Home

20 Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa, Mana yang Paling Berkesan?

Duniagames | 1 month ago

Film kartun biasanya hadir setiap hari minggu dan mengisi hari libur dengan cerita fantasi yang menarik bahkan menginspirasi. Sayangnya pada hari minggu atau sabtu, intensitas dari film kartun sendiri sudah sangat berkurang di stasiun TV lokal. Padahal pada beberapa belas tahun silam kita bisa menikmati tayangan kartun mulai dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang setiap sabtu dan juga minggu. Tahukah kalian ternyata terdapat beberapa film kartun terbaik sepanjang masa yang bisa kalian tonton ulang lewat layanan streaming film untuk nostalgia.

Nah, pada kesempatan kali ini tim Dunia Games akan membahas tentang rekomendasi daftar 20 film kartun terbaik sepanjang masa yang mungkin terdapat film favorit kalian di dalamnya. Yuk langsung saja kita simak lebih lengkapnya.

20. Madagascar Series

Film dengan cerita yang unik dan menarik tentang hewan-hewan asal Afrika namun tumbuh besar di kebun binatang ini bisa dibilang sangat menarik semenjak rilis pada tahun 2008 silam. Menghadirkan banyak tingkah laku yang cukup unik dan juga tidak bosan untuk ditonton baik untuk anak kecil maupun orang dewasa. Madagascar sendiri terdiri dari 2 seri, yaitu film pertama dan kemudian film keduanya yang berjudul Madagascar 2.

19. How to Train Your Dragon

Siapa yang tidak kenal dengan naga yang menggemaskan bernama Toothless dalam film How to Train Your Dragon. Menceritakan tentang bangsa Viking yang sebelumnya bermusuhan bahkan memburu para naga, hingga salah satu anak dari kepala suku malah berteman dengan baik dan menolong para naga. Bukan hanya itu, masalah demi masalah terus dialami seiring dengan banyaknya naga yang menjadi aliansi dari para bangsa Viking tersebut. Film ini sangat cocok ditonton untuk kalian yang sedang patah semangat.

18. Moana

Bercerita tentang seorang putri cantik yang mendapatkan beban untuk memimpin pulau Montunui di Polinesia. Ditambah lagi terdapat masalah kalau laut tengah dikuasai sebuah kekuatan jahat dan juga iblis yang mengharuskan para warganya pindah. Tidak tinggal diam, Moana meminta bantuan kepada Demi Te Fiti atas saran dari neneknya, kemudian petualangan yang sebenarnya pun dimulai untuk mencari dewi tersebut. Sanggupkah Moana menyelamatkan tempat tinggalnya? Lebih baik kalian saksikan secara langsung.

17. Tangled

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Rapunzel, seorang peri yang diberikan kutukan dan dikurung dalam menara selama belasan tahun. Disney menceritakan kembali cerita Rapunzel dengan format yang sangat menarik, yakni Rapunzel bertemu dengan seorang pencuri bernama Eugene yang membantunya untuk melihat lampion yang selalu hadir pada hari ulang tahunnya. Namun Eugene tidak menyadari kalau Rapunzel merupakan seorang putri, dan petualangan pun menjadi sangat seru.

16. Raya and The Last Dragon

Menjadi kebanggaan para rakyat Asia Tenggara khususnya Indonesia, Raya and The Last Dragon menghadirkan unsur budaya yang kental serta bercampur menjadi satu. Bercerita tentang Raya yang tengah menjadi seekor naga terakhir untuk menyelamatkan rakyatnya dari Druun yaitu sosok roh jahat yang dapat mengubah siapapun menjadi batu. Tentunya perjalanan tersebut penuh lika liku dan membuat Raya harus mengorbankan apapun yang dia miliki.

15. Luca 

Siapa yang bisa menyangka kalau monster laut bisa penasaran dengan kehidupan di darat, bahkan sebelum mengetahuinya orang-orang sudah pasti lari pontang-panting ketakutan. Luca sangat penasaran akan apa saja yang terjadi di daratan, hingga dia bertemu dengan Alberto dan bersahabat dengan manusia. Petualangan demi petualangan akhirnya mereka lewati hingga monster laut tersebut bisa bersahabat dengan manusia lainnya.

14. Inside Out

Film yang sangat unik dan tidak terbayang ini sukses membuat banyak penonton menangis. Inside Out bercerita tentang beberapa karakter yang digambarkan sebagai ekspresi mulai dari marah, sedih, malu, bahagia, dan takut. Namun apa yang akan terjadi jika ekspresi tersebut di luar kendali, bahkan segala menjadi sangat kacau dan sulit untuk dikendalikan. Tentunya kalian bisa mendapatkan jawabannya dengan menonton Inside Out.

13. Soul 

Mendapatkan kesempatan kedua untuk hidup kembali memang sedikit menyenangkan, namun apa yang terjadi kalau kehidupan kedua kalian tertukar dengan kucing? Joe Gardner seorang guru band yang sedang mendapatkan kesempatannya untuk bersinar secara tidak sengaja mati konyol karena kesalahan yang sangat sepele. Hingga Joe pergi ke The Great Before dan menjadi salah satu pengajar di sana untuk jiwa-jiwa yang belum terlahir. Petualangan demi petualangan terjadi dan membuat film ini cukup sedih untuk ditonton hingga akhir.

12. Up 

Film UP memang sangat booming pada tahun 2009 silam, menceritakan tentang kisah cinta Carl Fredricksen dengan istrinya yang sangat indah pada awalnya. Hingga istri dari Carl meninggal dan meninggalkan dirinya seorang diri. Memiliki mimpi yang besar yaitu membawa istrinya ke air terjun, Carl memiliki ide gila memindahkan rumahnya dengan balon helium ke puncak air terjun. Tentunya terdapat banyak rintangan yang mengintai akan perjalanan gila tersebut.

11. The Lion King

Baru saja hadir versi Live Action-nya, ternyata The Lion King bisa dikatakan menjadi film animasi terbaik dari Disney yang sayang jika kalian lewatkan atau belum pernah menontonnya. Menceritakan tentang pengkhianatan pada kelompok kawanan singa yang tidak diduga-duga. Hingga pada akhirnya sang anak dari raja yang dibunuh berhasil untuk membalaskan dendam ayahnya dan kembali memimpin koloni dengan adil.

Baca Juga:

  • Rekomendasi 10 Anime yang Karakter Utamanya Pendiam, Diam-diam Tapi Keren!
  • 5 Karakter Anime yang Gue Banget, Apakah Mirip Kamu?
  • Rekomendasi 7 Anime Berlatar di Pedesaan, Bikin Kangen Kampung Halaman!

10. Cars Series

Lightning McQueen namanya melonjak tajam semenjak debutnya pada tahun 2006 silam dan otomatis menjadi film kartun yang sangat menarik untuk para anak-anak maupun dewasa. Menceritakan tentang sisi lain mobil balap yang tidak diketahui orang banyak, Cars menghadirkan cerita yang agak rumit namun bisa dicerna untuk berbagai kalangan. Masalah demi masalah terjadi namun selalu bisa dihadapi oleh Lightning McQueen.

9. Ratatouille 

Film yang menceritakan tentang seekor tikus tidak biasa dan pintar memasak ini bisa dibilang menjadi film Disney yang cukup mengharukan. Bercerita tentang seekor tikus yang mencari jati dirinya sebagai koki hingga bertemu seorang anak muda yang tidak bisa memasak padahal mewarisi sebuah restoran besar milik kakeknya. Film ini sukses membuat banyak orang terharu bahkan untuk orang yang tidak menyukai tikus sekalipun bisa menangis melihat film ini.

8. Sing

Untuk kalian yang sedang patah semangat dan tidak percaya diri, ada baiknya menonton film Sing. Pasalnya kalian akan diberikan motivasi dan juga kepercayaan diri yang lebih dengan alur cerita yang hadir dalam film ini. Perjuangan dan juga pembuktian diri menjadi tema utama dalam film Sing, bercerita tentang sekelompok hewan yang diremehkan kemampuan hingga bisa membuktikan dan menjadi juara secara tidak terduga.

7. Finding Nemo

Film tentang perjuangan ayah dan anak memang sangat menarik untuk ditonton bersama keluarga saat akhir pekan. Menceritakan tentang seekor ikan badut bernama Marlin yang mencari anaknya yang ditangkap oleh penyelam dan dibawa ke Australia. Perjalanan pun berlangsung dengan sangat gelap dan jauh, hingga di perjalanan Marlin ditemani oleh seekor ikan bernama Dory yang memiliki penyakit short-term memory

6. Coco

Lagu Remember Me bisa dibilang menjadi salah satu lagu yang memiliki kekuatan rindu yang sangat mendalam, tidak salah kalau lagi tersebut menjadi juara dalam Oscar tahun 2018 sebagai Best Original Song. Coco menceritakan tentang masalah rumit dalam keluarga yang bahkan tidak diketahui oleh anggota keluarga tersebut yang sudah meninggal. Hingga Miguel tidak sengaja pergi ke Land of The Dead dan mendapatkan jawaban kenapa kakek buyutnya sangat dibenci oleh seluruh keluarga. 

5. The Incredibles Series

Mendapatkan sekuel setelah 14 tahun lamanya, The Incredibles masih menjadi favorit untuk banyak orang. Menceritakan tentang sebuah keluarga yang memiliki kekuatan super yang berbeda-beda setiap anggota keluarganya. Masalah demi masalah terjadi, walaupun mereka sudah hidup dalam kehidupan yang normal namun tetap saja masalah terjadi. Walau pada akhirnya harus melibatkan seluruh anggota keluarga untuk menyelesaikannya.

4. Monster University

Menceritakan tentang karakter bernama Mike Wazowski yang terkenal pintar namun tidak memiliki muka yang seram. Monster University mengisahkan tentang pertemanan awal dari Mike dan Sully. Mirip seperti cerita dalam lingkungan kampus, terdapat banyak masalah yang umumnya dihadapi oleh para remaja, mulai dari kompetisi sengit, dan juga kecurangan demi kecurangan yang terjadi dalam Monster University.

3. Monster, Inc.

Jika Monster University merupakan cerita Mike sebelumnya, maka Monster, Inc. adalah setelahnya. Menceritakan tentang Sully dan Mike yang dipaksa untuk mengeluarkan teriakan ketakutan para anak-anak untuk menghasilkan energi untuk kota, semacam pembangkit listrik tenaga teriakan. Hingga pada suatu ketika ternyata ada cara lain yang lebih manusiawi yang membuat para monster tidak harus menakuti anak-anak.

2. Toy Story Series

Kisah dalam Toy Story sendiri sangat menyentuh dan cukup booming saat pertama kali hadir pada tahun 1995 silam. Menceritakan sekelompok mainan mulai dari Woody, Buzz, Mr. Potato, dan masih banyak lagi yang seiring berjalannya waktu mainan tersebut bertambah banyak. Hingga pada akhirnya pemiliknya bernama Andy mendonasikan seluruh mainannya karena dia sudah masuk ke jenjang kuliah. Terdapat cukup banyak pelajaran dalam film ini terlebih lagi agar kita bisa lebih menghargai mainan.

1. Frozen Series

Lagu Let It Go bisa dibilang menjadi sebuah lagu yang menempel pada anak-anak perempuan mulai dari yang muda hingga yang dewasa. Frozen sendiri sejak perilisannya pada tahun 2013 silam mendapatkan banyak respon positif hingga mendapatkan penghasilan yang berlipat-lipat ganda dari biaya produksi filmnya. Ditambah lagi hadirnya sekuel dari Frozen yaitu Frozen II yang hadir pada tahun 2019 silam juga ikut mengikuti kesuksesan film pertama.

Nah itulah artikel menarik tentang film kartun terbaik sepanjang masa yang wajib untuk kalian tonton kembali. Nantikan informasi seputar informasi film lainnya dan jangan lupa untuk ikuti Facebook dan Instagram DuniaGames ya.

Kalian juga bisa beli voucher untuk Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile dan banyak game lainnya dengan harga menarik hanya di Top-up Dunia Games!

Baca Juga >> 15 Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favorit Kalian?

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Istri Gilang Dirga Kesal seusai Buat Podcast Ayah Vanessa Angel: Jangan Pancing Gala Buat Kebencian

Tribunwow

Bak Urat Malunya Sudah Putus, Wanita Cantik Ini Mengaku Koleksi Sejumlah Pria Usai Dipergoki Suaminya Sedang Berselingkuh, Fakta Dibaliknya Bikin Syok!

Gridhype

Bocoran Dokumen Ungkap Keterlibatan Pejabat Tinggi China dalam Penindasan Uighur

Merdeka

Pengacara Danu Punya Bukti Rekaman hingga Pengakuan Banpol soal Kasus Subang, Ini Katanya

Tribunwow

Adu Kuat Antara Batako vs Bata Merah. Mana yang Lebih Baik? Ini Perbandingannya!

99.co

Tulis komentar...