Home

4 Manfaat Buah Kaktus yang Jarang Diketahui, Ampuh Atasi Masalah Jerawat Lho!

Herstory.co.id | 1 week ago

HerStory, Jakarta —

Kaktus memang berduri, tetapi mengandung banyak manfaat di dalamnya. Begitu pun dengan buahnya. Bisa dibilang, mayaroritas orang Indonesia belum mengenal betul apa itu buah Kkatus.

Buah kaktus memiliki bahasa latin yang disebut opuntia coccinellifera fruit. Buah merah menggemaskan itu terbukti memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit lho!

Jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di wilayah gurun ini, apabila diekstraksi atau diambil bahan aktifnya, mengandung segudang manfaat untuk perawatan kulit.

Manfaat ekstrak buah kaktus berfungsi sebagai antiaging, menghidrasi, antimicroba, detoks, hingga meredakan jerawat. Salah satu ekstrak buah kaktus yang paling sering digunakan untuk skincare adalah jenis opuntia coccinellifera fruit extract.

Ini karena, opuntia coccinellifera fruit extract dikenal sebagai tanaman yang telah hidup 100 tahun, sudah teruji klinis dan efektif untuk mengatasi masalah kesehatan, dijadikan bahan makanan, hingga masalah kulit wajah.

Ekstra buah kaktus memiliki kandungan yang lebih kaya akan vitamin C dan ekstra melembapkan. Dikarenakan kaktus hidup di area padang pasir yang kering dan gersang sehingga tanamannya kaya akan komponen untuk menghidrasi atau melembapkan.

Berikut ini, empat manfaat ekstrak buah kaktus untuk kulit, mengutip siaran pers AYSI Skincare yang diterima Suara.com, Kamis (9/9/2021).

Menghidrasi dan melembapkan kulit

Kulit rentan mengalami dehidrasi jika kelembapannya tidak terjaga. Menurut dermatologist dr. Ruri Pamela, SpKK, senyawa yang ada dalam opuntia coccinellifera fruit extract atau ekstrak buah kaktus mampu membuat kulit tampak lebih lembab dan kenyal.

Sehingga singkatnya ekstak buah kaktus sangat cocok digunakan untuk karakter kulit kering.

Meredakan Jerawat

Ekstrak buah kaktus juga ampuh untuk meredakan jerawat dan kemerahan atau blemish.

“Berkat kandungan antiinflamasi, ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan jerawat sekitar 7 hingga 10 hari,” kata dr. Ruri.

Antiaging atau antipenuaan

Ekstrak buah kaktus mengandung vitamin E dan asam lemak baik yang dibutuhkan sebagai bagian dari stratum corneum atau lapisan kulit atas.

Hasilnya kandungan ini memperkuat barrier kulit dari pengaruh lingkungan dan membantu menyehatkan kulit, serta menghambat proses aging meski manfaat antioksidan di dalamnya kadang tidak terasa perubahannya.

Antiinflamasi atau peradangan

Inflamasi peradangan akibat jerawat jadi masalah umum yang sering dialami, namun kandungan antiinflamasi dalam ekstrak buah kaktus bisa menenangkan kulit, sehingga bekas jerawat lebih mudah hilang.

Namun, bagi pemilik kulit hipersensitif perlu berhati-hati dalam menggunakan skincare mengandung ekstrak buah kaktus. Sebab, dapat menyebabkan alergi akibat komponen dalam kaktus.

“Kulit yang cenderung hipersensitif dan mudah alergi, akan berisiko muncul ruam kemerahan, disertai rasa gatal setelah pemakaian beberapa hari,” kata dr. Ruri.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Rencana Pernikahan Berakhir Batal, Jessica Iskandar Ungkap Sifat Richard Kyle yang Buatnya Lelah

Wiken

8

Bikin Stres Aurel Hermansyah hingga Harus Bolak-balik ke Psikiater, Atta Halilintar Geram pada Savas dan Singgung Video Aib Masa Lalu

Wiken

Keluarga Bocorkan Rencana Pernikahan Ria Ricis, Sebut Adat Aceh dan Palembang

Parapuan

11

Kronologi Penembakan Ali Kalora, Dari Informasi Intelijen Hingga Eksekusi

IndozoneID

Gak Cuma Tajir, Ayu Ting Ting Bocorkan Kriteria Calon Suami yang Disayang Ayah Rozak

Herstory.co.id

13

Tulis komentar...