Home

5 Gejala Mata Minus pada Anak, Kenali Sejak Dini Mom

Okemom.com | 1 month ago

OKEMOM – Tahukah, mom? Kondisi mata minus ternyata bisa menimpa siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. 

Mata minus atau miopi adalah kondisi gangguan penglihatan yang umum terjadi, di mana seseorang dapat melihat objek jarak dekat, namun objek jarak jauh terlihat kabur atau sulit melihat objek dengan jelas.

Jika dibiarkan terlalu lama dan tak segera diatasi, rabun jauh bisa saja bertambah atau berkembang. Ada banyak faktor penyebab dan tanda mata minus yang umum terjadi. 

Tak sedikit anak yang tidak menyadari adanya gangguan kesehatan pada matanya. Untuk itu, penting bagi orang tua mengetahui dan peka terhadap gejala mata minus pada anak. Berikut gejala yang umum terjadi dan patut mom ketahui.

1. Mengeluh kesulitan melihat objek jarak jauh

Source: Pinterest

Gejala yang paling umum dan mudah dikenali saat buah hati Anda mengalami mata minus yaitu sering mengeluh kesulitan melihat objek dari jarak jauh. Terlebih apabila angka minusnya sudah tergolong tinggi

2. Sering menyipitkan atau memicingkan mata

Source: Pinterest

Gejala yang paling mudah dikenali ketika anak mengalami mata minus adalah sering menyipitkan atau memicingkan mata. Mom perlu curiga apabila sering melihat si kecil menyipitkan mata ketika menonton, membaca, atau melihat benda dari kejauhan.

Jika anak sering memicingkan mata, kita perlu segera tanyakan perihal kenyamanan matanya dan segera konsultasikan ke dokter. 

Ketika kesulitan melihat objek, anak cenderung memaksakan untuk melihat. Sehingga akan membuat matanya menjadi lelah. Mata lelah biasanya akan berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya bisa membuat sakit kepala dan pusing.

4. Selalu melihat objek dari jarak yang terlalu dekat

Source: Pinterest

Akibat dari mata minus, anak menjadi susah melihat objek dari jarak jauh. Itulah sebabnya mengapa si kecil kerap duduk lebih dekat saat menonton televisi, membaca buku, atau melihat papan tulis di kelas.

5. Nilai sekolah mendadak turun

Source: Pinterest

Nilai sekolah si kecil menurun? Mungkin ini tanda bahwa anak Anda kesulitan melihat tulisan di papan tulis. 

Apalagi jika sebelumnya nilai anak baik-baik saja lalu mendadak menurun. Tak menutup kemungkinan hal itu terjadi lantaran ia mengalami gangguan pada penglihatannya.

Apabila anak memberi tanda-tanda seperti di atas, Mom perlu segera membawa si kecil ke dokter untuk memeriksa kesehatan matanya.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Tulis komentar...