Home

Hibur Kesayangan di Rumah, Ini Manfaat Tertawa Bagi Perkembangan Bayi

Okemom.com | 1 week ago

OKEMOM – Tanpa disadari, tertawa memiliki manfaat bagi perkembangan bayi. Walaupun sederhana, tetapi humor berperan penting dalam kehidupan sosialnya di masa mendatang.

Selain bagi diri sendiri, gelak tawa kesayangan juga dapat memengaruhi suasana rumah. Perasaan orang di sekitar jadi lebih berwarna karena mendengar suara tersebut.

Mom tak perlu bingung, lakukan saja hal sederhana. Seperti membuat ekspresi lucu hingga menyobek kertas. Meskipun belum paham betul, tetapi Ia bisa rasakan dan menirunya. Yuk, lakukan secara rutin.

1. Mengurangi kecemasan

Source: Canva.com

Tak sedikit yang menganggap, kalau bayi tidak mungkin, mengalami masalah kesehatan mental. Nyatanya, si kecil juga bisa alami kecemasan dan stress, terlebih saat kumpul keluarga.

Si kecil harus mengenali banyak wajah asing baginya. Padahal, bayi memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan orang dan lingkungan sekitar.

Hal ini menimbulkan perasaan takut. Selain wajah orang, suara keras yang berulang dan hawa panas, dapat menyebabkan kecemasan. Bahkan membuatnya rewel dan tidak nyaman seharian.

Oleh karena itu, hibur dengan candaan sederhana agar mengembalikan suasana hatinya. Tak hanya itu, tertawa membantu meningkatkan kualitas tidur si kecil jadi lebih pulas.

2. Meningkatkan imunitas

Source: Canva.com

Setiap orang tua ingin buah hatinya sehat. Namun, kekebalan tubuh yang belum berfungsi optimal, membuat kesayangan rentan terkena penyakit.

Selain asupan harian, humor juga bantu jaga imunitas tubuh. Melansir dari berbagai sumber, tertawa mampu tingkatkan sel darah putih. Sehingga mengurangi risiko terkena penyakit.

Saat tertawa, otak juga mengeluarkan endorfin yang mampu mengurangi stres. Jika pikiran dalam kondisi baik, maka meminimalisir terserang penyakit.

Menurut Little Cedars, tetawa membantu jaga tekanan darah, kadar gula stabil dan melancarkan sirkulasi serta jantung.

3. Bisa jadi ajang olahraga

Source: Canva.com

Pernahkah Mom merasa lelah saat tertawa. Merasakan pegal di area pipi dan perut akibat gelak tawa semakin memuncak. Sama seperti orang dewasa, bayi pun turut merasakan sensasi tersebut.

Ketika seseorang tertawa, perut menekan beberapa bagian dalam, seperti limpa, pankreas, hati hingga ginjal. Akibatnya, bisa meningkatkan fungsi kerja organ tersebut.

Gelak tawa menyebabkan perut mengeluarkan getaran seperti memijat. Jika sering dilakukan aliran darah dan usus dapat bekerja optimal. Selain verbal, candaan juga bisa berupa kontak fisik, misal menggelitik.

4. Mengisi ulang energi tubuh

Source: Canva.com

Siapa sangka, tertawa bantu mengembalikan energi. Ketika tertawa, seseorang cenderung menarik napas. Pertukaran oksigen yang berjalan baik, memberikan efek tenang serta bertenaga.

Hormon endorfin yang keluar, membuat perasaan si kecil bahagia. Begitupula saat melihat wajah kedua orang tuanya yang berseri.

Jika orang tua saling membuat candaan, ikatan antara anggota keluarga juga semakin meningkat. Di samping itu, tertawa dapat menjadi solusi, mengibur kesayangan saat marah atau menangis.

5. Melatih kepercayaan diri

Source: Canva.com

Salah satu sifat yang ingin dimiliki saat dewasa yaitu percaya diri tinggi. Namun tak semuanya mampu dapatkan sifat tersebut. Sadarkah Mom, kalau orang humoris lebih percaya diri dari pada yang serius.

Hal ini membuktikan, kalau humor dan tertawa, berdampak pada penerimaan sehingga lebih percaya diri. Energi yang terisi kembali dan perasaan senang, meningkatkan kepercayaan diri bayi.

Itulah manfaat tertawa bagi perkembangan bayi, jangan sampai terlewatkan ya Mom. Luangkan waktu untuk hibur si kecil di rumah.

 

Lihat Sumber

  • 6

  • 0

Top Comment

  • Bcx Maulana

  • 1 week ago

80

0

......

  • Jakarta_No.10563559

  • 1 week ago

gghh

  • Diki Kidal

  • 6 days ago

56

0

🤗🤗

  • Sigit Git

  • 6 days ago

11

0

luculucu

Tulis komentar...