Home

20 Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Bahasa Inggris, Berdasarkan Kategori

POPMAMA.COM | 1 week ago

Selain mendapat pengajaran oleh guru, anak juga dapat mengembangkan hobi mereka di sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Apa itu kegiatan ekstrakurikuler?

Kegiatan ekstrakurikuler adalah wadah pengembangan potensi peserta didik yang dapat memberi dampak positif dalam pendidikan karakter, demikian yang dikutip dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud).

Anak dibebaskan untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler yang mereka sukai atau gemari. Namun, apakah anak mama pernah merasa penasaran dengan Bahasa Inggris dari kegiatan ekstrakurikuler yang mereka pilih?

Kali ini, Popmama.com telah merangkum berbagai kegiatan ekstrakurikuler dalam Bahasa Inggris yang bisa dipelajari oleh anak, dengan contoh percakapannya. Mari belajar bersama!

1. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian dalam Bahasa Inggris

Pexels/cottonbro studio

Seni adalah salah satu jenis hobi yang sering diminati oleh anak sejak dini dan merupakan salah satu kategori ekstrakurikuler populer. Pasalnya, seni menampilkan keindahan dan estetika yang dapat menggerakkan perasaan manusia, tak terkecuali dengan anak.

Kegiatan ekstrakurikuler seni umumnya dilakukan untuk mengembangkan potensi dan bakat anak di bidang kesenian. Kegiatan yang dilakukan, antara lain mengikuti perlombaan, latihan untuk tampil di panggung, dan membuat pameran sendiri.

Berikut kegiatan ekstrakurikuler kesenian dalam Bahasa Inggris:

  1. Band ClubKlub Band
  2. ChoirPaduan suara
  3. Dancing: Menari
  4. PaintingMelukis
  5. Theater ClubKlub Teater

2. Kegiatan ekstrakurikuler olahraga dalam Bahasa Inggris

Pexels/Kampus Production

Selain kesenian, olahraga pun juga dikenal sebagai hobi yang umumnya digemari oleh anak. Terutama anak laki-laki yang sering diajak menonton pertandingan olahraga atau diajarkan Papa bermacam-macam olahraga.

Sama seperti kesenian, ekstrakurikuler olahraga pun dilakukan untuk mengembangkan potensi atau bakat anak dalam bidang non-akademik olahraga. Biasanya dilakukan dengan melakukan pertandingan atau berlatih di lapangan.

Berikut kegiatan ekstrakurikuler olahraga dalam Bahasa Inggris:

  1. BasketballBola basket
  2. Martial ArtsSeni bela diri
  3. SoccerSepak bola/futsal
  4. SwimmingBerenang
  5. VolleyballBola voli

3. Kegiatan ekstrakurikuler akademik dalam Bahasa Inggris

Pexels/RODNAE Productions

Selain kegiatan ekstrakurikuler non-akademik, ada juga kegiatan ekstrakurikuler akademik yang biasanya berupa mata pelajaran di kelas. Bedanya, di kegiatan ini anak akan mempelajari bidang akademik tersebut secara lebih mendalam.

Karena ditujukan sebagai pengembangan potensi, kegiatan ekstrakurikuler akademik pun dapat membuat si Anak mengikuti perlombaan sesuai bidang masing-masing. Bahkan, anak juga bisa mengikuti olimpiade lho, Ma.

Berikut kegiatan ekstrakurikuler akademik dalam Bahasa Inggris:

  1. English ClubKlub Bahasa Inggris
  2. History ClubKlub sejarah
  3. Literature ClubKlub sastra
  4. Math ClubKlub matematika
  5. Science ClubKlub sains

4. Kegiatan ekstrakurikuler minat khusus dalam Bahasa Inggris

Pexels/Вячеслав Ткачёв

Jika anak memiliki minat di bidang yang umumnya jarang ditemui secara akademik maupun non-akademik, beberapa sekolah pun menyediakan ekstrakurikulernya.

Biasanya ekstrakurikuler ini berupa hobi yang tidak biasa atau cita-cita anak yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang tentunya juga unik. Di sini potensi anak dikembangkan entah melalui lomba, membuat usaha atau media sendiri, dan lainnya.

Berikut kegiatan ekstrakurikuler minat khusus dalam Bahasa Inggris:

  1. Chess ClubKlub catur
  2. Entrepreneurship ClubKlub kewiraswastaan
  3. JournalismJurnalistik
  4. PhotographyFotografi
  5. ScoutPramuka

5. Contoh kalimat tentang ekstrakurikuler dalam Bahasa Inggris

Pexels/MART PRODUCTION

Setelah mengetahui kosakata kegiatan ekstrakurikuler dalam Bahasa Inggris, kini saatnya kita memakai kata-kata tersebut dalam percakapan sehari-hari. Bagaimana caranya?

Saat membuat kalimat tentang ekstrakurikuler, ada rumus yang dapat digunakan, yaitu:

Subject + verb 1 + name of extracurricular + adverb of time or place

Berikut contoh kalimat untuk memperjelas pemahaman anak.

  1. They do choir every Thursday afternoon(Mereka melakukan paduan suara setiap Kamis sore.)
  2. He practices soccer with his team at the school field(Dia berlatih sepak bola dengan anggota timnya di lapangan sekolah.)
  3. She swims at the Swimming Club every Monday(Dia berenang di Klub Renang setiap hari Senin.)

Itulah kegiatan ekstrakurikuler dalam Bahasa Inggris yang dapat dipelajari. Adakah ekstrakurikuler anak mama dalam daftar?

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Tulis komentar...