Home

5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Gak Sabaran di Tempat Kerja

IDN Times | 1 week ago

Pernahkah seseorang memberitahumu secara terang-terangan bahwa kamu orang yang gak sabaran? Atau, justru sebaliknya? Rekan kerja dan klienmu menjauh, membuatmu bertanya-tanya, apa aku salah?

Mungkin kamu tidak menyadarinya, tapi coba ingat-ingat, apa kamu pernah mengatakan atau melakukan sesuatu yang kasar kepada rekanmu saat kerja? Apa kamu tipe orang yang kalau terdesak, suka marah-marah sampai nggak bisa mengontrol ucapan?

Nah, sekarang terjawab kenapa mereka tidak nyaman dekat denganmu. Mungkin kamu termasuk dalam jajaran orang yang gak sabaran. Simak lima cirinya berikut!

1. Paling gak bisa disuruh menunggu

Paham, kok, kalau kamu khawatir dengan deadlines dan sebagainya. Tapi, gak semua hal harus dikerjakan buru-buru sampai mendesak semua rekan kerjamu begitu. Kalaupun ingin mengingatkan rekan kerjamu, lakukanlah dengan sopan tanpa menggunakan kata menyinggung apalagi sampai menghina pekerjaan mereka.

Percayalah, bukan hanya kamu yang pusing dengan hal-hal tersebut. Rekan kerjamu, bawahanmu, semuanya juga merasakan hal serupa. Dan omelanmu sama sekali tidak menjadikan suasana lebih baik.

2. Bagimu menyela bukannya tidak sopan, melainkan efisiensi waktu 

Siapa yang suka menyela pembicaraan seseorang dengan dalih biar cepat? Entah saat meeting, saat brainstorming ide bareng, atau saat diskusi bersama.

Ingat, gak ada orang yang suka disela. Perbuatan ini tidak sopan dan hanya membuatmu dijauhi oleh orang lain. Lihat, nantinya orang-orang akan semakin enggan untuk memulai konversasi denganmu.

3. Memiliki sumbu pendek 

Ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, kamu pasti akan langsung marah dan ngomel ke semua orang. Seluruh rekan kerjamu kena imbasnya.

Padahal kalau dipikir-pikir ulang, bukan salah mereka proyek itu gagal. Marah boleh, hanya harus tahu tempat, waktu, dan punya alasan yang kuat. Kalau tidak, kamu hanya membuat rekan kerjamu merasa risi dan membuat suasana tempat kerja jadi buruk.

4. Tidak menoleransi kelambatan, penundaan, dan kegagalan 

Inilah mengapa kamu suka membuat perencanaan terlebih dulu sebelum melakukan sesuatu. Lebih baik bagimu untuk tahu apa yang akan dihadapi atau dilakukan di masa depan. Kamu menuangkan itu dalam rencanamu sampai detil terkecil sekalipun.

Memang bagus untuk memiliki rencana. Tapi, penting juga menyadari bahwa kehidupan tidak selalu berjalan mulus. Tidak semua hal yang kamu rencanakan akan terjadi persis sesuai rencanamu, dan itu hal yang wajar. 

5. Banyak orang menyuruhmu untuk lebih sabar 

Sering mendengar rekan kerjamu berkata, “Sabar dulu”? Mungkin mereka juga sudah hafal sikapmu yang tergesa-gesa dan sulit untuk menunggu.

Sifat tidak sabar di tempat kerja bisa disebabkan oleh banyak hal, mungkin keinginan dan ambisimu untuk sukses, atau pengalaman pahit di masa lalu yang membuatmu ingin selalu punya kontrol atas segalanya.

Namun harus diakui, manusia terbatas dan kita tidak bisa punya kontrol atas segalanya. Marah-marah, mengomel, atau menyalahkan orang hanya akan membuat suasana tempat kerja semakin buruk dan canggung. Mulai saat ini, yuk, tetapkan tekad untuk berubah!

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

10 Jurus Ini Bikin Elon Musk jadi Orang Paling Tajir Sejagat

Kompas.com

Bongkar Malam Pertamanya dengan Adam Suseno, Inul Daratista Ngeluh Gak Jadi Diperawani Gegara Hal Ini: Susuku Disenggol Gak Bisa...

Herstory.co.id

Nagita Slavina Minta Cerai? Tak Bisa Tolerir Kesalahan Fatal Raffi Ahmad 3 Kali Selingkuh, Sultan Andara Pasrah Terima Nasib: Gue Salah...

Herstory.co.id

Pengakuan Emak-emak Perkosa Siswa SMK, Ternyata Bukan Pertama Kali, Sudah Berkali-kali

PojokSatu

5 Bahasa Tubuh Pertanda Hubungan Asmara Kuat, Merasakan?

IDN Times

Tulis komentar...