Home

Pemprov DKI akan Bangun Dua FPSA, Diyakini Bisa Tuntaskan Masalah Sampah

IndozoneID | 1 month ago

INDOZONE.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan sejumlah pendekatan dalam penanganan sampah perkotaan. Salah satunya adalah mengolah sampah dengan teknologi ramah lingkungan.

Melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Sarana Jaya, Pemprov DKI berencana membangun dua Fasilitas Pengolahan Sampah Antara (FPSA). Diyakini, dua FPSA yang terbangun nantinya akan memberikan dampak besar pada pengelolaan sampah di ibu kota.

"Tahun ini sudah masuk proses lelang (FPSA). Kita doakan, Mudah-mudahan ke depan nanti setelah dibangun berproses kita tidak ada lagi masalah dengan sampah, insya Allah nanti kita punya pengelolaan sampah yang berteknologi tinggi baik seperti negara-negara maju di dunia," ujar Riza dalam diskusi yang dikutip Sabtu (16/10/2021).

Direktur Keuangan Sarana Jaya Bima Priyo Santosa, mengatakan, masalah sampah di Jakarta bukanlah hal yang baru. Namun, dengan adanya fasilitas FSPA diharapkan bisa membantu ibu kota dalam menuntaskan masalah sampah.

"Sampah ini hal yang urgent, important, bagi Jakarta, yang kalau tidak ada penanganan itu mungkin tiga tahun atau empat tahun itu katanya Bantargebang bisa penuh. Dan kebayang ya, kalau Bantargebang penuh itu Jakarta seperti apa," terang Bima.

Bima pun mengatakan, pihaknya oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah diamanatkan membangun dua FPSA di ibu kota. Sejauh ini, pengerjaan proyek masih dalam tahap lelang untuk menentukan mitra penggarapnya.

BACA JUGA: Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Balap Formula E Juni 2022

Namun, ia meyakini, dua FPSA yang dibangun ini bakal memberikan dampak besar pada pengelolaan sampah di ibu kota yang masih mengandalkan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang. Terlebih nantinya, sistem yang dibuat akan ramah lingkungan dan menggunakan teknologi modern.

"Kita berharap untuk nanti ada perkembangan yang signifikan di bulan November, sehingga kita berharap tahun depan ini sudah mulai aktivitas fisik dari project itu," tandasnya.


Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Istri Gilang Dirga Kesal seusai Buat Podcast Ayah Vanessa Angel: Jangan Pancing Gala Buat Kebencian

Tribunwow

Tak Bisa Disepelekan, Kenali Penyebab Batuk Kering pada Anak

Kompas.com

Pesan Untuk Jenderal Andika dari Tanah Papua

Merdeka

POPULER: 3 Fakta Kasus Dugaan Korupsi Bupati Banjarnegara & Gejala Omicron di Singapura

IndozoneID

POPULER: Tikus Disebut Hewan Yang Munculkan Omicron & Carrick Diisukan Ribut Sama Ronaldo

IndozoneID

Tulis komentar...