Home

Fakta Nenek Ditipu Cucu Tiri, Tanda Tangan Dipalsu Buat Jual Warisan dan Terancam Diusir dari Rumah

Tribunwow | 4 days ago

TRIBUNWOW.COM - Di usianya yang sudah senja, Nenek Ellen Plaissaer Sjair (80) kini harus berhadapan dengan hukum untuk memperjuangkan warisan peninggalan suaminya.

Pasalnya, Nenek Ellen ditipu cucu tirinya sendiri, yang mana pelaku memalsukan tanda tangan korban hingga menjual warisan milik korban.

Dikutip dari TribunJabar, Jumat (14/1/2022), peristiwa penipuan terhadap Nenek Ellen ini terjadi di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Baca juga: Ibu di Madiun Gugat Anak karena Jual Tanah Warisan: Heran Sertifikat Pindah Nama Tanpa Izin Pemilik

Sekarang ini, Nenek Ellen terancam terusir dari rumahnya.

Rumah tersebut berdiri di atas tanah warisan milik almarhum suaminya, Peter S Danoewinata.

Nenek Ellen yang merupakan pensiunan guru SMP BPPK sudah tinggal sebatang kara di rumahnya.

Namun pilunya, peninggalan berharga dari suaminya akan berpindah ke tangan orang lain akibat ulah cucunya.

Kuasa hukum Nenek Ellen, Bobby Herlambang Siregar, SH dari Kantor Hukum Williard Malau mengatakan, lansia tersebut menerima wasiat dari suaminya.

Bahwa rumah dan tanah itu untuk Nenek Ellen dan Iw, cucu tiri hasil pernikahan suami terdahulu.

Adapun dari pernikahan Nenek Ellen dengan Peter S Danoewinata, keduanya tidak dikaruniai anak.

Iw sendiri cucu kandung Peter S Danoewinata dari pernikahannya dengan istri terdahulu.

"Pada sekira 2013 sertifikat rumah yang diwasiatkan pada Nenek Ellen dicuri oleh IW, dimana IW ternyata memalsukan tanda tangan nenek Ellen pada surat kuasa menjual yang isinya seolah-olah si nenek memberikan kuasa ke IW untuk menjual rumah," kata Bobby saat dihubungi Tribun pada Kamis (13/1/2022).

Dugaan pemalsuan itu pada 2015 dilaporkan Nenek Ellen ke polisi dan vonis hakim menyatakan Iw bersalah dan dihukum penjara selama 2 tahun.

"Notaris yang terlibat dalam pembuatan surat kuasa menjual berinisial FL juga telah dinyatakan bersalah oleh Majelis Pengawas Daerah Notaris," katanya.

Baca juga: Sosok Yuli, TKW Indonesia yang Dapat Warisan Miliaran Rupiah dari Aktor Taiwan Chen Sung Yong

Hanya saja, pada 2017, para pembeli rumah Nenek Ellen via Iw, menggugat Nenek Ellen agar segera mengosongkan rumah tersebut.

"Nenek ELLEN kalah 3 kali berturut-turut dalam persidangan melawan pembeli tersebut, bahkan sampai tingkat peninjauan Kembali di Mahkamah Agung," kata dia.

Dengan putusan tersebut, kata Bobby, Nenek Ellen kini di ujung tanduk karena harus mengosongkan dan menyerahkan rumah yang tidak pernah dijual olehnya.

"Di mana hal ini jelas sangatlah melukai rasa keadilan. Nenek Ellen sebagai korban kejahatan IW, karena IW memalsukan tanda tangan Nenek Ellen untuk menjual rumah."

"Namun malah dipaksa menyerahkan rumahnya kepada Pembeli, padahal seharusnya IW lah yang mengganti kerugian kepada pembeli karena telah menipu pembeli," kata dia.

Bobby Herlambang Siregar yang sebelumnya sempat jadi kuasa hukum kasus anak gugat ayah di Pengadilan Negeri Bandung pada 2020, sempat mengajukan upaya hukum lagi ke PN Bale Bandung agar menunda proses eksekusi rumah Nenek Ellen.

Baca juga: Perkara Warisan, 1 Keluarga Sekongkol Bakar Pria Ini hingga Tewas, Korban Juga Dilempari Batu

"Kami memohon kepada Pengadilan Negeri Bale Bandung untuk menunda proses eksekusi karena kami akan mengajukan Gugatan perdata untuk membatalkan akta jual beli yang cacat hukum tersebut," kata dia.

Hanya saja, upaya hukum itu gagal karena hakim menyatakan upaya hukum itu tidak dapat diterima dengan alasan nebis in idem atau hakim tidak bisa memutus perkara yang sama.

"Setelah kondisinya seperti ini, kemana dan bagaimana Nenek Ellen dapat mengadukan nasibnya. Harus kemana dan dimana lagi Nenek Ellen tinggal di usianya yang sudah senja," kata Bobby.

Dalam video wawancara Nenek Ellen yang diterima Tribun Jabar dari Bobby Herlambang Siregar, Nenek Ellen bercerita bahwa dia pensiun pada 1991.

"Sekarang sudah 80 tahun lebih berapa bulan lah. Sekarang tinggal sendiri, karena sudah ditinggal suami. Terus tidak punya anak,m jadinya terpaksa sendiri saja," kata dia.

Nenek Ellen bercerita juga soal kabar dirinya harus segera mengosongkan rumahnya.

"Iya betul., Nenek sudah berapa kali sudah mau disuir. Gara-garanya karena cucu tiri sudah palsukan tanda tangan nenek."

"Terus, akhirnya sampai terjualah semua ini. Rumah dan tanah ini sudah terjual dan nenek tidak tahu harus pergi kemana lagi," kata dia. (TribunJabar.id/Mega Nugraha)

Berita Kasus Harta Warisan Lainnya

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Nenek Ellen di Lembang Ditipu Cucu Tiri, Kini Terancam Terusir di usia 80 Tahun dan Sebatang Kara

Lihat Sumber

  • 1

  • 0

Rekomendasi Artikel

Melihat Sejong, ‘Ibu Kota’ Kedua di Korsel, Ditetapkan 2006 dan Mulai Relokasi 2012

IndozoneID

9 Titik Erotis Perempuan dan Cara Merangsangnya

Popbela.com

Perceraiannya Hanya Gimmick? Kalina Oktarani Jalan-jalan ke Turki Bareng Vicky Prasetyo

Herstory.co.id

1

Sebut Video Syur 61 Detik Nagita Slavina Bukan Rekayasa, Roy Suryo Kena Sentil Netizen: Pakar Hoaks!

Herstory.co.id

Gak Habis Pikir, Fetish Artis Hollywood Ini Aneh Banget! Ada yang Suka Main Pisau Sampai Minum Darah

Herstory.co.id

Top Comment

  • sudar

  • 3 days ago

66

0

kemanusiaan.......

Tulis komentar...