Home

Ulik Fitur Unggulan TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart

Kompas.com | 1 year ago

JAKARTA, KOMPAS.com - TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart meluncur pada Juli 2022. Skutik entry level asal pabrikan India tersebut merupakan pengembangan dari model sebelumnya.

Soal desain sudah diulas dalam tulisan sebelumnya, kini Kompas.com akan membahas fitur. Sebab fitur merupakan daya jual yang bisa memengaruhi pertimbangan orang untuk membeli.

Untuk diketahui Ntorq 125 Race XP Play Smart punya teknologi mutakhir yang jarang ada di skutik sekelas. Salah satunya adalah fitur voice assist atau perintah suara, yang biasa ada pada mobil mewah di pasar.

Teknologi perintah suara ini memungkinkan pengendara untuk berinteraksi dengan mtoor melalui perintah suara yang diberikan pada aplikasi TVS SMARTXONNECT yang terhubung ke ponsel.

Contohnya seperti headphone Bluetooth ataupun dengan headphone berkabel, atau helm dengan intercom atau perangkat headset Bluetooth.

Saat terhubung, respons motor akan terlihat pada spidometer. Namun, salah satu kendalanya ialah saat ini fitur tersebut tidak dioperasikan menggunakan bahasa Indonesia.

“Sampai sekarang masih bahasa Inggris, tetapi memang voice assist ini dia punya fitur-fitur yang sudah baku. Jadi kata-katanya pun baku. Kita enggak bisa tambah perintah sendiri,” ucap Rizal saat itu waktu peluncuran.

Lewat fitur ini pengendara dapat mengubah mode berkendara dengan perintah suara. Namun khusus pada fungsi ini, pengguna hanya bisa melakukan perintah pada kecepatan kurang dari 5 kpj untuk alasan keamanan.

Kurang lebih ada sekitar 10-15 fungsi yang digunakan lewat fitur ini. Selain mode berkendara, kemudian brightness atau kecerahan layar, dan perubahan volume.

Secara umum, fitur ini tentu bakal memudahkan pengguna saat berkendara. Tapi pengendara tetap harus memperhatikan keselamatan saat memakainya.

Mesin lebih bertenaga

Walau masih mengusung basis yang serupa, ada perbedaan di sektor mesin. TVS mengubah peta mesin sehingga menghasilkan tenaga lebih besar dari versi standar.

Di atas kertas model standar Ntorq 125 memiliki spek mesin 124,79 cc, 4-tak, injeksi, silinder tunggal. Diameter x langkah 53,55 mm x 55,5 mm, mampu menghasilkan tenaga 6,9 kW atau 9,25 tk pada 7.500 rpm dan torsi 10,5 Nm pada 5.500 rpm.


Sementara untuk versi Race XP, skutik ini mengusung mesin 124,8 cc yang memiliki tenaga bergantung pada mode berkendaranya.

Untuk mode race, tenaga maksimal mencapai 7,5 kW atau setara 10,0 tk dan torsi 10,8 Nm. Sementara pada mode street, tenaga yang dihasilkan 6,6 kW atau setara 8,8 tk dan torsi 10 Nm.

TVS juga mengklaim, ubahan ini membuat kecepatan maksimal motor bertambah dari sebelumnya. Di mana dalam mode race, topspeed mencapai 98 kpj. Sedangkan pada mode street hanya 85 kpj.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

10 Fakta Menarik Flerken, Sahabat Captain Marvel yang Menggemaskan

IDN Times

Seorang Remaja Tewas Usai Terlibat Tawuran di Jalan Iskandar Muda Tangerang

TribunBanten

Merasa Jakarta Lebih Panas? Ternyata Ini Penyebabnya...

Kompas.com

2

Selain Al Kahfi, Dua Surat Ini juga Baik Dibaca Setiap Hari Jumat agar Terhindar dari Keburukan

TribunBanten

Peringatan Dini BMKG Cuaca NTT Hari Ini 29 September 2023, Cerah - Cerawah Berawan, Waspada Karhutla

PosKupang

Tulis komentar...