Home

BPBA: Bibit Siklon Tropis 94W Barat Laut, Aceh Potensi Hujan Disertai Petir

Merdeka | 1 month ago

Merdeka.com - Pemerintah Aceh mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah perubahan cuaca yang terjadi sejak beberapa hari terakhir. Hal itu terkait terdapatnya bibit siklon tropis 94W di Samudera Hindia Utara atau sekitar Barat Laut Aceh.

"Bibit siklon tropis 94W ini berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, serta dapat menyebabkan bencana banjir dan longsor," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas, Sabtu (4/12).

Dia menyebutkan, berdasarkan informasi siaga bencana hidrometeorologi yang dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatolgi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, informasi siaga bencana itu berlaku tanggal 2, 3, dan 4 Desember 2021.

"Sebagaimana disebutkan BMKG, berdasarkan pantauan AoM TCWC (Tropical Cyclone Warning Centre) Jakarta, terdapat potensi daerah tekanan rendah atau bibit siklon tropis 94W di Samudera Hindia Utara atau sekitar Barat Laut Aceh dengan kecepatan angin di pusatnya mencapai 20 Knots dan tekanan udara 1007 MB, bergerak ke arah Barat–Barat Laut," ujar Ilyas.

Bibit siklon 94W tersebut, tutur Ilyas, membentuk daerah belokan angin (shearline) yang memanjang di pesisir barat hingga selatan Aceh, meliputi Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Simeulue. Kemudian daerah pertemuan angin (konvergensi) di Selat Malaka sebelah Timur Aceh.

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas, menjelaskan kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konvektif, yang dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

"Itu terjadi di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut," ujarnya. [rhm]

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Melihat Sejong, ‘Ibu Kota’ Kedua di Korsel, Ditetapkan 2006 dan Mulai Relokasi 2012

IndozoneID

Penyebab Kaca Pecah Sendiri dan Mitos-Mitos yang Mengikutinya, Pertanda Ada Kematian?

IndozoneID

Pertama Kali Sejak 2016, Keuangan BPJS Kesehatan Tak Lagi Defisit

IDN Times

Tahun 2021, Hyundai Dominasi 87,3 Persen Pasar Kendaraan Listrik Berbasis Baterai di Indonesia

Mobitekno

7 Game PS5 Paling Dinanti Rilisnya di 2022, Seru Semuanya

IDN Times

Tulis komentar...