Home

8 Manfaat Buah Cherry untuk Ibu Hamil, Jarang Diketahui

POPMAMA.COM | yesterday

Mengonsumsi berbagai macam buah memang sangat disarankan untuk dilakukan selama masa kehamilan. Selain bisa menjadi camilan sehat, buah juga membantu kesehatan diri sendiri dan janin di dalam kandungan. 

Buah cherry menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi saat hamil, bahkan ini dapat menjadi alternatif camilan sehat atau olahan jus.

Perlu diketahui bahwa buah cherry mengandung berbagai gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, mulai dari vitamin, mineral, protein, zat besi, kalsium, dan kandungan gizi lainnya. 

Buah cherry bahkan dapat memperkuat pembuluh darah selama masa kehamilan karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Jika rutin dikonsumsi, vitamin C dalam buah cherry dapat memperkuat pembuluh darah, sehingga mampu membantu memompa aliran darah ke janin.

Jika Mama ingin menjadikan cherry sebagai salah satu camilan sehat, kali ini Popmama.com telah merangkum berbagai manfaat lain dari buah cherry untuk kesehatan ibu hamil. 

Disimak yuk, Ma!

1. Meningkatkan tingkat imunitas kesehatan tubuh 

Freepik/tirachardz

Selama masa kehamilan kekebalan tubuh ibu hamil memang perlu dijaga dengan baik. 

Mengonsumsi buah cherry, akan meningkatkan serta menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Ini dikarenakan buah cherry mempunyai kadar vitamin C yang begitu kaya dan memiliki sifat antioksidan. 

Buah cherry mampu memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. Apalagi buah ini mampu menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai infeksi dan penyakit. 

2. Mencegah kadar glukosa terlalu tinggi yang bisa memicu diabetes gestasional

Pixabay/StockSnap

Diabetes gestasional biasanya timbul saat hamil karena kadar gula dalam darah terlalu tinggi.

Penyakit yang satu ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan janin dalam kandungan, mulai dari kecacatan setelah lahir hingga terjadinya gangguan pernapasan.

Demi terhindar dari risiko terkena diabetes gestasional saat hamil, ada baiknya Mama mengonsumsi buah cherry secara rutin. Ketika dikonsumsi dengan baik, maka buah cherry bisa bekerja untuk menjaga kadar gula darah tetap di batas normal.

Fungsi tersebut secara tidak langsung dapat mencegah diabetes gestasional yang bisa terjadi sewaktu-waktu saat hamil. 

3. Mengurangi kelelahan secara berlebihan yang seringkali terjadi sewaktu hamil

Freepik.tirachardz

Kelelahan menjadi salah satu hal yang cukup rentan dialami oleh ibu hamil, mulai dari trimester pertama sampai trimester ketiga. Secara umum, pemicunya bisa saja disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron.

Ibu hamil yang terus mengalami rasa lelah secara berlebihan tidak hanya bisa menganggu rutinitas keseharian saja, melainkan berdampak buruk pada kesehatan janin di dalam kandungan. 

Demi mengurangi risiko buruk yang bisa terjadi sewaktu-waktu, maka ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah cherry. Buah cherry yang rutin dijadikan camilan oleh ibu hamil bisa berdampak positif untuk kesehatannya.

Perlu diketahui bahwa buah cherry mengandung kadar air yang banyak, sehingga memberikan dorongan energi dan mengurangi rasa lelah.

4. Mampu mengontrol tekanan darah dan mencegah risiko preeklampsia

Pixabay/ExplorerBob

Menjaga kesehatan selama hamil menjadi sesuatu yang perlu dinomorsatukan. Tidak hanya kesehatan diri sendiri saja, namun kesehatan janin di dalam kandungan bisa terus terjaga. 

Perlu Mama ketahui bahwa kandungan kalium di dalam buah cherry cukup tinggi, sehingga berperan dalam mengontrol tekanan darah. Ketika tekanan darah terjaga dengan baik selama masa kehamilan, ini bisa mencegah risiko terjadinya preeklampsia yang bisa membahayakan nyawa mama dan janin. 

Jika bosan mengonsumsi buah cherry secara langsung, olahlah cherry menjadi jus segar. 

5. Mengatasi masalah sulit tidur selama masa-masa kehamilan 

Freepik

Salah satu masalah yang banyak dialami oleh ibu hamil yaitu sulit tidur. Padahal jika dibiarkan dan tidak teratasi dengan baik akan berdampak buruk untuk tubuh. 

Kurang istirahat hanya akan membuat tubuh lemas dan mudah kelelahan. Sebelum terlambat, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah cherry. 

Kandungan melatonin di dalam buah cherry bisa mengatasi gangguan tidur yang terjadi selama masa kehamilan. Jika dikonsumsi secara rutin, buah cherry bisa membantu tidur menjadi lebih rileks dan nyenyak.

6. Menurunkan risiko sembelit dan masalah kesehatan usus

Pexels/Engin Akyurt

Ibu hamil di masa-masa kehamilan cukup rentan untuk mengalami permasalahan sembelit atau susah buang air besar. Permasalahan ini seringkali sampai mengganggu aktivitas ibu hamil.

Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat, salah satunya adalah buah cherry. Kandungan serat yang tinggi bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Buah cherry membantu dalam menormalkan gerakan usus, sehingga membantu mengurangi risiko sembelit yang dapat muncul sewaktu-waktu selama hamil. 

7. Mengatasi pembengkakan dan nyeri sendi yang terjadi selama hamil 

Pixabay/Regina Zulauf

Pigmen merah atau antosianin yang ada di dalam buah cherry memberikan manfaat positif untuk kesehatan ibu hamil. 

Tak bisa dipungkiri ketika usia kehamilan bertambah, maka berat badan ibu hamil juga akan terus meningkat. Kondisi inilah yang seringkali memicu masalah pembengkakan hingga nyeri di bagian persendian. 

Risiko permasalahan kesehatan ini bisa diperkecil dengan bantuan buah cherry. Kandungan pigmen merah atau antosianin tersebut bermanfaat dalam meminimalkan pembengkakan dan rasa nyeri selama masa kehamilan.

8. Mengurangi risiko cacat pada janin saat dilahirkan

sagagardencentre.co.uk

Setiap orangtua tentu ingin anaknya terlahir secara sempurna dan sehat. Demi meningkatkan kesehatan janin di dalam kandungan, semua ibu hamil berusaha untuk selalu mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bernutrisi. 

Demi mengurangi risiko cacat pada janin, buah cherry bisa membantunya karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. 

Selain dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi virus dan bakteri di lingkungan sekitar, vitamin C pada buah cherry juga mampu mengurangi risiko cacat pada janin. 

Kandungan vitamin C berperan cukup penting karena mampu menjaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Itulah beberapa manfaat positif yang bisa didapat ketika mengonsumsi buah cherry secara rutin selama masa kehamilan. 

Yuk Ma, manfaatkan khasiat buah cherry sebagai camilan sehat yang baik untuk kesehatan diri sendiri dan janin dalam kandungan!

Lihat Sumber

  • 1

  • 0

Latest Comments

  • sayangg

  • yesterday

11

14

bagus

Tulis komentar...