Home

Data Organisasi Berbahaya Versi Facebook Bocor

Merdeka | 1 month ago

Merdeka.com - Sebanyak 4.000 organisasi dan individu masuk dalam daftar Dangerous Individuals and Organizations (DIO/Organisasi dan Individu Berbahaya) yang diblokir Facebook. Ribuan organisasi dan individu itu berasal dari beragam negara, Indonesia masuk juga.

Dilaporkan Gizmodo, informasi ini terungkap dari laporan The Intercept yang dipublikasi pada Rabu (13/10). Laporan yang dipublikasikannya bukanlah berasal dari Facebook. Bocoran data tersebut menampilkan sejumlah organisasi dan individu yang dianggap berbahaya oleh Facebook.

Facebook sebagai perusahaan yang memiliki data itu, disebut enggan untuk membuka data-data tersebut. Padahal beberapa pihak mendesak platform media sosial besutan Mark Zuckerberg itu membagi. Mereka mengklaim jika data sensitif itu dibuka, membahayakan keselamatan karyawannya.

Tiga Kriteria

Data yang didapatkan The Intercept, membagi tiga kriteria organisasi dan individu berbahaya. Kriteria ini adalah untuk menunjukkan level penegakan konten.

Tingkat I, tingkat ini mencakup mereka yang menyebabkan “kerugian offline yang serius”, seperti mengorganisir kekerasan terhadap warga sipil, mengadvokasi kerugian berdasarkan karakteristik yang dilindungi, atau keterlibatan dalam kejahatan terorganisir.

Facebook menghapus "pujian, dukungan substantif, dan representasi" dari kelompok dan tokoh Tingkat 1. Sederhananya, tingkat ini termasuk teroris. Dalam dokumen yang dilampirkan, Indonesia masuk di dalamnya.

Tingkat II mencakup pada organisasi atau individu yang terlibat dalam kekerasan terhadap entitas negara atau militer, namun tidak menargetkan warga sipil. Facebook menyebut organisasi atau individu ini sebagai "entitas kekerasan non-pemerintah".

Tingkat III merupakan organisasi atau individu yang secara terus-menerus terlibat dalam pelanggaran kebijakan Ujaran Kebencian atau Organisasi Berbahaya Facebook, baik di dalam maupun di luar platform.

[faz]

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Istri Gilang Dirga Kesal seusai Buat Podcast Ayah Vanessa Angel: Jangan Pancing Gala Buat Kebencian

Tribunwow

Cara Mengatasi Ruam karena Pemakaian Popok Dewasa

Kompas.com

1

Jelang KTT G20 di Bali, Berikut Daftar Infrastruktur yang Dibenahi

Kompas.com

3 Tips Memakai Eyeliner untuk Kamu yang Bermata Kecil

Popbela.com

Pemicu Pembekuan Darah dari Vaksin AstraZeneca Ditemukan, Begini Paparan Peneliti...

Kompas.com

Tulis komentar...