Home

Aset Tommy Soeharto Nggak Laku Saat Dilelang, Ternyata Ini Alasannya

TintaHijau | 4 days ago




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Aset Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang dilelang pada Rabu (12/1) dengan harga Rp 2,4 triliun tak laku. Padahal aset atas nama PT Timor Putra Nasional (TPN) itu sebagai jaminan yang disita pemerintah terkait utang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani menilai penyebab aset Tommy Soeharto tidak laku dilelang kemungkinan karena sedang sulitnya perekonomian di tengah pandemi COVID-19.




"Kita sadari bersama bahwa kondisi saat ini perekonomian seperti apa, itu mungkin jadi salah satu faktor karena aset ini kan berupa tanah, orang beli buat investasi, pasti berpikir untuk investasi saat sekarang ini, beli tahun ini kira-kira 1-2 tahun balik lagi nggak?" kata wanita yang akrab disapa Ani dalam Bincang Bareng DJKN secara virtual, Jumat (14/1/2022).

"Itu mungkin jadi pertimbangan kenapa tidak ada peminat atau yang menyetorkan jaminan pada saat lelang kemarin," tambahnya.

Terkait dugaan calon pembeli takut aset Tommy Soeharto jadi sengketa, Ani tidak mengetahuinya. Yang jelas, aset tersebut dijamin legalitasnya dan sudah sesuai ketentuan karena pelelangan dilaksanakan oleh negara dengan tujuan untuk mengembalikan uang kepada negara.






"Pasti sudah ada legalitasnya salah satunya sertifikat, tentunya kita sudah punya sertifikat karena yang paling urgent untuk melaksanakan lelang adalah bukti kepemilikan sama yang melelang itu berhak nggak. Dalam hal ini yang memohon lelang adalah PUPN dalam hal ini pemerintah, pasti berkapasitas," tuturnya.

Untuk diketahui, Tommy Soeharto melalui PT TPN memiliki utang BLBI sebesar Rp 2,374 triliun. Sebagai upaya pengembalian utang kepada negara, akan dijadwalkan ulang untuk pelelangan kembali.

Daftar aset Tommy Soeharto:

a. Sebidang Tanah SHGB No. 3/Kamojing luas 518.870 m2 atas nama PT Timor Industri Komponen terletak di Desa Kamojing

b. Sebidang Tanah SHGB No. 4/Kamojing luas 530.125,526 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kamojing

c. Sebidang Tanah SHGB No 5/Cikampek Pusaka luas 100.985,15 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Cikampek Pusaka

d. Sebidang Tanah SHGB No. 22/Kalihurip luas 98.896,700 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kalihurip.

Sumber: | Foto: ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Terbukti Bersalah, Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun Penjara

Merdeka

7

39 Sekolah di Jakarta Tutup Imbas 67 Orang Terpapar Covid-19, Berikut Daftarnya

IndozoneID

8

Terkait Vaksinasi Anak, Presiden Larang Sekolah untuk Minta Orang Tua Tanggung Resiko

TintaHijau

3 Fakta Sikap Aneh Herry Wirawan, Masih Bisa Bercanda hingga Ekspresinya Buat Jaksa Terkejut

Tribunwow

Jangan Salah, 666 Merupakan Simbol dari Angka Setan! Dari Mana Asalnya?

IndozoneID

Top Comment

  • sudar

  • 3 days ago

184

0

no comment

Latest Comments

  • FARID SYATRI

  • yesterday

27

45

Masyaallah Rp 2,4 T .. Tapi bukannya ga laku .. Lagi Pademi , Tenang aja Pak Tommy Nanti juga Laku .. Tapi jangan lupa ya saya kebagiankan

Tulis komentar...