Home

Ridwan Kamil Minta Maaf Usai Dihajar Netizen Karena Ketahuan Bohong

TribunPekanBaru | 2 months ago

TRIBUNPEKANBARU.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menjadi sorotan publik. Usai memicu perpecahan masyarakat sunda karena kata 'maneh', pria yang akrab disapa Emil itu ketahuan bohong. 

Emil ketahuan bohong telah menggunakan foto milik orang lain dalam postingannya soal perbaikan 71 ruas jalan di Jawa Barat dalam akun media sosialnya, @ridwankamil peda beberapa hari lalu.

Dirinya mengaku bersalah telah menggunakan potret milik orang lain yang sebelumnya diterbitkan tahun 2014 dan 2015.

Selain meminta maaf, Ridwan Kamil juga mengunggah video proses perbaikan jalan.

Tak ingin dicap pembohong, Emil menegaskan video itu adalah proses perbaikan jalan yang semestinya.

"Mohon maaf atas penggunaan foto perbaikan jalan kemarin, ada kesalahan dalam penggunaan foto sebagai illustrasi tanpa mencantumkan sumber. Berikut adalah video proses perbaikan jalan yang semestinya," kata Ridwan Kamil di akun Twitternya, Kamis (23/3/2023).

Permintaan maaf Ridwan Kami ini, pun ditanggapi negatif masyarakat. 

Masyarakat malah tidak percaya dengan video yang diunggah Emil dan menyebut video tersebut palsu.  

Berikut sejumlah tanggapan warganet atas permintaan maaf Ridwan Kamil.

"Wkwkwkwkwk...malu nggak sih malu laaaah...sekelas Gub kok bisa asal comot foto...," kata akun @SayurLodehBTW2.

"Punten pak jalanan ini juga ikut diperbaiki tidak ya," kata @onedayafterXmas sambil menautkan foto jalanan rusak.

"Mohon kiranya jalan dari mulai desa Mandalajaya, kutaraja, maleber, karangtengah, dukuhtengah, buniasih, cinagara, cineumbeuy sampe desa lebakwangi di Kabupaten Kuningan untuk segera diperbaiki. Karena rusak sudah lama, terkesan dibiarkan tidak diperbaiki," ujar @ZeniAguz.

"kab bogor pak coba itu jalan dari jembatan wika sampe cileungsi kacau itu jalanan udah ga layak di lewatin apalagi pake motor," cuit @Gemparajaa sembari menautkan foto jalanan yang rusak parah.

"Dimaafkan baginda yang muliaaa," sindir @mhmmdradityo

"NAHA PADUKA MAHARAJA JAWA BARAT, DI INSTAGRAM MAH NGAN SAUKUR GANTI CAPTION XIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXI," timpal akun @gapernahlucu.

"ada pepatah bilang: "Sekali lancung ujian, seumur hidup orang ngga akan percaya"...," ujar akun @bfitrikananda.

"Sekelas pejabat publik yg mengerti perkembangan teknologi dan pemakaian media sosial pun, masih seperti ini yaah," kata akun @RikoMaulanaHid1.

Foto Palsu

Seperti diketahui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menjadi perhatian warganet usai mengumumkan akan mengaspal 71 ruas jalan rusak di Jawa Barat.

Sejumlah warganet menyoroti foto yang diunggah Ridwan Kamil menyertai penjelasannya soal rencana perbaikan jalan.

Foto tersebut, disebut merupakan proyek pengaspalan beberapa tahun lalu.

 "Mau tanya yg terhormat pak @ridwankamil apakah tidak ada foto pengaspalan terbaru dari pemprov Jabar sendiri, sehingga foto tahun 2019 milik orang lain digunakan untuk bahan postingan? Punten, ini serius tanya lho. Mohon dimaafkan," tulis akun @narkosun mempertanyakan foto unggahan Ridwan Kamil.

@narkosun juga menyertakan bukti berupa gambar pembanding bahwa foto itu pernah diunggah oleh sebuah akun beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ridwan Kamil Buka Suara setelah Dijuluki Netizen sebagai Baginda, Yang Mulia, Lord hingga Maharaja

Ia kemudian menemukan bukti lain bahwa foto itu sudah diunggah lebih lama lagi, yakni di tahun 2014 dan 2015.

Selain itu, warganet lain juga mempertanyakan alasan Ridwan Kamil menggunakan foto yang diduga pernah diunggah sejumlah portal berita.

"Punten paduka yang mulia baginda @ridwankamil ... Ieu teh nyomot fotona tos izin kitu ? ... Punten ah mung naros Paduka Baginda," tulis @aldhiraaa

"Pak udahh yaa hati hatii, publik udah smart, jadi ga gampang diboonhin. Sekarang ada teknologi namanya Google Lens Atau bapak yang ketipu laporan anak buahnya? Kalo iya, next coba belajar pake Google Lens yaa pak," tulis @Randavrian

"Baginda Ridwan Kamil.. alangkah lebih baik.. foto yang digunakan ( foto pertama) kejadian riilnya .. foto sekarang..Foto pertama sudah lama ada .. salah satunya terekam oleh google tahun 2018.. yg diberitalan oleh NusaBali dot co," tulis @KWijono

Berdasarkan hasil penelusuran, salah gambar tersebut memang sudah pernah diunggah oleh salah satu portal milik pemkab pati.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Kena Skak Ketahuan Bohong, Ridwan Kamil Akhirnya Minta Maaf, Masyarakat Jadi Makin Tak Percaya.

Lihat Sumber

  • 8

  • 0

Rekomendasi Artikel

Ada Makanan yang Harus Dihindari Penderita Panu, Kok Bisa?

Kompas.com

Gempa Terkini Guncang Labuha Maluku Utara Pada Sabtu Pagi, Berikut Info Dari BMKG

TribunCirebon

Kronologi Pantat Bocah Tertancap Pagar Besi Selama 20 Menit Sebelum Akhirnya Diselamatkan

Kompas.com

5

5 Zodiak Beruntung 9 Juni 2023, Pisces Bisa Taklukkan Rintangan

IDN Times

HUT ke-730 Surabaya, Ada Pameran Seni Rupa Bertajuk Batas Luar sampai Tanggal 11 Juni 2023

TribunTravel

Top Comment

  • Jakarta_No.9397535

  • 2 months ago

101

0

🤥😬🙃😏🥴

  • Ac Suardi

  • 2 months ago

73

0

ooobooong

  • Jakarta_No.12149880

  • 2 months ago

62

0

No komen

  • WapresTallnut

  • 2 months ago

59

0

waduh

  • X-SaN™

  • 2 months ago

58

0

terserah

view more >>

Tulis komentar...