Home

Cara Mengatasi Virus Malware, Amankan dan Lindungi Data Pribadi Anda

Harapanrakyat | 1 week ago

>

Ilustrasi Cara Mengatasi Virus Malware. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi virus malware adalah hal penting untuk Anda ketahui demi terjaganya keamanan data pribadi. Malware atau malicious software merupakan program komputer bertujuan untuk mencuri data atau merusak sistem komputer, laptop, atau server, tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Baca juga: Kesuksesan Anti Virus McAfee, Tak Seindah Hidup Penciptanya

Hanya orang-orang yang telah fasih dalam hal perangkat lunak saja yang dapat menciptakan virus malware ini. Kendati demikian, sekarang ini telah banyak aplikasi yang dapat menciptakan malware.

Umumnya, banyak oknum peretas yang menyusupkan malware ke dalam jaringan internet. Cara manual seperti memasukkan secara langsung ke komputer korban akan sangat sulit bagi sang peretas.

Pencurian data bisa berupa data kartu kredit, email dan password pribadi, data pribadi, data kesehatan, hingga mata uang kripto dan lainnya. Namun terkadang malware ada yang berguna untuk menguji keamanan suatu perangkat bahkan bisa juga menjadi senjata perang pemerintah.

Cara Mengatasi Virus Malware di Berbagai Perangkat

Kemampuan malware dalam menghapus, menyembunyikan, hingga melakukan pencurian akan sangat membahayakan bagi pemilik data. Apalagi virus ini juga dapat menghabiskan daya dan bandwidth laptop / PC Anda.

Baca juga: Cara Mematikan Antivirus McAfee, Mampu Tingkatkan Kinerja Smartphone

Malware bisa menyerang siapapun, baik perorangan maupun lembaga pemerintahan, bisa perusahaan kecil atau besar. Sebelum membahas cara mengatasi virus malware ini, ada baiknya apabila Anda paham terlebih dahulu mengenai jenis-jenis virus malware.

Jenis-Jenis Virus Malware

Untuk bisa mengatasi virus malware, perlu terlebih dahulu mengetahui tipe, spesifikasi, dan behavior virus malware. Di bawah ini adalah jenis malware yang harus Anda tahu:

1. Malware yang menginfeksi komputer. Ada dua jenis yakni virus dan worm. Virus merupakan software berbahaya yang hinggap di dokumen atau file.

Virus kegunaannya untuk mengganggu operasi sistem sehingga terjadi masalah operasional seperti kehilangan data dan sebagainya. Namun, virus ini hanya bagian kecil dari program malware.

Sedangkan worm bisa meretas data dengan menggandakan dirinya lalu menyebar mandiri ke perangkat lain. Hal inilah yang menjadikan worm sangat merusak perangkat, worm bekerja tanpa mengenal aktivasi dan bantuan tangan manusia apapun.

2. Malware yang bertujuan untuk mengintai sekaligus mencuri data. Contohnya yaitu spyware. Peretas biasanya dimasukkan terlebih dahulu spyware ini ke dalam perangkat secara eksplisit.

Kemudian akan mencatat segala aktivitas perangkat, mulai dari data pribadi hingga hal detail. Seperti password, nomor kartu kredit, bahkan sampai kebiasaan berselancar.

Memang, perancangan spyware ini guna mengumpulkan data lalu mengirimkannya ke pihak ketiga tanpa persetujuan pemiliknya.

3. Malware yang menyerang secara tersembunyi, seperti trojan. Jenis virus malware ketiga ini merupakan malware yang tingkat bahayanya paling tinggi dan perlu ekstra dalam mengatasinya.

Kinerja trojan yaitu menyamar menjadi program biasa, namun ada unsur jahat di dalamnya. Ia akan mencuri data penting dalam perangkat, bisa berupa transaksi, password atau lainnya.

Baca juga: Cara Kerja Virus Komputer Menyerang Sistem

Penyebaranya sangat sulit terprediksi karena umumnya bersembunyi di balik kode program. Pengguna pun tidak akan menyadari bahwa program yang sedang ia jalankan adalah Trojan yang telah siaga menyebarkan dirinya dalam wujud executable file.

Cara Mengatasi Virus Malware di Laptop dan PC

Beberapa langkah di bawah ini bisa Anda terapkan sebagai cara mengatasi virus malware yang menyerang laptop atau PC Anda.

1. Punya Backup

Langkah pertama, pastikan terlebih dahulu Anda telah mempunyai backup. Sediakan backup data di cloud sebagai antisipasi jika terhantam malware data Anda tetap dalam penjagaan.

2. Putus Jaringan Internet

Segera putus koneksi internet apabila Anda mulai curiga malware mulai menyerang. Selain karena bisa menjadi akses masuk malware, hal ini juga untuk upaya menghindari transmisi data ke pihak lain.

3. Jalankan Safe Mode

Cara mengatasi virus malware yang satu ini bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah, pertama restart PC atau laptop Anda. Kemudian tekan tombol F8 pada keyboard. Anda tinggal pilih safe mode tanpa jaringan internet.

4. Hapus Temporary Files

Proses scanning akan selesai lebih cepat apabila Anda menghapus temporary files terlebih dahulu. Selain itu, menghapus temporary files ini juga akan meringankan disk space dan menghilangkan beberapa file malware.

5. Scan Perangkat dengan Anti Malware

Apabila Anda telah memasang software anti virus atau anti malware, segera scan keseluruhan perangkat. Tunggu sampai selesai proses scanning sehingga dengan otomatis akan menghapus malware.

6. Dengan Windows Defender

Selain anti malware, Anda bisa menggunakan Windows Defender bawaan Windows dalam mengatasi virus malware. Caranya, buka Settings > Update & Security > Windows Defender. Kemudian, klik Open windows Defender Security Center > Virus & Threat protection > Advanced Scan.

7. Hapus Program Tidak Dikenal

Setelah langkah 6 selesai, bisa menghapus program yang mencurigakan di dalam perangkat Anda. Untuk melihatnya, buka File Explorer kemudian pilih This PC > Computer > uninstall or change program.

Anda juga bisa mengeceknya melalui Windows Settings > Apps. Segera uninstall jika terdapat program yang tidak Anda kenal.

8. Reset Browser

Langkah terakhir cara mengatasi virus malware yaitu dengan melakukan reset browser. Sebab kerap malware ini datang dari unduhan browser.

Ada banyak cara untuk menghilangkan malware di browser ini. Kali ini akan membahas tiga jenis browser, yakni Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge.

Cara Mengatasi Virus Malware di Google Chrome

Ikuti cara menghapus virus malware di Google Chrome berikut ini:

1. Buka Aplikasi Google Chrome.

2. Klik simbol titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih Settings (setelan).

3. Scroll ke bagian bawah ketuk Advanced (Lanjutan).

4. Scroll lagi ke bawah hingga menemukan opsi Clean up Computer (Bersihkan komputer), kemudian klik.

5. Langkah selanjutnya, klik menu Find (Temukan).

6. Google Chrome akan mendeteksi software yang berbahaya di keseluruhan komputer dan laptop. Tunggu hingga proses scanning berakhir.

7. Langsung klik remove untuk menghapus apabila menemukan software berbahaya. Biasanya setelah selesai, Anda akan diminta untuk restart ulang PC atau laptop Anda.

Anda bisa melakukan reset browser kembali pada pengaturan default. Hal itu apabila setelah mengatasi dengan cara tersebut Anda belum yakin virus malware hilang. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Google Chrome

2. Ketuk pada menu settings (setelan)

3. Scroll hingga halaman paling bawah. Pilih tab Advanced.

4. Selanjutnya scroll lagi hingga menemukan menu Reset anda Clean up.

5. Pilih Restore settings to their original default, terakhir Anda bisa pilih Reset Settings.

Cara Menghilangkan Virus Malware di Mozilla Firefox

Di bawah ini kami sajikan beberapa cara menghilangkan dan mengatasi virus malware di Mozilla Firefox:

1. Buka aplikasi Mozilla Firefox di PC maupun laptop Anda.

2. Klik pada menu Help (Bantuan).

3. Kemudian Anda pilih dan klik menu Troubleshooting Information dan Klik pada tab refresh Firefox.

5. Ulangi lagi mengklik menu refresh Firefox di jendela konfirmasi.

6. Terakhir, silahkan tunggu beberapa saat lalu baru klik finish.

Cara Mengatasi Virus Malware di Microsoft Edge

Berikut ini merupakan panduan menghilangkan virus malware di Microsoft Edge, apabila Anda menemukan kecurigaan mengenai datangnya malware:

1. Pergi ke tombol Start pada taskbar PC atau laptop Anda.

2. Pilih dan klik menu Apps and Features.

3. Cari dan temukan Microsoft Edge kemudian pilih tab Advanced options.

4. Langkah terakhir, klik tombol reset. Selesai.

Bagaimanakah Tanda PC/Laptop Terserang Virus Malware?

Setelah Anda tahu cara mengatasi virus malware, Anda juga harus tahu tanda-tanda bagaimana suatu laptop atau PC terpapar malware. Kali ini, sudah kami rangkumnya beberapa tanda yang kerap terjadi ketika malware mulai menyerang.

Dengan demikian, Anda dapat segera melakukan upaya mengamankan perangkat atau tindakan lainnya. Simak pembahasan berikut.

1. Popup Mencurigakan Kerap Muncul

Ini merupakan tanda yang sangat jelas apabila sebuah perangkat sedang terserang virus malware. Umumnya iklan popup ini mengarahkan ke website yang mengundang bahaya.

2. Kerap Mengalami Redirect

Hal ini merupakan salah satu tujuan terciptanya malware, yakni mengarahkan korban untuk membuka website sesuai keinginan oknum peretas. Perlu Anda waspadai apabila menemukan redirect yang mencurigakan.

Terkadang pelaku juga bisa saja mengarahkan korban menuju website yang mirip dengan website asli yang ingin korban buka.

3. Notifikasi Bahaya Kerap Muncul

Membuat parno alias ketakutan sang korban juga merupakan salah satu dari modus pelaku. Jangan mudah percaya apabila mendadak Anda mendapat notifikasi komputer/laptop Anda terjangkit virus.

Kroscek terlebih dahulu website asal notifikasi tersebut. Pelaku akan mengirimkan notifikasi yang bombastis sehingga korban dengan cepat menginstal software apapun yang telah tersedia. Tindakan antipasi ini merupakan cara terbaik dalam mengatasi virus malware masuk ke perangkat Anda.

4. Postingan Misterius Muncul di Media Sosial

Indikasi lain yang mengatakan perangkat Anda terserang malware adalah media sosial. Waspadai segera apabila dengan tiba-tiba akun medsos Anda memposting sesuatu tanpa sepengetahuan Anda.

Hal tersebut memungkinkan bahwa perangkat Anda bisa saja sudah terkena retas. Langsung lakukan scanning jika demikian.

5. Ancaman Mulai Mendatangi

Umumnya pelaku bisa sampai meminta tebusan pada korban. Bahkan jika permintaanya tidak terkabulkan, pelaku akan mengancam dengan mengancam seperti akan menghapus data atau menyebarkan data sensitif korban.

6. Tools Default Sistem Tidak Berfungsi

Indikasi terakhir tools default sistem seperti Task Manager atau Registry Editor tidak berfungsi. Malfungsi ini merupakan tanda self-defense dari virus malware, Anda harus siap siaga tindakan.

Upaya Menghindari Virus Malware

Mengetahui tanda-tanda perangkat terserang malware merupakan sekaligus tahu bagaimana cara mengatasi virus malware merupakan hal yang penting. Namun tahu upaya agar tidak terserang malware juga tak kalah penting. Simak tips-tips di bawah ini.

1. Rutin Update OS

Versi terbaru OS bisa menghindarkan Anda dari terserangnya virus malware. Meski kesannya remeh, menggunakan OS terbaru dengan perbaikan versi-versi sebelumnya akan ada pembaharuan pula dari segi keamanan.

2. Scan PC/Laptop Secara Berkala

Karena virus malware bisa menyusup kapan saja, Anda bisa mengatasinya dengan mengecek keadaan perangkat Anda secara berkala. Lakukan scanning sesegera mungkin apabila ada yang mencurigakan.

3. Hindari Penggunaan WiFi Tanpa Password Gratis

Layanan yang kerap Anda temukan di area umum ini memang menggiurkan. Namun Anda perlu tahu resiko setelahnya.

Sebaiknya apabila tidak darurat jangan menggunakan WiFi gratis yang tak berpassword. Jika pun harus menggunakan, pastikan Anda tidak membuka akun pribadi seperti email, mobile banking dsb.

4. Rutin Backup File

Mempersiapkan backup bisa menjadi salah satu bentuk antisipasi dalam mengatasi hal-hal di luar dugaan seperti serangan virus malware ini. Dengan rutin membackup file Anda sudah meminimalisir kerugian yang Anda alami nantinya.

5. Perumit Password

Password sebagai lapisan keamanan yang utama, sehingga Anda bisa menggunakan password yang rumit di semua akun dan perangkat Anda. Usahakan tidak memakai password sama untuk semua akun dan perangkat.

Baca juga: Malware Pencuri Cookie Mengancam Peretasan Akun

Karena hal itu hanya akan mempermudah hacker menembus portal perangkat dan akun milik Anda.

Demikianlah cara mengatasi virus malware yang bisa Anda terapkan di keseharian. Jangan sampai Anda menjadi korban selanjutnya atas tindak kejahatan dunia maya yang kian merajalela. (R10/HR-Online)

Lihat Sumber

  • 25

  • 0

Rekomendasi Artikel

Cara Pinjol Ilegal Tagih Utang: Sebut Nasabah Bandar Narkoba Hingga Sebar Foto Syur

Merdeka

9

Raih Medali Emas, Ratu Kupu-kupu China Catatkan Rekor Olimpiade Renang 200m

IndozoneID

2

Terkait Situasi Pjanic, Barcelona Coba Yakinkan Tim Peminat

Vivagoal

4

Olimpiade Tokyo 2020: Kepak Sayap Kevin Sanjaya / Marcus Gideon Rontok di Tangan Malaysia

Merdeka

4

Andalkan Sistem Pelacakan GPS, Pemprov DKI Jakarta Gandeng Fox Logger

Merdeka

1

Top Comment

  • Anmee

  • 1 week ago

77

0

makasih

  • Jakarta_No.9841559

  • 3 days ago

siang

  • budi irawan

  • 1 week ago

55

0

makasih atas infonya

  • Aldoss

  • 5 days ago

Malware atau malicious software merupakan program komputer bertujuan untuk mencuri data atau merusak sistem komputer, laptop, atau server, tanpa sepengetahuan pemiliknya.

  • ɪɴsᴀɴ ʙɪᴀsᴀ

  • 1 week ago

41

0

ok trims

  • sakuri

  • 4 days ago

29

0

bahasa sekali

  • ่่่่่

  • 3 days ago

23

0

tulisan yg menarik & sangat bermanfaat 😁😅

view more >>

Tulis komentar...