Home

Ibu Hamil di Labuan Bajo Bersalin di Kapal Polairud Polda NTT

TribunFlores | 1 month ago

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Gecio Viana

TRIBUNFLORES.COM, LABUAN BAJO-Seorang ibu hamil di Labuan Bajo bersalin di dalam kapal patroli milik Markas Unit Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Selasa 28 Juni 2022.

Peristiwa tersebut terjadi saat personel Polairud Labuan Bajo Polda NTT bersama personel Satuan Pamobvit Polres Manggarai Barat (Mabar) mengevakuasi ibu hamil, Gia Ginatri (32) dari Pulau Messah menuju Dermaga Nusantara Labuan Bajo. 

Sebelum tiba di Dermaga Nusantara Labuan Bajo, Gia Ginatri bersalin dalam KP Raijua 3005 dibantu bidan dari Pustu Pulau Messah. 

Kapten KP Raijua 3005, Bripka Willy Keyn mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari bidan Pulau Messah yang tengah berada di Labuan Bajo.

Bidan tersebut sebelumnya membantu evakuasi seorang ibu lainnya yang juga bersalin pada hari yang sama. Bidan itu mendapatkan informasi dari rekannya di Pulau Messah, lalu meminta personel Polairud Labuan Bajo Polda NTT untuk mengevakuasi pasien selanjutnya. 

"Kami mengambil langkah untuk menjemput (pasien), kami bergeser dari sini pukul 09.40 Wita, setelah tiba di Pulau Messah dan dalam proses menuju ke Labuan Bajo, si ibu melahirkan di atas kapal, anaknya perempuan," katanya. 

Bripka Willy Keyn mengaku bersyukur ibu dan anak selamat dalam proses persalinan tersebut. 

"Ibu dan anak selamat, sekarang mereka di Puskesmas Labuan Bajo," katanya.

Kasat Pamobvit Polres Mabar, Ipda Anggraeni Angelia Isabela mengatakan, usai mendapatkan informasi ibu hamil dari kepulauan, ia langsung berkoordinasi untuk evakuasi pasien. 

"Tadi kami dari Obvit juga polair saling kordinasi untuk masalah kendaraan. Tadi sudah dihubungi pihak ambulans, tapi mungkin masih evakuasi yang lain, jadi kami dari obvit bantu membawa ibu dan bayinya," jelasnya. 

Pihak kepolisian, tegas Ipda Anggraeni, selalu siap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan, terlebih masyarakat yang sangat membutuhkan pertolongan yang cepat. 

"Kami dari pihak kepolisian siap untuk membantu, tapi setidaknya seharusnya ada fasilitas yang melengkapi hal-hal seperti ini dan fasilitas lainnya," katanya.

Di kesempatan yang sama, dua bidan dari Pulau Messah,  mengucapkan terima kasih atas dukungan dan gerak cepat dari aparat kepolisian. 

"Terima kasih banyak," kata keduanya saat ditemui di Labuan Bajo. 

Bidan Sri Wahyuni menjelaskan, kondisi pasien sangat membutuhkan pertolongan yang cepat saat masih berada di Pulau Messah. 

"Air ketuban keluar, sudah pembukaan kedua. Saya telepon mereka (rekan bidan yang ada di Labuan Bajo) untuk tunggu pasien di sini (Labuan Bajo), ketika pasien dibawa, saya tidak bisa tinggalkan sendiri, lalu mereka menghubungi pol air dan jemput pasien, lalu kami tiga ke sini," kata Bidan Sri Wahyuni.

Sri mengaku lega dan bersyukur persalinan berjalan normal, serta ibu dan bayi selamat dalam peristiwa tersebut. 

"Persalinan normal seperti pada umumnya, memang persalinan cukup cepat, tadi pemeriksaan pukul 08.35 Wita baru pembukaan kedua, lalu saya sarankan ke sini, pukul 10.45 Wita bayi sudah lahir," ungkapnya. 

Harap Ada Ambulans Laut

Sri Wahyuni dan Bidan Fira berharap adanya ambulans laut yang dapat membantu masyarakat kepulauan, terlebih masyarakat di Pulau Messah dan pulau lainnya di Kabupaten Mabar. 

Sri Wahyuni menjelaskan, ambulans laut sangat dibutuhkan agar tidak terjadi kematian ibu dan anak.

Sebab, lanjut dia, pada Sabtu 25 Juni 2022 lalu terdapat seorang ibu hamil dari Pulau Papagarang Desa Papagarang yang meninggal saat menumpang kapal motor ke Labuan Bajo untuk proses persalinan. 

"Harapan ada ambulans laut khusus untuk pasien gawat darurat seperti ini," katanya. 

Lebih lanjut, Bidan Sri Wahyuni juga menjelaskan, angka kelahiran di Pulau Messah cukup tinggi.

Rata-rata angka kelahiran anak di pulau dengan populasi penduduk sebanyak 2.086 jiwa itu berkisar 4-5 anak per bulan. 

"Untuk bulan ini saja sudah lahir 8 anak di Pulau Messah," katanya. 

Berita Manggarai Barat lainnya

Lihat Sumber

  • 2

  • 0

Rekomendasi Artikel

Daftar 24 Partai Lolos Tahap Verifikasi Calon Peserta Pemilu 2024

IDN Times

3

Selama Ini Bungkam, Boy William Akhirnya Beberkan Alasan Batal Nikah

POPMAMA.COM

Kenaikkan Tarif Ojol Ditunda, Berlaku Paling Lambat 29 Agustus

Kompas.com

1

Usai Resmi Bercerai, Nathalie Holscher Dijodohkan dengan Frans Faisal

POPMAMA.COM

Nabila Maharani Datang di PN Subang, Ada Apa?

TintaHijau

Tulis komentar...