Home

Selain Memasak, Ini 5 Kegunaan Mentega untuk Keperluan Rumah Tangga

Kompas.com | 1 week ago

JAKARTA, KOMPAS.com – Mentega sering digunakan untuk membuat roti dan kue serta sebagai "alas" membuat roti tawar berisi meses dan keju.

Selain itu, mentega juga sering digunakan sebagai pengganti minyak goreng untuk memasak atau menumis aneka masakan seperti telur atau sosis. 

Namun, selain manfaat di atas, dikutip dari Reader’s Digest Canada, Selasa (21/6/2022), mentega memiliki banyak kegunaan di rumah seperti berikut ini. 

Menjaga keju dari jamur

Tidak semua orang menggunakan satu balok keju dalam satu waktu. Kebanyakan orang hanya memotong beberapa sentimeter atau separuhnya untuk diolah menjadi makanan.

Tak heran, keju menjadi salah satu bahan pelengkap makanan yang disimpan cukup lama. Namun, keju juga bisa berjamur atau menjadi keras. 

Untuk mengatasinya, olesi mentega pada keju agar menjaganya tetap segar dan bebas jamur. Setiap kali memotong keju, olesi bagian yang terpotong dengan mentega sebelum membungkusnya kembali dan memasukkannya ke kulkas.

Membersihkan noda tinta pada boneka

Beberapa anak kecil gemar mencoret-coret boneka demi mendandaninya. Tak heran, boneka menjadi kotor dan terkena noda tinta.

Membersihkan noda tinta pada boneka dapat menggunakan mentega. Caranya, oleskan sedikit mentega ke area yang bernoda, lalu diamkan selama beberapa hari di bawah sinar matahari, dan bilas dengan air sabun hingga bersih. 

Memotong makanan lengket

Memotong makanan yang lengket tentu akan terasa sulit. Untuk memudahkannya, oleskan mentega pada bagian tajam pisau atau gunting. Mentega bertindak sebagai pelumas.

Menjaga air yang mendidih

Beberapa masakan yang direbus dapat menyebabkan air mendidih hingga keluar panci. Untuk mengatasinya, tambahkan setengah sendok makan mentega atau gosok mentega pada tepian atas panci.

Mengatasi engsel pintu yang berderit 

Engsel pintu yang berderit tentu membuat berisik dan mengganggu. Untuk mengatasinya, tak selalu menggunakan pelumas. Anda bisa menggunakan mentega apabila pelumas pintu sedang habis. Caranya, cukup menggosok mentega pada engsel pintu yang berderit. 

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Bukan Sombong, 5 Alasan Temanmu Kini Sulit Diajak Nongkrong

IDN Times

Novel Bidadari Bermata Bening Habiburrahman El Shirazy Diadaptasi Jadi Serial Viu

Parapuan

Marshanda Ditemukan di Tempat Peredaran Narkotika di Los Angeles, Keluarga: Dia Butuh Privasi

TribunDepok

1

Pemerintah Dukung PSSI yang Ingin Indonesia Tuan Rumah Piala Asia 2023

Kompas.com

Huawei Band 7 Dirilis di Indonesia Harga Rp 700 Ribu, Keunggulannya?

Merdeka

Tulis komentar...