Home

Langka, Mie Ayam tapi Berkuah Rendang? Gurihnya Nendang!

IndozoneID | 4 days ago

INDOZONE.ID - Siapa yang enggak kenal mie ayam, salah satu makanan favorit sejuta umat selain bakso. Kalau biasanya mie ayam disajikan berkuah semur atau kari, itu biasa. Pernah enggak coba mie ayam tapi berkuah rendang? Iya, seperti rendang masakan Padang itu, lho!

Kebayang kan, kuahnya kental, pekat dan super gurih kaya rempah! Sajian langka ini yang jadi penopang hidup Mang Oyo, sang penjual mie ayam rendang, sejak 1983.

Mie ayam rendang Mang Oyo legendaris di Depok (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Mang Oyo berjualan mie ayam rendang ini di Jalan Wijayakusuma Raya, Depok, Jawa Barat.

Sama seperti mie ayam pada umumnya, sebelum disajikan, Mang Oyo merebus terlebih dahulu mie keriting dan sawi segar. Dalam mangkuk, ia tuangkan bumbu serta minyak kaldu ayam. Mie yang sudah matang kemudian dituang ke dalam mangkuk, baru setelahnya topping ayam ditambahkan ke atas mie panas berasap.

Mang Oyo sedang menyiapkan topping (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Selain kuahnya, yang bikin mie ayam ini berbeda adalah, topping ayamnya bukan berbentuk kotak tapi berupa suwiran daging ayam melimpah yang dimasak selama dua jam biar bumbunya meresap sempurna. Suwiran daging ayam ini yang akhirnya dicampur dengan kuah rendang melimpah kaya rempah.

Seporsi mie ayam Mang Oyo, porsi melimpah (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Kuah rendang buatan Mang Oyo, warnanya merah gelap mirip gulai Minang. Mang Oyo meraciknya dari bumbu yang ia beli dari penjual langganan. 

Taburan daun bawang, bikin mie ayam rendang makin nendang! Kalau suka pedas, bisa minta tambahan saus dan sambal.

Topping kuah ayam rendang yang super gurih (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Dijamin puas dan kenyang, seporsi menu legendaris ini bisa kamu nikmati dengan membayar Rp13 ribu saja per mangkuknya.

Menurut Mang Oyo, ia sengaja berjualan mie ayam rendang biar beda dari mie ayam kebanyakan. Enggak disangka, mie ayam racikannya diterima banyak lidah. 

Buktinya, dalam sehari Mang Oyo bisa menghabiskan 5 kg daging ayam, enggak heran sih karena mie ayamnya memang selalu laris terjual sekitar jam 13.00-14.00 WIB, padahal ia baru membuka lapaknya jam 09.00 WIB.

Penasaran mencoba mie ayam rendang ini? Kamu bisa temukan gerobak biru Mang Oyo yang biasa mangkal di gang kecil dekat Situ Rawa Besar, Depok, Jawa Barat.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini

IDZ Creators

Lihat Sumber

  • 1

  • 0

Rekomendasi Artikel

Tetangga Kepo Kok Tiap Hari Sekeluarga Konsumsi Kencur Mentah, Ternyata Efeknya Bikin Penyakit Ini Tidak Mau Menyerang Tubuh, Nyesal Baru Tahu

Intisari

Sering Diabaikan! Ini Gejala Khas Kamu Punya Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Gampang Kesemutan

Herstory.co.id

Ampuh Menghilangkan Milia, 10 Cara Alami Untuk Menghilangkan Milia Di Wajah

Bogortoday.com

Timun Bikin Becek dan Keputihan, Mitos atau Fakta?

Herstory.co.id

Sekilas Tampak Ganjil, Menaruh Mangkuk Berisi Beras Jika Ditaruh di Dalam Lemari Pakaian Justru Bisa Berikan Hasil Luar Biasa Ini

Intisari

Top Comment

  • sudar

  • yesterday

101

0

segeeeeer

Tulis komentar...