Home

Bupati Bandung Wajibkan Warga & Pelajar Pakai Bahasa Sunda Setiap Rabu

IndozoneID | 2 days ago

INDOZONE.ID - Setiap hari Rabu, Bupati Bandung Dadang Supriatna mewajibkan warganya hingga pelajar di sekolah untuk berkomunikasi dengan Bahasa Sunda.

"Kita sudah ada muatan lokal di sekolah untuk Bahasa dan budaya Sunda. Mulai hari ini, 13 Oktober, saya wajibkan warga Kabupaten Bandung, khususnya anak-anak kita mulai tingkat TK hingga SMP, untuk berbahasa Sunda setiap hari Rabu," kata Dadang, dikutip dari Antara.

Dadang menilai, upaya tersebut dilakukan untuk mempertahankan Bahasa Sunda di tengah perkembangan zaman. Kebijakan itu akan terus ditindaklanjuti secara serius dengan menerbitkan regulasi terkait pelestarian Budaya Sunda dalam berbagai aspeknya.

"Nanti kita akan tindaklanjuti dengan penerbitan perbup (peraturan bupati)," ujarnya.

Dalam hal itu, ia juga mengundang sekitar 80 seniman dan budayawan. Ia mengaku membutuhkan aspirasi berupa harapan dan keinginan seniman dan budayawan Kabupaten Bandung dalam kondisi COVID-19.

Langkah tersebut nantinya akan bermuara pada program kegiatan dalam upaya mempertahankan Budaya Sunda dan untuk keberlangsungan hidup para seniman dan budayawan.

Ia menilai, para seniman dan budayawan memiliki pemahaman yang lebih tentang Bahasa Sunda. Nantinya nilai-nilai tersebut dapat dituangkan dalam pelajaran sekolah.

"Karena kita punya muatan lokal bahasa dan budaya Sunda, ada masukan, saran dan pendapat dari seniman dan budayawan. Mereka lebih paham Bahasa Sunda," pungkasnya.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Jabar Jadi Juara Umum PON Papua, Ridwan Kamil Siapkan Bonus Ratusan Juta

IndozoneID

Unik, Pria 72 Tahun Ini Bangung Rumah Berputar Tahan Gempa untuk Istrinya

IndozoneID

1

Superman Jadi Nama Paling Banyak Digunakan untuk Dibuat Paswoord, Kamu Salah Satunya?

IndozoneID

Jadwal Liga Inggris Hari Ini: Leicester vs Manchester United hingga Brentford vs Chelsea

IndozoneID

Pesta Adat Bakar Batu Tim Sepak Bola Putri Papua, Ini Foto-fotonya

IndozoneID

Tulis komentar...