Home

5 Penyebab yang Kerap Kali Membuat Bayi Mudah Terkejut, Hindari!

IDN Times | 6 days ago

Rasa terkejut merupakan salah satu hal yang lumrah dirasakan oleh semua orang. Bahkan ternyata bayi pun memiliki respon serupa dalam menghadapi rasa terkejut yang dialaminya, meski penyebabnya berbeda-beda.

Biasanya bayi yang terkejut akan sangat terlihat, serta kerap diikuti dengan tangisan setelahnya. Memang hal ini menjadi reaksi yang wajar, sebab merupakan hal yang tidak diprediksi oleh bayi. Namun, biasanya bayi yang bereaksi seperti itu juga disebabkan karena beberapa penyebab yang berikut ini.

1. Sentuhan yang dilakukan secara tiba-tiba

Penyebab pertama adalah karena sentuhan yang dilakukan secara tiba-tiba. Bayi juga memiliki respon tersendiri apabila seseorang menyentuhnya tanpa ia ketahui.

Secara umum bayi mungkin akan merasa tidak nyaman dengan hal tersebut, sehingga orang dewasa harus berhati-hati dalam menyentuh bayi. Jangan sampai membuat bayi menangis, sebab terkejut saat disentuh secara tiba-tiba.

2. Mendengar intonasi suara yang keras

Orang dewasa saja tentunya tidak suka saat mendengar seseorang berbicara dengan nada intonasi suara yang keras, begitu pula dengan bayi. Bayi akan mudah terkejut bila mendengar intonasi suara yang keras dan mengejutkannya, sebab hal ini memberikan kesan menakutkan bagi mereka.

Sayangnya terkadang hal ini sulit dihindari, apalagi jika bayi tak sengaja mendengar suara barang terjatuh atau suara kendaraan yang keras. Mereka pun jadi lebih mudah terkejut dan secara umum meresponnya dengan tangisan.

3. Cahaya yang tiba-tiba menyilaukannya

Penyebab rasa terkejut pada bayi sebetulnya bisa lebih sederhana dari apa yang diprediksi. Bahkan bayi pun juga berbeda-beda karakteristiknya, sebab ada yang mudah terkejut karena hal sepele, namun ada yang justru cuek-cuek saja.

Salah satu penyebab sepelenya adalah pada saat cahaya menyilaukan secara tiba-tiba mengenai mereka. Bayi akan mudah merasa terkejut sebab cahaya tersebut mengenai penglihatannya, sehingga tidak bisa diantisipasi sebelumnya oleh mereka.

4. Melihat gerakan secara tiba-tiba

Bayi yang mudah terkejut juga salah satunya bisa disebabkan karena gerakan secara tiba-tiba yang dilihatnya. Hal ini sangat sering terjadi apabila para orang dewasa ingin mengajaknya bermain, sehingga jelas saja orang dewasa patut berhati-hati dengan hal yang satu ini.

Banyak bayi yang tidak dapat mengantisipasi pergerakan tiba-tiba itu. Bagi mereka, hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang mengejutkan, sehingga membuat mereka mudah menangis sebagai reaksinya.

5. Melihat sesuatu yang menakutkan baginya

Bayi mungkin belum memahami mana penampilan yang menakutkan dan mana yang tidak. Namun, bayi yang sudah mulai beranjak besar, biasanya sudah mampu mengenali tampilan wajah dari orangtua atau anggota keluarga lainnya yang kerap dilihatnya.

Sayangnya ketika ia melihat sesuatu yang menakutkan dan tidak serupa dengan apa yang biasa dilihatnya, maka jelas ia akan merasa terkejut. Hal ini juga akan membuat ia merasa kurang nyaman akan sesuatu yang menakutkan tersebut, sehingga mereka akan menangis.

Tentunya reaksi terkejut bayi terhadap sesuatu hal memang berbeda-beda. Selain itu, dampak yang ditimbulkan juga tak sama, sehingga tidak dianjurkan untuk mengejutkan bayi meski dalam konteks bercanda, sebab dapat membuat bayi merasa trauma. Jangan main-main dengan hal seperti itu, ya!

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Bukan Sombong, 5 Alasan Temanmu Kini Sulit Diajak Nongkrong

IDN Times

6 Fakta Pertemanan Melly Goeslaw dan Nike Ardilla, Janji Nikah Bareng

POPMAMA.COM

5 Tips agar Kesehatan Mental Anak Stabil di Zaman Serba Digital

IDN Times

10 Tradisi Pernikahan Ini Punya Sejarah Kelam, Mengerikan

POPMAMA.COM

5 Jenis Teman yang Harus Kamu Tinggalkan, Bisa Memperburuk Hidupmu

IDN Times

Tulis komentar...