Ngobrol

Download Caping, Ikuti topik seru lainnya

Mengkritik Boleh, Mengina Jangan

Pasal terkait penghinaan presiden tengah digodok DPR dan sudah ada yang disetujui untuk masuk KUHP. Dalam pasal-pasal ini barang siapa yang menghina presiden atau wakilnya dapat dikenakan hukuman penjara maksimal 5 tahun.

Hal ini menjadi polemik, karena dikhawatirkan akan dijadikan pasal karet yang digunakan untuk membungkam para saingan dan pengkritik rezim yang sedang berkuasa. Namun, di sisi lain banyak juga yang menganggap hal ini sudah tepat karena presiden adalah simbol negara yang perlu dilindungi wibawa dan kehormatannya.

Bagaimana menurut Capingers sendiri, apakah pasal penghinaan presiden memang dibutuhkan?

Post

  • yana suryana

  • 4 years ago

benar sih kata²nya.

  • 1

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.70497

  • 4 years ago

kritik untuk maju wajar,tp KL melecehkan atau menghina kurang ajar.

  • 2

  • 0

  • 0

  • Vebry Riska

  • 4 years ago

Memang mengkritik itu diperbolehkan tapi jangan terlalu mengritik / berlebihan karena megkritik yang berlebihan lama lama sama juga dengan menghina.

  • 3

  • 0

  • 0

  • Daniel Rivan20

  • 4 years ago

Manusia tidak ada yang sempurna

  • 2

  • 0

  • 0

  • LUISFRNNDO15

  • 4 years ago

namanya juga manusia jadi wajar saja kalo orang" mengkritik / menghina. karena mereka punya pendapat masing" terhadap faktor" tertrntu

  • 3

  • 0

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 4 years ago

pasal penghinaan terhadap presiden di butuhkan, sudah makin liar dan kasar penghinaannya pantesnya di penjara..

  • 27

  • 15

  • 1

  • Aria Pranarka

  • 4 years ago

Ga nanggung nanggung lagi sampe bikin isu2 murahan sampah, ga ngerti lagi

view more >>

  • ivanstar

  • 4 years ago

nyang gmna dibiLang menghina ??! jdi kalo bukan peresiden, boLeh dihina ??! karet yaa tetep aje karet.

  • 14

  • 17

  • 0

  • NunungKamilah

  • 4 years ago

sabar van jangan esmosi karetnya lg dihulur 😂😁

view more >>

  • Murti Damayanti

  • 4 years ago

Gmn kalo hinaan anggap nyanyian aja??? 🎶🎵🎷🎷 Sering seringlah menghina hai si tukang hina... Org yg punya wibawa pastinya tahan terhadap hinaan, siapapun dirinya kyk gw nih cieeee Syukur Alhamdulillah 🙏💪

  • 22

  • 5

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 4 years ago

duuuh 👍, tp hrs dikasih hukuman lah 😁..

view more >>

  • Nanang

  • 4 years ago

bikin lah ide yang bagus jangan lah cari ke jelekkan orang lain berkaca lah pada diri kita sediri

  • 10

  • 11

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 4 years ago

[face=Oke!]

view more >>

  • NunungKamilah

  • 4 years ago

sangat perlu Karena tdk pantas seorang kepala negara di hina, ,

  • 14

  • 9

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 4 years ago

bener bun 👍, kecewa idolanya kalah wajar.. tp jd pembenci, dan buat hinaan ya ogeb lah 😁..

view more >>

  • Iris 505

  • 4 years ago

menghina bendera, menghina lagu kebangsaan Indonesia Raya itu sdh dapat sangsi hukuman apalagi menghina presiden-nya diantara simbol negara presiden lebih tinggi kedudukan-nya,...!! mengkritik presiden Ga masalah tapi klo sampai menghina presiden sama saja dgn menghina seluruh bangsanya bukan hanya jokowi yg terhina tapi rakyak jga akan merasa terhina

  • 10

  • 9

  • 0

  • Gus Mαn™

  • 4 years ago

setuju utk di sah kan...

view more >>

  • fahmiriansyah

  • 4 years ago

mantap, pak presiden

  • 12

  • 6

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 4 years ago

mantap jiwa lah pakdhe 👍😊..

view more >>

  • Husna

  • 4 years ago

walau bgmna pun, posisi presiden tetep nmor 1, jd aturan itu butuh ga butuh jg, klw selama ini ga ada aturan seperti itu knpa skrg malah harus di adakan,,, #krn resiko tiap jabatan sdh pasti ada ✌✌

  • 15

  • 4

  • 0

  • ivanstar

  • 4 years ago

wahh, betuL betuL. jadi emg mengada-ngada yaa 👍👍

view more >>

  • Dal Allen

  • 4 years ago

PRESIDEN BUKANLAH RAJA.. KALAU ADA PASAL SEPERTI ITU, PRESIDEN SUDAH IBARAT SEORANG DIKTATOR.. SAYA HERAN KENAPA BANGSA INI SUDAH SEMAKIN BODOH DALAM MEMAHAMI ARTI DEMOKRASI.. RAJA ADALAH SIMBOL BAGI SUATU BANGSA, PRESIDEN ADALAH PEMIMPIN BUKAN SIMBOL.. BEDAKAN..

  • 9

  • 5

  • 0

  • Andizuhry Alyafie

  • 4 years ago

Halah bacotan lu besar njing

view more >>

  • Yondri Lbn

  • 4 years ago

Menghina adalah perbuatan tak menyenangkan ada aturan nya.. Kl di Islam di ajarkan Jangan lah kamu memfitnah seseorang sesungguhnya fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan... Begitu bunyi nya... 😁😁😁😁😁😁 Jadi jangan lah kita suka menghina.. Oceeeeey

  • 14

  • 2

  • 0

  • Ibrahim Ahmad

  • 4 years ago

Mantappp... Setuju buanget.

view more >>

  • Abdul Ridwan

  • 4 years ago

siapa sih yang mau di hina.. angkat tangan..

  • 13

  • 2

  • 0

  • Budi Pranowo

  • 4 years ago

[face=Wow!]

view more >>

  • Ngadiono

  • 4 years ago

Memang diperlukan untuk menjaga kewibawaan bangsa dan negara. Namun masalah kritik atau menghina itu sangatlah berbeda, jadi harus ada penjelasan supaya tidak bertentangan dengan pasal 28 UUD 45

  • 12

  • 2

  • 0

  • Arif

  • 4 years ago

Setuju

view more >>

  • Nuryadi

  • 4 years ago

Harus bisa bedain dong mana yg kritik mana penghinaan jangan mentang2 n semena2

  • 15

  • 0

  • 0

  • faris nino

  • 4 years ago

presiden yang tidak bisa d kritik justru tidak berwibawa dan menampakkan kketidakwibaannya

  • 12

  • 1

  • 0

  • Afita

  • 4 years ago

jadi terlihat ketidak mampuannya .apa mesti di sanjung sanjung yaa

  • tarom Muhammad

  • 4 years ago

setuju hrs tuh disahkan biar tau rasa tuh duo F ini... apa kata dunia seorang presiden kok dibiarkan dihina mulu

  • 6

  • 4

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 4 years ago

[face=Oke!]

view more >>

  • M Zaenul Muttaqin AlMaula

  • 4 years ago

Menghina??? mencela??? itu tidak diperbolehkan . bukan hanya bagi pemeluk agama islam. namun juga tidak diperbolehkan dalam setiap agama lainya. kita berfikir cerdas saja. siapakah jokowi? Bapak Presiden kita. yang memimpin negara kita. jadi seharusnya wajiblah harus dilindungi dari segala macam celaan. ibarat kepala kita yang menjadi pokok dari tubuh kita. selayaknya pula kita jaga. kalau masalah beliau adil dan tidak adil tindakanya. benar atau salah tindakanya. itu urusan beliau kepada Yang Maha Esa.

  • 9

  • 2

  • 0

  • Ibrahim Ahmad

  • 4 years ago

Setuju

view more >>

  • Suroso

  • 4 years ago

Menghina presiden sama halnya gerakan teroris ekzim politik, untuk menjatuhkan marwah dan martabat pemimpin negara

  • 8

  • 1

  • 1

  • AlmiraNadila

  • 4 years ago

ea kang, presiden khan lambang negara.. sudah di sepakati dpr and pemerintah pasal penghinaanya, malah hukum pidananya bersifat delik umum 👍..

  • Husnul Aqib

  • 4 years ago

menghina dengan siapapun gak boleh apa lagi kepada pak presiden sebagai pimpinan dan bapak kita ,wajib kita hormati dan kita jaga kehormatannya,

  • 11

  • 1

  • 0

  • Harus Rasyid

  • 4 years ago

kepada siapa pun menghina tak diperbolehkan. orang yg menghina belum tentu. sebaik orang yg dihina. akhlaknya dan perbuatanya

  • Aryo

  • 4 years ago

bagaimana pun jg presiden wajib kita hargai

  • 10

  • 1

  • 0

  • Romiputradasaq Citi

  • 4 years ago

Setuju bos

  • Juita Sari Leta

  • 4 years ago

bukan hanya sama presiden aja ke orang laen juga jngn smpe menghina kita aja klo dihina nda mau

  • 12

  • 0

  • 0

  • Rika Amalia

  • 4 years ago

kalo bisa sih UUD nya jangan buat presiden tapi bisa buat rakyat juga

  • 9

  • 1

  • 0

  • ivanstar

  • 4 years ago

👍 kerennn 👏👏

  • Topan Pratama Csr

  • 4 years ago

KRITIK bila diplesetkan sedikit saja bisa jadi FITNAH..... kacau kalau begini akan hilangnya kebebasan berpendapat & berkreasi dalam menilai kinerja presiden...

  • 9

  • 1

  • 0

  • Richard Blusser Simanjuntak

  • 4 years ago

Dan fitnah itu erat sekali hubungan nya dengan penghinaan dan ujung2 nya para mahasiswa yg berdemo bisa saja di penjara apabila pasal ini dibentuk dengan tuduhan penghinaan kpd kpla negara.

  • Ergo Swasono

  • 4 years ago

Penghinaan itu sebetulnya tidak dibolehkan oleh UU untuk simbol negara, yaitu Bendera, Bahasa dan Garuda Pancasila. Presiden bukan termasuk simbol karena tidak permanen. Lalu desas desusnya pasal ini akan dibuat Delik umum, yaitu penghina bisa langsung dipenjara tanpa laporan dari terhina. Belum lagi definisi hinaan yang luas. Bayangkan jika kelak Indonesia dikuasai diktator. Dengan mudah semua yang didefinisikan menghina masuk penjara. Lalu terakhir ini pasal itu warisan dari jaman Belanda, supaya bisa menumpas penghina ratu. Indonesia negara Demokrasi, bebas berpendapat. Mengapa menghidupkan kembali pasal dari jaman penjajahan? Apakah Indonesia mau mundur kembali ke zaman kelam?

  • 7

  • 2

  • 0

  • Heven Hurandda

  • 4 years ago

Masalhnya yang menafsirkan penghinaan siapa? Yg dimaksud Prnghinaan itu yg bagaimna?

view more >>

  • Habib Sadikin

  • 4 years ago

Aduuh

  • 11

  • 0

  • 0

  • Suwaji

  • 4 years ago

Aku yakin orang orang yang Demen menghina Presiden pasti Gerombolan FPI - HTI + FUI. mereka itu kan di Biayai oleh Fadly Zonk + Fahri Hamzah untuk mengina Preside.

  • 8

  • 1

  • 0

  • Sumaryanto Anto

  • 4 years ago

suru datang lagi jo ke manado.!

  • ameng raflesia

  • 4 years ago

Saya aminudin. Alias ameng.. OTORITAS NEWS BENGKULU...... PENGHINAAN HANYA DIMILIKI OLEH SESORANG YANG IRI DAN DENGKI. MAKA TIMBUL LAH PENGHINAAN KARENA ORANG YANG PUNYA RASA IRI DAN DENGKI.. BERARTI SESORANG ITU TIDAK MAMPU..... KARENA SIFAT IRI DAN DENGKI ADALAH PENYAKIT HATI YANG PALING PARAH

  • 10

  • 0

  • 0

  • Idham halik.

  • 4 years ago

Kita ambil nilai fositif sebelelum ada agama dahulu ada yang menyembah berhala,, patung,, berarti kita ambil nilai sejarah peradaban proses kehidupan manusia,. Maka Tuhan ciptakan Beberapa Nabi yang wajib kita ketahui adalah 25.. Nabi. Awal Nabi Adam As terakhir Nabi Muhamnad Saw.

  • 8

  • 1

  • 0

  • Ananda Gema

  • 4 years ago

[face=Netral]

  • Adi Siswanto

  • 4 years ago

Sebagai warga negara, sebaiknya kita menghormati adanya hukum yang berlaku di negara yang kita tinggali. Presiden sebagai pemimpin dipilih bersama secara demokratis. Siapapun pemimpinnya jika hasilnya sudah diputuskan, maka harus diterima. Hal ini juga berdampak pada kinerja seperti apa yang dilakukan oleh pemimpin kita. Adapun jika memang tidak merasa puas, sebaiknya dibicarakan baik-baik atau melalui unjuk rasa yang tidak berlebihan. Karena menjadi seorang presiden artinya membawa tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia bukan hanya satu dua saja.

  • 10

  • 0

  • 0

  • Rahmad Adi

  • 4 years ago

Asalamu'alakum pk presiden. sebelumnya salam hormat saya dr rakyat jelata.dn tdk lupa juga maaf andai kata2saya salah,tdk berkenan di hati bpk presiden. di sini saya cuman memohon dn meminta kepada bpk presiden supaya sudi kiranya menindak lanjuti permasalahan di wilayah kami.di kec.nguter. kab.sukoharjo jateng solo. kami sebagai warga tdk bisa hidup tenang dn bernapas lega karena dampak dr limbah PT.RAyon utama makmur. ( Rum )

  • 8

  • 1

  • 0

  • Kuya Akuy

  • 4 years ago

assalam mualaikum sobat,, maaf kalau boleh aku kasih sedikit saran, coba permasalahan kamu ini tulis langsung ke akun resmi presiden, setau aku BPK Jokowi punya akun resmi di twiter.

  • Paulus J.

  • 4 years ago

TIDAK DIBUTUHKAN! Yang dibutuhkan adalah PASAL PENGHINAAN KEPADA SELURUH WARGA NEGARA INDONESIA. TANPA TERKECUALI. Maksudnya adalah setiap warga negara berhak menuntut orang yang menghinanya supaya tidak sembarang orang menghina satu sama lain.

  • 10

  • 0

  • 0

  • Pram Jay

  • 4 years ago

dimana harga diri bangsa .klo kepala negara sendiri di hina..orang2 yg mengina presiden yaa..harus di berikan ganjaran

  • 6

  • 2

  • 0

  • NunungKamilah

  • 4 years ago

betul 👍

view more >>

  • Gito Gati

  • 4 years ago

sangat setuju sekali...

  • 8

  • 1

  • 0

  • Ach Farid

  • 4 years ago

sangat setuju apean? lah polingnya pan cuma dibutuhkan pe kagak...

  • Harry Hermawan

  • 4 years ago

yg bilang TIDAK DIBUTUHKAN itu harus dipertanyakan...

  • 8

  • 1

  • 0

  • Reborn life

  • 4 years ago

harus

  • Ahmad Munzir

  • 4 years ago

Ga ngurusin yg begituan dah.mending dagang biar dapur ngebul terus.

  • 9

  • 0

  • 0

  • Salista Saifuddin

  • 4 years ago

I like it's

  • 4

  • 1

  • 1

  • Salista Saifuddin

  • 4 years ago

Jokowi... . . . . FAK

  • Pex Opex

  • 4 years ago

Setuju..

  • 5

  • 2

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 4 years ago

[face=Oke!]

view more >>

  • Ananda Gema

  • 4 years ago

Silahkan saja bikin aturannya, asalkan indikator yang menyangkut penghinaan presiden jelas, jangan sampe menjadi penilaian tentang pasal penghinaan presiden menjadi subjektif pemerintah

  • 8

  • 0

  • 0

  • Buyuank oke

  • 4 years ago

kembali ke jaman orde baru, menghina presiden lenyab tengah malam

  • 6

  • 1

  • 0

  • Sumaryanto Anto

  • 4 years ago

setuju banger.brur

  • Becca Vatresia

  • 4 years ago

Kalau memang diperlukan silakan saja buat pasal tsb. tentu saja asal tidak bertentangan dgn UUD"45, PANCASILA bagi seluruh rakyat INDONESIA.

  • 8

  • 0

  • 0

  • Eman Mo'at Gajo

  • 4 years ago

Presiden adalah lambang negara...wibawa seorang presiden adalah wibawa bagi negara...jadi saya setuju ada uu untuk mengatur itu. intinya hak orang bebas untuk bersuara asalkan mempunyai batasan2 tertentu. apalagi menghina seorang kepala negara.

  • 8

  • 0

  • 0

  • esong77

  • 4 years ago

Menghina... hebat kali tuh org.. Apkah dia dh smpurna dr org yg dihinanya..

  • 8

  • 0

  • 0

  • Bang Sam

  • 4 years ago

sepp 👍👍👍👍

  • 8

  • 0

  • 0

  • Lili Boedak Bbtc Thea

  • 4 years ago

bener tuh

  • 6

  • 1

  • 0

  • Anto Motor

  • 4 years ago

hidup untuk pak Jokowi,,,gak ada yg lebih hebat selain jokowi

  • Mang Pen

  • 4 years ago

yg mengkritik harus hati2 ,dlm ucapan.. jgn keblabasan "begitu juga yg dikritik harus introfeksi dan pembenahan, perbaikan.. sama = sama

  • 8

  • 0

  • 0

  • Erol Loupatty

  • 4 years ago

kenapa yg suka mengkritik tdk menjadi seorang pemimpin, karena yg dikritik dia sendiripun tdk dpt melakukannya. itulah sebabnya Tuhan tdk memilihnya sebagai seorang pemimpin.

  • 8

  • 0

  • 0

  • Hasan askari

  • 4 years ago

Setuju

  • 6

  • 1

  • 0

  • Ach Farid

  • 4 years ago

setuju apean? lah polingnya kan cuma dibutuhkan pe kagak...

  • Refal Ganesha

  • 4 years ago

di negara manapun pasti ada pasal ini. mengkritisi presiden itu ada jalurnya yang sudah diatur oleh undang2. smoga para capinger bukan generasi gagal paham ya

  • 8

  • 0

  • 0

  • patonoparadin

  • 4 years ago

setuju !

  • 5

  • 1

  • 0

  • Ach Farid

  • 4 years ago

setuju apean? lah polingnya kan cuma dibutuhkan pe kagak...

  • lunka

  • 4 years ago

Pasal karet ini mah ga guna Rawan abuse Mending atur tuh portal portal berita ga jelas dan wartawan bodrex yg bikin berita dari twitter Mereka ini yg menggiring massa jadi beringas

  • 5

  • 1

  • 0

  • Lasiyah Lasiyah Lasiyah Salama

  • 4 years ago

kalo yg suka menghina harus bisa introspeksi diri karena blm tentu Anda lebih baik dari yg anda hina,

  • xmastree

  • 4 years ago

Mengkritik sah sah ajj bila yg lakukan menyimpang...sama halnya dlm hidup berumah tangga kritik kecil2an pasti ada..tp menghina dilarang..

  • 7

  • 0

  • 0

  • farid Maulana

  • 4 years ago

yang berkuasa itu allah bukan presiden.. presiden juga sujud pada allah..

  • 7

  • 0

  • 0

  • Ardabellaviescha

  • 4 years ago

Orang yang cerdas pintar dan dewasa mengkritik tanpa menghina itu lebih baik. Tapi kalau kita mengkritik dengan menghina berarti kita belim pantas untuk mengkritik presiden yang menjadi pemimpin kita.

  • 7

  • 0

  • 0

  • HN Tanjung

  • 4 years ago

Tapi kadang orang2 yg terlalu pintar itu suka menghina dengan dalih mengkritik, kalo ada uu yg jelas mengatur kan jadi jelas dan saya dukung,,, yg setuju silakan mampir jempol dan koment nya salam waras dan generasi anti micin

  • 7

  • 0

  • 0

  • maulana alrosyid

  • 4 years ago

Sangat dibutuhkan karena setiap hujatan yang diberikan kepada presiden merupakan suatu perbuatan yang dirasa tidak pantas karena yang dia hadapi adalah presiden Demikian jika terus dilakukan tanpa ada tindak lanjut pasti yang lain yang tidak suka presiden kita akan makin menjadi-jadi Jadi memang perlu undang2 tentang penghinaan presiden untuk memberikan efek jera

  • 7

  • 0

  • 0

  • Kenzo Nasution

  • 4 years ago

ya..perlu UU nya, kan presiden itu orang no.1, jadi perlu kita hormati, jangan sembarang dihina-hina , kritik boleh boleh aja asal yg sehat dan bersifat membangun

  • 7

  • 0

  • 0

  • firman cupliz

  • 4 years ago

😆😅😆😅😆

  • 7

  • 0

  • 0

  • Limansidiq Ramdani

  • 4 years ago

Di indonesia presiden di hina di negara lain yang membicarakan kebrukan keluarga presiden di hukum

  • 7

  • 0

  • 0

  • Aprian Hidayat

  • 4 years ago

Saya setuju dengan pendapat semua orang yang melarang, dan secara agama juga kita dilarang untuk melawan pemerintah selama pemerintah tidak melarang kita sholat. Cukup doakan yang terbaik buat pemimpin kita. Jika Allah berkehendak, maka semua pasti akan berubah, cobalah berpikiran positif, sekali kali arahkan pemikiran kita ke atas, dan bertanya dalam hati, apakah ini ujian untuk umat Indonesia?

  • 5

  • 1

  • 0

  • rumah makan

  • 4 years ago

Setuju pak

  • Robert Fortin

  • 4 years ago

president itu seorang manusia sama seperti kita org biasa ya gaklah mau di hina...klw di kritik ya boleh...ya udah setuju ketok palu..

  • 6

  • 0

  • 0

  • Eka Yulia Radityastuti

  • 4 years ago

Pikir deh sama kalian, kalau seandainya presiden dihina oleh rakyatnya sendiri, otomatis presiden tersebut sudah dianggap remeh oleh masyarakat nya, apalagi dimata dunia.

  • 6

  • 0

  • 0

  • Yakini-aku Ngurah Suarya Takan

  • 4 years ago

jangankan menghina presiden, menghina tetangga ja bisa dilaporkan dan bisa dihukum

  • 6

  • 0

  • 0

  • Abdul Kadir Ilahude

  • 4 years ago

Perlu dihidupkan pasal penghinaan dalam KUHP nanti utk semua masyarakat Indonesia

  • 6

  • 0

  • 0

  • Heven Hurandda

  • 4 years ago

Ini termasuk penghinaankah?? Tapi tak terdengar ada laporan ke Polisi apakah pemerintah tdk berani dg prof Yusril krn sesaui fakta, atau mereka menyadari memang sadar apa yg dikatan prof Yusril ituemang Benar Adanya & nyata seglhingga diam seribu bahasa?

  • 2

  • 2

  • 0

  • qinyi651389

  • 4 years ago

急急急的

view more >>

  • Ananda Fikri Ijlal Akbar

  • 4 years ago

mengkritik boleh, tapi harus punya solusinya, kalau mengkritik Pak Presiden tetapi si pengkritik tidak berkontribusi sepenuhnya untuk negara, sama saja tidak berguna bagi negara bisa dikatakan, Pak Presiden hanya ingin negara kita maju, dan rakyat lah yang membantu, jangan mengkritik, tapi buktikan dengan kontribusi

  • 3

  • 0

  • 1

  • Moh Syafruddin Hidayatullah

  • 4 years ago

Bakal jadi buronan jokowi luh bro kalau kau hina dia 😂😂😂

  • 4

  • 1

  • 0

  • AlmiraNadila

  • 4 years ago

😮😮😮

  • Wasto Gempol

  • 4 years ago

betul presiden adalah raja yg patut di hormati ,

  • 5

  • 0

  • 0

  • Herman Kconk

  • 4 years ago

Hinaan atau kritikan itu sebenarnya wajar bagi seorang pemimpin.... Karna pemimpin jg manusia.... Dan klo belom siap dihina mendingan kita jadi rakyat kecil....

  • 5

  • 0

  • 0

  • purdy1209

  • 4 years ago

Mengkritik dengan santun pasti lebih bijak... Untuk perubahan.... Tp yg terjadi sekarang semua apa yg dilakukan oleh pemerintah dibawah presiden jokowi selalu dianggap yg bener terus.... Jd wajar klo dibuat aturan kritik boleh menghina jgn.... Khan belum tentu yg menghina itu bisa berbuat baik...

  • 5

  • 0

  • 0

  • Sjahrier

  • 4 years ago

Penghinaan merupakan perbuatan yang buruk. So, siapapun kudu lebih berhati-hati dan berkaca. Untuk pasal penghinaan presiden di rasa perlu karena dalam bernegara bermasyarakat dan menjadi warga negara, sepatutnya kita mentaati semua hal baik dan benar dari apa yang di amanahkan oleh kepala negara, dan perlu di garis bawahi bahwa untuk "taat kepada pemimpin negara dan aturan negara adalah sebuah ibadah" selama itu betul-betul untuk kemakmuran negara Indonesia kita tercinta dari ujung aceh hingga papua. itu!!! 👆👆👆 😊😊😊

  • 5

  • 0

  • 0

  • oppoest onet

  • 4 years ago

kritik itu perlu tapi sekalian dengan solusinya - jangan kayak duo F, dia mah bukan kritik tapi nyinyir dan menghina presiden . tolong di kandangin 2 monyet itu, mereka dan partai di belakang mereka adalah biang rusuh kekacauan yg ada di indonesia saat ini

  • 5

  • 0

  • 0

  • Asriani

  • 4 years ago

Kritik pedas boleh bila memang ada faktanya. Tp bisakh bicara santun bila belum ada fakta. Yg paling aq tdk suka bila bicara sedikit menyindir tp d besar2kn tlh menghina, nah... Ini yg aq khawatirkn. Sejak thn berapakh org yg menghina bisa d penjara, kalau baru, maaf aq kira ini suatu kemunduran. Hal sepele tdk usah d penjarakn. Kalau yg menghina itu org kecil cukup bayar denda lebih murah tp kalau yg menghina itu org berduit dendanya lebih besar. Itupun jika hinaan itu pitnah yg sangat berlebihan. Bagaimana jika fitnah kecil? Ya.. cukup bersabar. Bukankh kita d ajarkn bersabar. Seorang yg marah2 krn d fitnah namun akhirnya memang terbukti bersalah org ini harusnya d hukum seumur hidup, ini lebih adil. Makanya santai sj jika d tuduhkn

  • 5

  • 0

  • 0

  • Heven Hurandda

  • 4 years ago

meminjam kata prog Yusril Amatiran

  • 3

  • 1

  • 0

  • Suhadi Wahono

  • 4 years ago

orang dia katanya pinter ,prop lagi ngatur pantainya gak becus,gitu ko ngomong orang gak becus ngatur negara

  • Rizki Santoso

  • 4 years ago

betul skali itu

  • 5

  • 0

  • 0

  • IDTrinoto

  • 4 years ago

kritik perlu, sepanjang pemerintah mulai keluar tujuan. kalau masih dalam tujuan/ tidak menyimpang- cukup kawal saja. kalau sampai menghina, saya rasa kurang perlu.

  • 4

  • 0

  • 0

  • Kemas Latif Sani

  • 4 years ago

mengkritik boleh2 saja, asalkan disampaikan dgn baik & sopan.

  • 4

  • 0

  • 0

  • Jawir

  • 4 years ago

Pengen tenar paling

  • 2

  • 1

  • 0

  • Sumaryanto Anto

  • 4 years ago

wajar atau tidak wajar bisa saja diterapkan.persoalannya bagi pelaku itu kebanyakan buta warna eh buta hukum ngga mau tau.coba tanya yg paling deket aja polsek.itu pelaku kejahatan..meteka cuma thu perut kosong.sampai dimana ratusan penerapannya ke bawah? atau cuma politisi saja ?..

  • Sy. Mizan

  • 4 years ago

mnghina itu tidak boleh. karena ksempurnaan milik Allah. namun hal tersebut juga tidak perlu d buatkan aturan baku. pasal pencemaran nama baik sudah diatur dalam KuHP. apalgi sekaliber presiden...yg d hina, maka akan sngat mudah dalam menerapkan KuHP tersebut. Pembuatan pasal khusus tersebut dikhawatirkan akan menjadi senjata politik yg berjalan di rel legalisasi hukum dikemudian hari yg dpt disalahgunakan.

  • 4

  • 0

  • 0

  • Fajar W

  • 4 years ago

Meluruskan.. Kritik = Memberi peringatan dgn tegas karena alasan ketidak puasan serta memberi solusi dan saran meskipun dia tidak bisa melakukan hal yg di bicarakan karena beberapa faktor. Menghina = nyinyir kya Fadlizonk, Fahri ajah, dan kawan2nya. semoga bermanfaat

  • 3

  • 0

  • 0

  • Indra Dahk

  • 4 years ago

hahaha anehhh rezim ini.. dulu ajah waktu sby jd presiden cara menghinanya sadis. pada saat pendukung sby mengusulkan uu penghinaan presiden. muncullah mak banteng dan pasukanya yg menolah hal usulan itu.. dibilan kemunduran demokrasi lah. bilang ini lah. itu lah.. dsb ehh pas sekarang malah mereka mau telan ludah sendiri

  • 3

  • 0

  • 0

  • Ardil Karim Mabaria

  • 4 years ago

singkat, jelas dan padat

  • 3

  • 0

  • 0

  • Vebry Riska

  • 4 years ago

Memang mengkritik itu diperbolehkan tapi jangan terlalu mengritik / berlebihan karena megkritik yang berlebihan lama lama sama juga dengan menghina.

  • 3

  • 0

  • 0

  • Fidri Arssy

  • 4 years ago

kalau ga mau dihina, ga usah jadi apa apa

  • 3

  • 0

  • 0

  • Bbqsce Tan

  • 4 years ago

boleh menghina kalo elu tuh perfect 100% ini sudah gak becus menhina lagi

  • 3

  • 0

  • 0

  • LUISFRNNDO15

  • 4 years ago

namanya juga manusia jadi wajar saja kalo orang" mengkritik / menghina. karena mereka punya pendapat masing" terhadap faktor" tertrntu

  • 3

  • 0

  • 0

  • Rifký

  • 4 years ago

siapapun yang menghina presiden .harus di tindak tegas siapapun itu orangnya

  • 2

  • 0

  • 0

  • Nabihan Al

  • 4 years ago

setuju , karena apapun yang berlebihan khusunya berkomentar apalagi menghina itu tidak baik

  • 2

  • 0

  • 0

  • Dodiarifa Rahmat

  • 4 years ago

lanjutkan pak kami tau apa yang mesti kami lakukan

  • 2

  • 0

  • 0

  • Jakarta_No.70497

  • 4 years ago

kritik untuk maju wajar,tp KL melecehkan atau menghina kurang ajar.

  • 2

  • 0

  • 0

  • Daniel Rivan20

  • 4 years ago

Manusia tidak ada yang sempurna

  • 2

  • 0

  • 0

  • Choirul

  • 4 years ago

tentang apa

  • 2

  • 0

  • 0

  • aulidiva

  • 4 years ago

Saya menggunakan mCent Browser untuk menelusuri internet dan mendapatkan poin untuk isi ulang gratis. Instal dari Google Play: https://browser.mcent.com/r/EXEcfxUPRtS3Dynbb57Suw ingat jangan redeem ke indosat sebab tak kan berhasil Jika menginstal dan berhenti dilogo mcent. Silahkan diamkan 1 hari. Size 60MB. Berpikirlah sebelum install 😊 jangan kelamaan mikir sehingga langkah terhenti. good Luck gaess.

  • 2

  • 0

  • 0

  • PRIA SEJATI O85'292'868'685

  • 4 years ago

☜☆☞ §0LUSI PRIA SEJATI ☜☆☞ VIAGRA U.S.A DAN HAMMER 0F THOR IN ITALY Terbuat dari bahan alami HERBAL 100% PRODUCT IMPORT yang meliputi DISFUNGSI EREXSl yang sangat berpengaruh gairah anda antara lain = DIABETES (GULA) , LEMAAH SYAHWAT , EJAKULASI DINI DAN IMPOTEN. Dan semakin bertambah USIA semakin MENURUN intensitas SE×SUALITAS ANDA. KURANG GAIRAAH, Mani Encer dan CEPAT KELUAR alias EJAKULSI DINI. Jangan biarkan masalah di atas berlarut-larut sampai akut BISA BERAKIBAT FATAL. segera cari solusinya disini. HUB TLP / WA : 0৪5292৪6৪6৪5

  • 2

  • 0

  • 0

  • FIRMANSYAH

  • 4 years ago

Sebelum Menghina Orang Lain Lebih Baik Kita Introspeksi Diri

  • 2

  • 0

  • 0

  • Pay

  • 4 years ago

kritik danhina beda tipi setipis silet munkin tergantung cara bagaimana penyampaian nya

  • 2

  • 0

  • 0

  • budi prabowo

  • 4 years ago

kritik harusnya jadi evaluasi, yg mengkritik juga mesti punya solusi kritik boleh, menghina ? situ oke ?

  • 2

  • 0

  • 0

  • Yeremia Saharso

  • 4 years ago

Yusril sok pinter kelasnya sama dg Amin Rais, f Zon ,f Hamzah. omong doang

  • 2

  • 0

  • 0

  • Iqbal Razzaq

  • 4 years ago

orang yg suka mnhina itu seperti bnci yg lelah g dpt orderan..

  • 2

  • 0

  • 0

  • Hadi Yunus

  • 4 years ago

Nyimak, cang cimen cang cimen kacang kuaci permen

  • 1

  • 0

  • 0

  • ktwijana

  • 4 years ago

yg dak suka aja menghina presiden klu yg suka utk apa wong kerjanya bagus..biarlah si fahri sm fdlizonk aja yg dak suka.

  • 1

  • 0

  • 0

  • nopetasare507

  • 4 years ago

diam diam Saja. tinggalin ajah pak press. teknologi high sensitive case Sekarang .bahkan daku tidak mau menyebut namamu apalagi dimedsos. medsos Sama seperti media pellet,biasa pake boneka ditusuk pellet Jaman dulu,sekarang pake media social, dirange namanya, diblock, Di delete jadi manusia.

  • 1

  • 0

  • 0

  • yana suryana

  • 4 years ago

benar sih kata²nya.

  • 1

  • 0

  • 0

  • Arki

  • 4 years ago

saap

  • 1

  • 0

  • 0

  • Pakisaji

  • 4 years ago

bagus bila perlu yg menghina kepala negara apa persiden itu di hukum seumur hidup aja.....mau dari kalangan bawah menengah dan sarjana apa pun harus di tindak cepat.

  • 1

  • 0

  • 0