Home

Awas Bahaya Jual Foto KTP sebagai NFT, Bisa Dipenjara 10 Tahun dan Didenda Rp 1 Miliar

Tribunwow | 4 months ago

TRIBUNWOW.COM - Fenomena menjual karya sebagai Non Fungible Token (NFT) kini makin digandrungi masyarakat di Indonesia.

Apalagi setelah viralnya pemuda bernama Ghozali Everyday yang mampu meraup cuan miliaran rupiah hanya dengan menjual foto selfienya sebagai NFT.

Tak hanya foto selfie, kini berbagai foto bermunculan mulai dijual masyarakat yang ingin meniru kesuksesan Ghozali Everyday.

Baca juga: Apa Itu NFT? Simak Penjelasan, Cara Membeli hingga Menjualnnya via OpenSea

Beragam foto mulai dijajakan dalam NFT mulai dari makanan hingga KTP, pemahaman rendah masyarakat akan pasar digital tersebut kemudian menuai kontroversi.

Pasalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah salah satu identitas pribadi yang harus dijaga kerahasiaannya dan tindakan pendistribusian serta jual beli data pribadi masuk ke dalam pelanggaran hukum.

Menanggapi hal tersebut melalui laman resminya, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof Zudan Arif Fakrulloh menyatakan akan menindak tegas oknum yang sengaja memperjualbelikan data pribadi.

Zudan menambahkan bagi oknum yang nekat mendistribusikan dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran baik dimedia sosial ataupun platfrom jual beli NFT maka akan ditindak tegas dengan hukuman penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

Aturan tersebut didasarkan pada Pasal 96 dan Pasal 96A Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan.

Pelarangan tersebut bukan tanpa alasan, hal ini dimaksudkan agar nantinya masyarakat terhindar dari aksi tindak kejahatan ataupun penipuan oleh pihak tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Cara Mudah Jual Beli Karya NFT Lewat OpenSea, Bisa Cuan Gede seperti Ghozali Everyday yang Viral

Terlebih belakangan ini marak kasus penjualan data kependudukan di pasar underground untuk transaksi ekonomi seperti pinjaman online dengan bunga besar.

Lebih lanjut, Zudan mengimbau kepada masyarakat agar berpikir panjang sebelum mengikuti tren, bukannya untung yang didapat melainkan mengundang rugi dan marabahaya.

Tak hanya itu pihaknya berharap kedepannya masyarakat lebih selektif lagi dalam memilih pihak-pihak yang dapat dipercaya, terverifikasi dan memberikan jaminan kepastian kerahasiaan data diri.

“Edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat harus terus dilakukan agar masyarakat tidak mudah menampilkan data pribadi di berbagai media, baik online atau pun offline, apalagi menjualnya," tutupnya.

(Tribunnews.com/Namira Yunia Lestanti)

Berita terkait NFT

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Siap-siap Dipenjara dan Didenda Rp 1 Miliar, Jika Nekat Jual Foto KTP sebagai NFT

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

10 Jurus Ini Bikin Elon Musk jadi Orang Paling Tajir Sejagat

Kompas.com

‘Memory’ Review: Ketika Pembunuh Bayaran Alami Masalah Hilang Ingatan

Popbela.com

9 Kebiasaan yang Dapat Menurunkan Produksi ASI, Jarang Disadari

IDN Times

5 Alasan Lebih Mementingkan Pasangan Daripada Teman Itu Gak Salah

IDN Times

5 Manfaat Berpelukan saat Hamil yang Tidak Boleh Dilewatkan

POPMAMA.COM

1

Tulis komentar...