Home

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/SMK Halaman 233 Kurikulum 2013: Membuat Resensi Perahu Kertas

Harian Haluan | 2 months ago

Kunci jawaban berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas XI untuk SMA/SMK edisi revisi 2018 yang diharapkan dapat memberikan tambahan materi bagi siswa.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/SMK halaman 233 ini memuat materi tentang cara membuat resensi sebuah novel, seperti Perahu Kertas.

Kunci jawaban Bahas Indonesia ini pun dapat menjadi bahan evaluasi siswa bagi guru dalam menelaah sampai mana pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Selain itu, siswa juga dapat mengkaji materi soal Bahasa Indonesia dan kunci jawaban agar nantinya menguasai soal-soal lain yang setara atau bahkan lebih rumit.

Berikut ini kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/SMK halaman 233.

Bab VII Menilai Karya Melalui Resensi

1. Judul resensi: Perahu Kertas

2. Identitas buku yang diresensi

Judul: Perahu Kertas

Penulis: Dee (Dewi Lestari)

Penerbit: Bentang Pustaka

Tahun Terbit: Februari, 2010

Jumlah Halaman: 444 halaman

3. Pendahuluan

Dewi Lestari, yang bernama pena Dee, lahir di Bandung 20 Januari 1976. Novel perahu kertas ini sudah dilansir dalam versi digital pada April 2008, dan kini diterbitkan atas kerja sama antara Truedee Books dan Bentang Pustaka. Naskah yang awalnya ditulis pada 1996 dan sempat “mati suri” selama 11 tahun ini akhirnya ditulis ulang oleh Dee pada akhir 2007, menjadikan Perahu Kertas sebagai novel pertamanya yang bergenre populer. Kecintaan Dee pada format cembung dan komik drama serial telah menginspirasinya untuk menuliskan cerita memikat ini. Perahu Kertas, novel karya Dee yang satu ini berbeda dari novel-novel Dee yang lain. Novel Perahu Kertas lebih mudah dimengerti, karena kata-katanya yang ringan dan sederhana. Merupakan bahasa sehari-hari yang remaja gunakan.

4. Inti/isi resensi

Cerita ini dimulai dengan kisah seseorang yang bernama Keenan. Ia seorang remaja yang baru saja menyelesaikan SMA di Belanda, tepatnya di Amsterdam. Keenan terlahir dengan cita-cita menjadi pelukis. Namun, ia dipaksa pulang ke Indonesia oleh ayahnya. Keluarganya tidak mendukung Keenan menjadi pelukis dan akhirnya Keenan mengalah memutuskan kuliah Fakultas Ekonomi.

Tokoh lainnya yaitu seorang wanita bernama Kugy. Kugy merupakan gadis yang periang dan ceria. Kugy adalah sosok yang sangat menggilai dongeng, sudah sejak kecil ia bercita-cita menjadi penulis dongeng. Ia mempunyai kebiasaan yang tergolong aneh salah satunya yaitu mengirimkan surat untuk Dewa Neptunus yang dilipat dan dihanyutkan ke laut.

Mereka mempunyai dua sahabat, yaitu Noni dan Eko. Noni merupakan sahabat Kugy sejak kecil dan Eko merupakan sepupu dari Keenan. Seiring berjalannya waktu Kugy dan Keenan saling mengagumi secara diam-diam. Namun kondisi menuntut mereka untuk terus diam dan menebak satu sama lain. Tetapi tebakan mereka saling menjadi dikarenakan Kugy sudah memilih pacar yang bernama Joshua atau Ojos. Sementara itu, Keenan hendak dijodohkan dengan Wanda yang merupakan saudara Noni.

Setelah lulus kuliah, Kugy memutuskan kembali ke Jakarta karena hubungan dengan sahabat-sahabatnya mulai memburuk. Ia bekerja di suatu perusahaan menjadi copywriter dan menjalin hubungan dengan atasannya yang bernama Remigius.

Keenan memutuskan tinggal di Bali bersama Pak Wayan yang merupakan sahabat ibunya. Ia mengembangkan bakat dan potensinya dalam melukis di Bali. Lama-kelamaan Keenan mengagumi Luhde Laksmi, Luhde Laksmi adalah keponakan Pak Wayan.

Keenan tidak bisa selamanya tinggal di Bali karena kesehatan ayahnya yang memburuk, Keenan terpaksa kembali ke Jakarta menjalankan perusahaan keluarganya. Pertemuan mereka pun tak terhindarkan. Mereka bertemu dan saling melepas rasa kerinduan yang sudah lama mereka rasakan. Bahkan, keempat sahabat karib ini berkumpul lagi.

5. Keunggulan buku

Dikemas menggunakan gaya bahasa yang ringan, sederhana, tidak berbelit-belit dan sesuai dengan kondisi masyarakat sekarang sehingga novel ini mudah dipahami, dimengerti dan mudah untuk dinikmati oleh pembaca dari berbagai lapisan usia bukan hanya untuk remaja saja. Novel ini sangat menginspirasi untuk tetap semangat dan optimis dalam mengejar mimpi-mimpi kita. Penggambaran tokoh, latar, dan alur yang begitu jelas membuat pembaca berimajinasi dan membayangkan secara nyata apa yang terjadi. Novel ini juga menyatupadukan cinta keluarga, sahabat, dan kekasih menjadikan sebuah hidangan yang ringan sekaligus padat, cerita yang menyayat adalah bumbu hidangan istimewa Perahu Kertas untuk menambah daya tarik pembaca.

6. Kekurangan buku

Dalam novel ini, kurang adanya kejadian yang menegangkan. Terlalu mudah ditebak akhir kisahnya dan terdapat cerita yang monoton sehingga timbul kesan kurang menarik dan membosankan. Penggambaran cerita banyak menggunakan latar tempat yang berbeda, membuat pembaca bingung dalam memahami latar tempat cerita tersebut. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam membaca novel ini.

7.  Penutup

Novel Perahu kertas ini ditujukan untuk semua usia bukan hanya remaja saja, dikarenakan novel ini mengajarkan bahwa kita harus yakin dengan apa yang kita impikan, kita harus mewujudkan semua mimpi-mimpi kita bagaimanapun caranya. Kita juga harus tetap optimis, banyak jalan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita walaupun sulit dan penuh dengan rintangan.

Novel ini bukan hanya cocok untuk remaja tetapi anak-anak juga bisa membacanya. Bukan hanya menceritakan tentang percintaan tetapi tentang persahabatan juga, menceritakan tentang arti persahabatan yang sesungguhnya. Bahwa sahabat sejati tidak akan bisa melihat sahabatnya terluka walaupun dalam masa sulit sekalipun. Sahabat tidak akan ragu untuk meminta maaf jika dirinya telah melakukan kesalahan.

Itulah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/SMK halaman 233 ini memuat materi tentang cara membuat resensi sebuah novel, seperti Perahu Kertas. Semoga bermanfaat.

*) Kunci jawaban hanyalah sebagai referensi belajar, siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dari sumber yang tepercaya.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Kenapa Pusing Setelah Makan Durian? Ini Penyebabnya

IDN Times

Anggota Banser Lamongan Disuntik Vitamin Sebelum Datangi Puncak Peringatan 1 Abad NU di Sidoarjo

TribunMataraman

Oknum Perawat Buat Jari Kelingking Bayi di Palembang Putus, Sudah 18 Tahun Kerja Kini Dinonaktifkan

TribunJakarta

1

Peringatan Dini BMKG 6 Februari 2023, Waspada Angin Kencang Wilayah Majene dan Polman!

TribunSulbar

Kabar Duka, Mantan Sekjen PSSI Nugraha Besoes Meninggal Dunia

Kompas.com

1

Tulis komentar...