Home

5 Red Flag Atasan yang Perlu Kamu Waspadai, Sering Mengancam Pecat

IDN Times | 2 months ago

Masuk ke dunia kerja itu untung-untungan untuk bekerja di bawah atasan yang baik, karena gak semua orang beruntung merasakannya dan mau tak mau harus bertahan dengan tipe atasan toxic. Di mana atasan toxic ini biasanya menunjukkan banyak red flag dalam kepemimpinannya. 

Mulai dari semena-mena dalam memberikan beban kerja, memanfaatkan bawahan demi keuntungannya, hingga menyita waktu libur dengan bekerja. Yang mana sangat penting untuk mengetahui tanda-tandanya supaya kamu bisa menjaga diri untuk tidak dimanfaatkan terlalu jauh. Berikut adalah beberapa red flag atasan yang perlu kamu waspadai. 

1. Suka menambah-nambah pekerjaan sampai harus lembur

Bagimu yang saat ini sedang meniti karier, sangat penting untuk mewaspadai red flag satu ini yaitu atasan yang suka menambah-nambah pekerjaan. Setiap posisi seharusnya sudah ada job desk masing-masing yang harus dikerjakan, tapi atasan malah menambah pekerjaanmu dengan yang bukan tugasmu.

Hati-hati kalau atasanmu sering seperti ini, yang mana kalau kamu nurut-nurut aja malah bisa makin diperbudak. Jika tugas tambahannya ringan dan tak mengganggu pekerjaan utama maka tidak masalah menerimanya, tapi kalau dapat mengganggu pekerjaanmu maka cobalah untuk menolak dengan sopan. 

2. Memanfaatkan skill-mu untuk keuntungannya pribadi

Punya skill banyak memang bagus, dimana kamu bisa mendapat lebih banyak peluang untuk maju dalam karier. Akan tetapi bukan berarti akan baik jika kamu tunjukkan semua skill yang dimiliki pada atasan tempatmu bekerja.

Karena kebanyakan atasan akan memanfaatkan bawahannya jika memiliki banyak skill. Yang mana ia akan memintamu mengerjakan hal-hal untuknya, seolah-olah bagian dari pekerjaan, tapi sebenarnya untuk keuntungannya sendiri. 

3. Kerap memintamu bekerja di hari libur

Red flag atasan lainnya yang perlu kamu waspadai di tempat kerja ialah jika waktu liburmu kerap disita untuk bekerja. Yang mana seharusnya weekend menjadi waktumu untuk beristirahat tapi malah ditelepon oleh atasan untuk membahas pekerjaan.

Lebih parahnya lagi kalau atasan malah menyuruhmu untuk datang ke kantor dan membantunya bekerja di hari libur. Boleh-boleh saja untuk bertahan di tempat itu untuk sementara waktu, tapi kalau sudah ada pekerjaan pengganti akan lebih baik jika kamu pindah dan bekerja di bawah atasan yang lebih baik. 

4. Suka pakai uang bawahan untuk keperluannya

Kalau atasanmu sering memintamu untuk membayar makanannya atau hal lain untuk pekerjaan, maka itu juga red flag atasan yang harus kamu waspadai. Yang mana setiap perusahaan pasti ada anggaran untuk kebutuhan kantor, pun tidak sepatutnya kamu yang membayari makanan atasan.

Sesekali mungkin tak masalah, akan tetapi jika terus-terusan maka itu artinya dia mengambil keuntungan darimu. Jika atasanmu sering melakukan ini maka cobalah untuk menagih uang yang dia pakai, karena kamu yang rugi sendiri kalau gajimu terus berkurang. 

5. Sering mengancam memecatmu

Red flag paling parah dan toxic dari atasan ialah jika dia sering melontarkan ancaman berupa pemecatan. Memang benar bahwa kekuasaan yang dimiliki atasan bisa membuatmu dengan mudah dipecat, akan tetapi bukan berarti hal itu bisa digunakan sebagai ancaman.

Yang mana ia melakukan penyalahgunaan kekuasaan, dan kalau dilaporkan bisa membuatnya turun jabatan. Sehingga wajib hati-hati saat berhadapan dengan atasan seperti ini, dan lebih baik cepat pindah kerja untuk menjaga kesehatan mental supaya gak stres bekerja di bawah tekanan dan ancaman.

Jika lima red flag atasan tadi ada yang pernah kamu alami, maka waspadai dan jaga keamanan dirimu sendiri di tempat kerja. Jangan terlalu lama di sana dan cepatlah mencari tempat kerja baru yang lebih bagus atasan dan sistem kerjanya. 

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Kenapa Pusing Setelah Makan Durian? Ini Penyebabnya

IDN Times

Hadapi PSIS Semarang, Rekor 5 Kemenangan Beruntun Persebaya Surabaya Bisa Rusak? Lihat Peluangnya

Tribunwow

Kabar Duka, Mantan Sekjen PSSI Nugraha Besoes Meninggal Dunia

Kompas.com

1

Oknum Perawat Buat Jari Kelingking Bayi di Palembang Putus, Sudah 18 Tahun Kerja Kini Dinonaktifkan

TribunJakarta

1

Cara Membersihkan Kloset yang Benar Secara Menyeluruh

Kompas.com

1

Tulis komentar...