Home

5 Tanda Suatu Perusahaan Terancam Bangkrut, Wajib Waspada!

IDN Times | 2 months ago

Jika memilih satu perusahaan untuk bekerja, tentu kamu selalu menginginkan yang terbaik. Hal ini penting karena akan memengaruhi prospek kerjamu ke depannya.

Sayangnya tak semua perusahaan memiliki prospek yang baik karena mereka terancam bangkrut dengan berbagai alasan. Biasanya perusahaan yang terancam bangkrut memiliki beberapa tanda seperti berikut ini. 

1. PHK besar-besaran

Pemutusan hubungan kerja (PHK) menjadi mimpi buruk tersendiri bagi pegawai. Terlebih, kini sering kali perusahaan tidak memberikan jeda waktu yang panjang dalam mengumumkannya. Pegawai yang menjadi korban PHK pun dipaksa bergerak cepat untuk mencari kerja agar bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari. 

Sebetulnya memutuskan kontrak kerja tentu tidaklah disebabkan karena hal yang sederhana. Bisa jadi memang perusahaan sedang berada di ambang kebangkrutan sehingga tidak bisa mempertahankan banyak pegawai lagi.

2. Kebijakan berubah secara drastis

Setiap perusahaan tentu memiliki regulasi tersendiri mengenai suatu hal. Melalui regulasi inilah, nantinya akan turun banyak kebijakan yang perlu ditaati oleh para pegawainya.

Hal ini bisa berbeda apabila suatu perusahaan dilanda masalah hingga kebangkrutan. Kebijakan yang dimiliki pun sering kali berubah sehingga memengaruhi banyak aspek di dalamnya. Sebagai pegawai, kamu wajib mewaspadai perubahan ini. 

3. Perusahaan punya banyak utang

Tak dapat dimungkiri bahwa hutan menjadi satu hal yang secara umum dimiliki oleh banyak perusahaan. Biasanya karena utang jugalah sebuah perusahaan terancam mengalami kebangkrutan.

Hal ini semakin buruk apabila utang tersebut tak sesuai dengan omzet yang diperoleh perusahaan. Dampaknya akan terus menumpuk sehingga menyebabkan kebangkrutan setelahnya.

4. Perubahan manajemen dalam perusahaan

Manajemen dalam perusahaan biasanya memiliki susunan yang sudah sangat rapi. Hal ini tentu dimaksudkan agar segala tujuan dalam manajemen tersebut dapat memberikan hasil yang maksimal.

Sayangnya, apabila suatu perusahaan berada di ambang kebangkrutan, manajemen di dalamnya akan terkena dampak yang buruk. Kamu mungkin akan melihat sistem yang juga turut berubah. 

5. Keterlambatan pembayaran gaji

Gaji merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan dari pegawai. Sebab ini adalah hak pegawai yang harus ditunaikan secara penuh oleh perusahaan.

Sayangnya pembayaran gaji bisa bermasalah apabila perusahaan sedang berada dalam kebangkrutan. Dampaknya, perusahaan kemungkinan akan mengalami masalah dalam membayar gaji pegawainya hingga bahkan menunggak selama beberapa bulan.

Nyatanya, memang ada tanda tersendiri dari perusahaan yang akan mengalami kebangkrutan. Oleh sebab itu, kamu harus peka dengan situasi yang seperti ini. Jika kamu berada di dalam perusahaan demikian, ada baiknya untuk segera mencari pekerjaan yang baru. Sementara sebagai pelamar kerja, kamu harus cermat mencari informasi mengenai calon perusahaanmu. 

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Kenapa Pusing Setelah Makan Durian? Ini Penyebabnya

IDN Times

Tak Pandang Harta, Nikita Mirzani Tetap Terima sang Kekasih meski Bergaji Kecil, Ini Alasannya

Tribunwow

40 Gambar Rumah Adat di Indonesia dari Semua Provinsi Lengkap

99.co

Terbaru! Terjawab Kapan Pengumuman PPPK 2023 Via gurupppk.kemdikbud.go.id, Bukan sscn.bkn.go.id 2022

TribunKaltim

1

Chord Gitar Lagu Dangdut Tanpo Tresnamu oleh Denny Caknan: Mbiyen Seneng Bareng Karo Kowe

Tribunwow

Tulis komentar...