Home

Nyempil di Desa, tapi Creative Space Ini lagi Hype di Ujung Madura!

IndozoneID | 4 months ago

INDOZONE.ID - Enggak hanya dikenal sebagai Kota Keris, Kabupaten Sumenep, yang berada di ujung timur Pulau Madura sekarang makin hits karena punya banyak tempat kongkow baru dengan konsep menarik.

Salah satunya resto Tanean, yang berlokasi di Desa Kebunan, Sumenep, Jawa Timur. Ditujukan untuk anak muda, tempat ini juga ramai dikunjungi sama rombongan keluarga. Tempat ini kental juga dengan nuansa etnik, karena mengusung konsep Tanian Lanjang khas Madura yang artinya Halaman Panjang.

Pendopo di Tanean (Deni Agustian/IDZ Creators)

Di halaman panjang sekitar 2600 meter persegi ini, arsitektur perpaduan Belanda dan keraton khas Sumenep, amat kental terasa. Meski dibangun sebagai resto, sang pemilik ingin menjadikan tempat ini sebagai ruang komunal dan kolektif untuk orang-orang, atau creative space.

Ada ruang terbuka dengan kapasitas 200 sampai 300 orang, panggung kreasi, sentra UMKM, resto sampai perpustakaan yang menempati bangunan ala pendopo keraton.

Perpustakaan yang menyediakan ragam buku (Deni Agustian/IDZ Creators)

Kamu bisa mengisi perut di area outdoor, dengan menu andalannya berupa steamboat, yang sekilas mirip sukiyaki dan shabu-shabu. Makanan ala China ini biasanya berisi daging, seafood, tahu, mie dan aneka sayuran yang dimasak bersamaan di kuah hangat bercita rasa pekat.

Menu ini biasanya dimasak bersama-sama oleh pengunjung, di atas meja dan kompor kecil serta panci khusus. Sensasi inilah yang dicari sebagian besar pengunjung yang datang ke Tanean.

Steamboat, menu andalan di Tanean (Deni Agustian/IDZ Creators)

Buat yang hobi berfoto atau ingin mengisi feed Instagram, enggak bakal kehabisan spot foto, karena setiap sudut resto sangat estetik.

Kamu bisa berfoto di panggung kreasi, perpustakaan, pendopo, menara tandon air, sampai halaman luas yang dikelilingi beragam tanaman dan tumbuhan hijau segar.

Menempati areal terbuka yang luas (Deni Agustian/IDZ Creators)

Cantik saat siang, Tanean makin romantis saat malam, berkat nyala lampu yang temaram.

Enggak sulit untuk menemukan creative space ini, karena lokasinya berada di tengah perbatasan tiga desa, yaitu Desa Kebunan, Desa Bangkal, dan Desa Pamolokan. Tanean juga dekat dengan tiga lokasi wisata religi yaitu Asta Katandur, Asta Paddusan, dan Asta Paranggen.

Salah satu sudut estetik di Tanean (Deni Agustian/IDZ Creators)

Jadi, buat yang lelah atau penat dengan suasana kota, enggak ada salahnya melipir ke desa dan healing sejenak di Tanean.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators

Lihat Sumber

  • 3

  • 0

Rekomendasi Artikel

10 Jurus Ini Bikin Elon Musk jadi Orang Paling Tajir Sejagat

Kompas.com

5 Fakta Mengenai Robekan pada Perineum Selama Persalinan Normal

POPMAMA.COM

Tengok Sumber Kekayaan Haji Sondani, Kakek Viral yang Nikahi Gadis 19 Tahun dengan Mahar Rp700 Juta!

Herstory.co.id

Baru Nikah Siri, Foto Detik-Detik Aditya Zoni Umumkan Kehamilan Istri

Popbela.com

Thomas Doll Berpotensi Ajak Mantan Anak Asuhnya ke Persija Jakarta Gantikan Simic, Ini 3 Prediksinya

Tribunwow

Tulis komentar...