saat ini, tetap saja dongeng itu perlu dilakukan oleh ibu. Sebab, terdapat manfaat terampil mendongeng bagi balita jika ibu sendiri yang melakukannya. 

Apa saja manfaat terampil mendongeng bagi balita jika dilakukan oleh sang ibu? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Bonding ibu dan anak terbangun dengan kuat

Lewat aktivitas mendongeng, kelekatan emosi (bonding) antara ibu dan anak daoat terjalin dengan kuat. Ada komunikasi yang hidup di saat ibu menyampaikan dongeng ke balita. 

Di fase 0-5 tahun, stimulasi terbaik adalah stimulasi yang berasal dari ibu dan ayahnya. Itu sebabnya, ibu perlu ekspresif saat mendongeng, mulai dari mimik wajah sampai gerak tubuh penuh totalitas. 

2. Berpotensi terhindar dari bahaya gadget

Dampak negatif membiarkan balita berinteraksi dengan gadget salah satunya adalah kemampuan bicaranya jadi terhambat. Itu sebabnya, penggunaan gadget sangat dilarang keras oleh beberapa psikolog dan praktisi parenting dalam mengasuh balita.

Gantilah aktivitas bermain gadget bersama anak dengan mendongeng. Sebab, pada dasarnya balita sangat tertarik dengan kisah yang diceritakan melalui cara yang menarik. 

3. Mengenal idola yang tepat untuk diteladani

Dari kisah-kisah yang ibu sampaikan lewat dongeng, kita bisa memperkenalkan tokoh-tokoh penting yang cocok untuk diteladani si kecil. Mulai dari tokoh pahlawan di masa lampau maupun pahlawan di masa kini. 

Anak adalah makhluk yang hebat dalam meniru, terutama di fase balita. Kita berharap, anak-anak tidak meniru tokoh yang salah, ya, Moms. 

4. Anak lebih lancar berbicara

Aktivitas mendongeng adalah salah satu cara yang bagus untuk stimulasi kemampuan bicara balita. Lewat dongeng yang ibu sampaikan, balita mengenal banyak kosakata. 

Itulah fungsinya mendongeng secara ekspresif. Banyak ritme kosakata yang bisa dimainkan sehingga balita tak hanya senang mendengarkan cerita tapi juga semakin terampil berbicara. 

5. Seluruh indra anak terstimulasi dengan baik

Di fase balita, anak tak hanya butuh gizi tapi juga butuh stimulasi. Seluruh bagian tubuh balita perlu distimulasi sesuai umurnya agar kemampuan motorik berkembang secara normal. 

Aktivitas mendongeng sangat direkomendasikan dalam mengasuh balita. Tidak hanya indra penglihatan dan pendengaran balita yang aktif, anggota gerak tubuhnya pun akan terlibat jika dongeng membuatnya kegirangan. 

Tentu saja ibu perlu belajar banyak dari para pendongeng hebat agar terampil mendongeng untuk anak. Ikutilah webinar atau kelas yang bisa mengajarkan para ibu mendongeng dengan tepat dan rasakan manfaat terampil mendongeng, Moms!

Lihat Sumber

  • 2

  • 0

Rekomendasi Artikel

Jaksa Bakal Hadirkan Dua Saksi di Sidang Arif Rachman

IndozoneID

ASICS Rilis Sneaker yang Terinspirasi dari 'Teh Tarik'!

Popbela.com

Bisa Dipenjara, Ini 15 Hal Sepele yang Dilarang di Berbagai Negara

Popbela.com

Deretan PO yang Sudah Pakai Suites Combi Bus Buatan Karoseri Laksana

Kompas.com

Polda Metro Jaya Siapkan Ratusan Personil Untuk Amankan Reuni 212

Jabarnews.com

Top Comment

  • Sappy Gooo

  • 2 months ago

325

0

Tentu saja ibu perlu belajar banyak dari para pendongeng hebat agar terampil mendongeng untuk anak. Ikutilah webinar atau kelas yang bisa mengajarkan para ibu mendongeng dengan tepat dan rasakan manfaat terampil mendongeng, Moms!

Tulis komentar...