Home

India Open 2023, Cerita Perjuangan 81 Menit Anthony Ginting Libas Wakil China

Kompas.com | 2 weeks ago

 

NEW DELHI, KOMPAS.com - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, harus jatuh bangun selama 81 menit untuk meraih tiket 16 besar India Open 2023.

Lawan Anthony Ginting pada babak pertama India Open 2023 adalah wakil China, Lu Guang Zu, Rabu (18/1/2023) malam WIB.

Anthony Ginting selaku unggulan keenam kali ini harus bermain rubber game setelah takluk 19-21 pada gim pertama.

Salah satu faktor yang membuat Anthony Ginting kehilangan gim pertama dalah terlalu sering melakukan kesalahan sendiri.

Berlanjut ke gim kedua, Anthony Ginting tampak masih belum menemukan skema bermain terbaik dan selalu tertinggal hingga kedudukan 10-11 saat interval.

Setelah jeda, Anthony Ginting secara perlahan mulai berhasil menguasai laga meskipun Lu Guang Zu terus memberikan perlawanan.

Anthony Ginting pada akhirnya sukses memaksa Lu Guang Zu bermain rubber game setelah menyelesaikan gim ketiga dengan kemenangan 21-19.

Pada gim penentuan, tensi pertandingan sempat memanas ketika Lu Guang Zu sukses mencetak empat angka beruntun untuk menyamakan kedudukan 19-19.

Namun, Anthony Ginting tidak panik dan berhasil menghentikan momentum kebangkitan Lu Guang Zu dengan mencetak dua angka beruntun.

Skor akhir gim ketiga pertandingan identik dengan gim kedua, yakni 21-19 untuk kemenangan Anthony Ginting.

Seusai laga, Anthony Ginting mengaku masih belum puas dengan penampilannya karena sering melakukan kesalahan sendiri.

Pebulu tangkis berusia 26 tahun itu menilai salah satu kunci sukses kebangkitan dirinya adalah ketenangan saat menghadapi poin kritis.

"Dalam pertandingan tadi masing-masing pemain sering dapat poin karena lawan dan saya sering mati sendiri," kata Anthony Ginting dikutip dari rilis PBSI.

"Di gim ketiga, saya lebih fokus bagaimana bermain lebih menyerang. Saya mencoba terus menekan," tutur peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu.

"Cuma, saat unggul 19-15, saya malah banyak melakukan kesalahan sendiri. Pukulan saya selalu out. Selain itu serangan saya juga sudah diantisipasi lawan," ujar Anthony Ginting.

"Setelah kedudukan 19-19 di gim ketiga, saya berusaha tetap tenang karena pertandingan belum selesai juga," tutur Anthony Ginting. 

"Kami berdua sebenarnya sama-sama tegang. Meski begitu, saya tetap berinisiatif lebih menyerang dan tekanannya ditingkatkan," ucap pemain kelahiran Cimahi, Jawa Barat, itu.

Kemenangan atas Lu Guang Zu menjadikan Anthony Ginting tunggal putra Indonesia kedua yang lolos ke 16 besar India Open 2023.

Anthony Ginting menyusul Jonatan Christie yang sudah berhasil melangkah ke babak kedua India Open 2023 pada hari pertama turnamen.

Adapun dua tunggal putra Indonesia lainnya, yakni Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo, sudah harus angkat koper pada 32 besar India Open 2023.

Selanjutnya, Anthony Ginting dijadwalka menghadapi wakil Thailand, Kantaphon Wancharoen, pada babak 16 besar India Open 2023.

"Untuk pertandingan babak kedua besok,  saya mau fokus pada diri sendiri. Saya mau revovery dulu, makan yang bagus, dan istirahat cukup agar besok bisa bermain lebih baik lagi," kata Anthony Ginting.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Kenapa Pusing Setelah Makan Durian? Ini Penyebabnya

IDN Times

Cuaca Kota Jayapura Hari Ini: Distrik Abepura sampai Muara Tami Berawan Tebal Pagi Ini

TribunPapua

1

Diperluas 6 Februari, Beli Solar di SPBU Pertamina Wajib QR Code Subsidi Tepat MyPertamina

BangkaPos

Bank Lambat Transmisikan Suku Bunga Acuan, Ekonom: Pertumbuhan Kredit Masih Belum Pulih

Kompas.com

1

7 Fakta Kehidupan Seks Aquarius di Atas Ranjang

POPMAMA.COM

Tulis komentar...