Kenali 5 Tahapan Tumbuh Kembang pada Anak, Orang Tua Wajib Baca!

Suara | 6 days ago

Suara.com - Anak adalah anugerah Tuhan kepada setiap orang tua. Biasanya, tahapan tumbuh kembang anak akan selalu dinantikan oleh setiap orang tua.

Perkembangan tersebut dapat telihat sejak anak dilahirkan sampai ia tumbuh dewasa. Pertumbuhan anak dari setiap waktu berbeda. Selalu ada hal baru yang berkembang dalam dirinya.

Berikut terdapat lima tahap perkembangan anak dari ia dilahirkan sampai memasuki usia sekolah, dikutip dari WebMD.

1. Baru dilahirkan

Baca Juga:

Balita Diberi Campuran Telur Mentah dan Susu, Ibu Ini Diprotes Warganet

Tahap pertama yaitu saat bayi baru dilahirkan. Tahap ini bayu menunjukkan respons terhadap rangsangan dari luar.

Biasanya ia baru akan menoleh kearah tangan yang menyentuh dirinya. Jarak pandangnya juga cukup jauh, dan hanya mengenali bau-bau tertentu.

Selain itu, pada tahap ini ia hanya bisa tersenyum atau menangis untuk menunjukkan apa yang dibutuhkannya.

2. Bayi 1 - 12 bulan

Pada tahap ini terbagi menjadi empat bagian. Setiap bagian memiliki perkembangan yang berbeda-beda.

Baca Juga:

5 Potensi Prestasi Anak yang Bisa Diraih di Masa Tumbuh Kembangnya

Empat bagian tersebut antara lain:

1 – 3 bulan

Biasanya selama sembilan bulan ia berada di dalam kandungan. Pada bagian ini, tubuh dan otak bayi mengalami masa untuk hidup di dunia nyata. Bayi akan belajar tersenyum, tetapi hanya untuk dirinya sendiri. Namun, setelah tiga bulan biasanya itu diartikan sebagai reaksi senyuman orang lain.

Selain itu, pada bagian ini ia juga mulai belajar mengangkat kepada dan dada. Ia juga akan mulai membuka tutup telapak tangan serta memasukinya ke mulut mereka.

4 – 6 bulan

Pada bagian ini mereka mulai berguling ke depan, belakang, atau ke samping. Selain itu, ia juga mulai mengeluarkan suara seperti yang didengarnya. Pada bagian ini ia juga mulai tertawa dan meraih benda yang ada di hadapannya.

7 – 9 bulan

Pada bagian ini, biasanya adalah masa-masa menggemaskan. Mereka akan mulai merangkak bergerak maju atau mundur. Selain itu, usia 7 – 9 bulan mereka akan mulai berbicara terutama kata “Mama” dan “Papa”.

Mereka juga mulai mengenal tepuk tangan dan memainkan permainan serta candaan “ciluk ba”. Tahap ini juga menjadi waktu mereka untuk mencoba berdiri.

10 – 12 bulan

Usia 10 – 12 bulan menjadi bagian terakhir dari tahap bayi. Biasanya mereka akan mulai memberi makan dirinya sendiri. Selain itu pada tahap ini mereka juga sudah bisa berjalan. Mereka juga mengenal permainan imajinasi, yaitu berpura-pura menjadi sesuat. Kata-kata yang diucapkan juga banyak dan lebih sering berbicara.

3. Balita

Usia balita biasany antara satu hingg tiga tahun. Pada usia ini anak akan berjalan tanpa bantuan orang tua. Mereka jiuga sudah bisa melompat atau menaiki tangga.

Selain itu, pada tahap ini mereka sudah bisa menggenggam benda, dan menumpuknya. Kemampuan berbicara mereka juga menjadi lebih baik. Biasanya, mereka menggunakan kalimat-kalimat pendek dan meniru apa yang orang bicarakan.

4. Prasekolah

Usia prasekolah ini biasanya antara tiga sampai lima tahun. Pada tahpp ini mereka akan mengasah kemampuan motoriknya, mulai dari jelempar bola, melompat, berdiri dengan atu kaki, dan berpakaian sendiri.

Selain itu, pada tahap ini merupakan sebagai waktu mereka gemar bermain dan mencari tahu hal-hal yang membuatnya penasaran.

5. Usia sekolah

Perkembangan tahap usia sekolah yaitu enam sampai 12 tahun. Anak mulai mampu melakukan hal sendiri, bertanggung jawab dan percaya diri.

Biasanya tahap ini adalah hal yang penting untuk anak meningkatkan kemampuan sosialnya. Mereka akan mencoba menjalin hubungan dengan teman sebayanya. (Fajar Ramadhan)


Rekomendasi Artikel

Ternyata, Buah-buahan Bisa Bikin Gemuk Jika Dikonsumsi di Malam Hari

IndozoneID

Viral Jokowi Suntik Vaksin Hanya Bohongan, Perawat Ini Ungkap Kebenarannya

IndozoneID

164

Waduh! Kesehatan Pasangan Ternyata Berpengaruh ke Risiko Keguguran

Herstory.co.id

18

Manfaat Air Rebusan Jahe Kunyit dan Sereh yang Ajaib, Jangan Lewatkan!

Intisari-online

17

Walau Terkenal Bau, Petai Memiliki Manfaat Kesehatan Tubuh!

IndozoneID

18